Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Murah dan Enak, 6 Kedai Populer di Ura-Tenma, Osaka

Kompas.com - 3/Sep/2018, 08:47 WIB
Ura-Tenma
Ura-Tenma

OhayoJepang - Jika terus ke arah utara dari stasiun JR Tenma-eki di Osaka, Jepang, akan langsung tampak Ura-Tenma, yaitu area di belakang Pulala Tenma. Pulala Tenma sendiri adalah bangunan tinggi dan megah yang dulunya merupakan pasar Tenma-shijo, sebuah pasar grosir lokal yang menjadi simbol kemakmuran kota sampai akhir tahun 1970an.

Pada tahun 2005, pasar Tenma-shijo itu dirombak menjadi Pulala Tenma. Perubahan inilah yang membuat area Pulala Tenma, termasuk Ura-Tenma, menjadi ramai.

Sekitar enam atau tujuh tahun yang lalu, toko-toko grosir yang dibuat dan dikelola langsung oleh perusahaan yang sama secara alami bertambah jumlahnya. Kedai-kedai makanan dengan bahan-bahan segar yang murah juga bermunculan. Hal ini menjadikan area Ura-Tenma sebagai tempat yang terkenal dalam menghidupkan suasana malam Osaka.

Ura-Tenma disebut juga sebagai “Binishi-dori (jalan plastik)” karena banyaknya kedai-kedai yang memasang lembaran plastik di bagian depan kedai sebagai pintu masuk ini. Uniknya, Ura-Tenma memiliki banyak kedai berslogan “Murah dan Enak” yang memanfaatkan lokasi Ura-Tenma yang ramai.

Jenis hidangan yang disajikan pun bermacam-macam. Jadi, sibak lembaran plastik, masuk, dan kunjungi enam kedai di bawah ini satu per satu. Nikmati hidangan-hidangan populer di area tersebut dengan persaingan ketat berupa antrean panjang.

Area sekitar stasiun JR Tenma melebar seolah-olah bersebelahan dengan distrik belanja terpanjang di Jepang, “Tenjinbashi-suji”. Kawasan ini merupakan salah satu area yang paling ramai di Osaka.

1. Kakigoya Fever cabang Tenma: makan tiram bertekstur lembut dan kenyal sepuasnya

Tiram pasifik yang dibakar di atas plat besi di kedai Kakigoya Fever cabang Tenma ini mengeluarkan wangi khas pantai yang menggoda. Hal ini membuat Anda tanpa sadar tergerak untuk mencicipinya.

Menu yang direkomendasikan adalah all you can eat tiram bakar ditemani dengan hidangan nasi tiram, dan masih banyak hidangan lainnya. Semuanya dapat dinikmati dengan harga 3.218 yen dengan batas waktu 90 menit.

Ada juga set menu yang menarik seharga 4.298 yen. Dalam set menu ini, Anda juga bisa mencicipi tiram mentah sepuasnya. Jadi, pilih menu yang sesuai dengan selera Anda.

tiram mentah
tiram mentah

Tambahkan ponzu (campuran kecap asin dan sari jeruk) orisinal ke tiram bakar untuk menambah kelezatan.

Ada juga hidangan “Kakifurai” (tiram goreng krispi). Isinya lima buah dengan harga 626 yen.

Kakigoya Fever cabang Tenma
Kakigoya Fever cabang Tenma

Anda hanya dapat duduk-duduk di kedai selama dua jam setelah masuk. Selain itu, karena waktu menunggu antrean di sini lama, lebih baik lakukan reservasi.

Informasi Tempat
Kakigoya Fever cabang Tenma
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Ikeda-cho 6-1
Akses: 3 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 17.00-24.00 (pemesanan terakhir: 23.00) | Sabtu, Minggu, libur nasional: 12.00-24.00
Hari libur: tidak ada
Biaya open table: hidangan ringan (2 buah tiram kukus) 540 yen
*Harga menu all you can eat sudah termasuk biaya open table

2. Toridamashi Torifuku pusat: ayam segar yang dibakar dengan kematangan sesuai selera

Kedai Toridamashi Torifuku pusat merupakan pelopor kedai berplastik di daerah Ura-Tenma. Kedai ini dikelola oleh toko grosir yang khusus menjual daging ayam. Toko grosir ayam tersebut telah beroperasi selama tiga generasi ini.

Di kedai Toridamashi Torifuku pusat, kita bisa menikmati kegiatan membakar sendiri yakitori (sejenis sate ayam). Puaskan diri Anda dengan ayam segar yang dibakar dengan tingkat kematangan sesuai selera.

Yakitori cocok dinikmati bersama berbagai macam alkohol seperti bir, sake, wine, dan sochu (salah satu jenis sake suling yang dibuat dari sisa-sisa penyulingan sake dan beras, gandum, atau bahan lainnya).

Reddo Chikin Chizu Kon
Reddo Chikin Chizu Kon

Hidangan “Reddo Chikin Chizu Kon” berupa dakgalbi (masakan hotplate Korea yang dibuat dari pasta cabai, potongan ayam, dan sayuran) dengan keju, juga merupakan hidangan orisinal di sini. Harganya 1.200 yen per porsi.

Tambajidori-momo no Negi Dosatto Tataki
Tambajidori-momo no Negi Dosatto Tataki

Ada juga menu “Tambajidori-momo no Negi Dosatto Tataki” yang dibuat dari daging paha ayam Tambajidori (ayam yang diproduksi di prefektur Hyogo, Kyoto dan daerah lainnya) dan irisan daun bawang halus. Semakin dikunyah, rasanya akan semakin bertambah lezat.

Toridamashii Torifuku Pusat
Toridamashii Torifuku Pusat

Kedai ini menjadi kedai yakitori yang dipenuhi antrean pada malam hari.

Informasi Tempat
Toridamashii Torifuku Pusat
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Ikeda-cho 6-3
Akses: 3 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 18.00-22.00
Hari libur: Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu *bisa berubah sewaktu-waktu
Jumlah kursi: 12, berdiri 12 orang (boleh merokok)

3. Jizakanayatai Tottuan cabang Tenma: puaskan lidah dengan ikan segar

Kedai Jizakanayatai Tottuan cabang Tenma menyediakan hasil laut yang sangat segar setiap harinya. Ikan-ini ini dari hasil laut yang ditangkap siang hari dari kota Akashi, juga hasil laut yang dikirim dari seluruh daerah Jepang seperti Hokkaido dan Kyushu.

Anda bisa menikmati hidangan dari berbagai macam gaya masakan seperti sashimi, ikan bakar, atau hidangan tempura yang terkenal. Proses pelayanan, pertama-tama ikan akan diambil dari akuarium di depan kedai setelah pesanan diterima. Kemudian ikan diolah sesuai pesanan pelanggan. Pelayanan seperti ini juga hal yang dapat kita nikmati di area Ura-Tenma.

tempura ikan dan sayuran
tempura ikan dan sayuran

Salah satu hidangan di kedai ini adalah tempura ikan dan sayuran yang dijual mulai dari 108 yen per buah. Selain itu, ada juga hidangan “Tennen-dai” (sejenis ikan kakap yang ditangkap langsung dari laut) berupa sashimi seharga 410 yen dan berbagai hidangan segar lainnya.

Jizakanayatai Tottuan cabang Tenma
Jizakanayatai Tottuan cabang Tenma

“Selain kesegarannya, saya juga mempercayakan (kedai) kepada harga yang murah. Hanya dengan 2.500 yen saja, Anda sudah bisa memenuhi perut,” tutur pemilik kedai, Matsui Junya.

Informasi Tempat
Jizakanayatai Tottuan cabang Tenma
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Ikeda-cho 6-14
Akses: 4 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 17.30-23.00 (LO makanan 22.30, minuman 22.45)
Hari libur: Senin (jika Senin libur nasional, maka kedai tutup Selasa)

4. Yakiniku Bancho cabang Tenma: nikmati daging Kuroge Wagyu pilihan

Asap mengepul pada jam makan siang di kedai Yakiniku Bancho cabang Tenma. Pada jam ini kita bisa menikmati hidangan berbahan Kuroge Wagyu (salah satu jenis Wagyu) dengan harga yang lebih murah.

Api itu digunakan oleh orang-orang yang menikmati daging sapi hitam Jepang dengan harga murah. Terpisah dua bangunan dari kedai ini terdapat “Osakana Bancho” yang dibuka pada 2014. Hidangan ikan segar yang banyak merupakan salah satu alasan banyaknya antrean. Pastikan untuk melakukan reservasi sebelum pergi ke kedai ini di akhir pekan.

Tokusenbancho Moriawase
Tokusenbancho Moriawase

Kedai ini menyediakan menu “Tokusenbancho Moriawase” yang terdiri dari tiga jenis daging seperti sirloin kelas atas, skirt atau flank kelas atas, dan jenis daging lainnya, dijual dengan harga 3.780 yen.

tiram mentah
tiram mentah

Harga hidangan laut di sini terjangkau, yaitu 2.160 yen untuk set hidangan yang terdiri dari 5 jenis seafood dan 1.296 yen untuk yang terdiri dari 3 jenis seafood.

Yakinikubanchou Tenma-ten (Yakinikubancho cabang Tenma)
Yakinikubanchou Tenma-ten (Yakinikubancho cabang Tenma)

Informasi Tempat
Yakinikubanchou Tenma-ten (Yakinikubancho cabang Tenma)
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Ikeda-cho 7-6
Akses: 4 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 12.00-24.00
Hari libur: tidak ada

5. Hokkori Dining Tanaka:  kehangatan hidangan rumahan yang ditata indah

Hokkori Dining Tanaka adalah dining bar yang terasa luas karena kursi counter menghadap jalan. Kedai ini cocok dijadikan sebagai tempat pertama untuk singgah dan bersantai. Setiap hari kedai ini ramai dengan pekerja kantoran sekitar.

Selain karena staf kedai ini semuanya perempuan yang jarang ditemukan di daerah Ura-Tenma, hidangan buatan tangan yang lezat pun dapat dinikmati di sini.

Tennen-hamachi no Namero
Tennen-hamachi no Namero

Kedai ini menyediakan menu “Tennen-hamachi no Namero” berupa ikan amberjack mentah cincang yang ditambahkan rempah seperti jahe ini dijual dengan harga 480 yen per porsi. Lalu, ada juga menu “Abokado no Tempura” berupa tempura alpukat  yang dijual dengan harga 480 yen.

Terdapat juga ruangan pribadi di lantai dua.
Terdapat juga ruangan pribadi di lantai dua.

Terdapat juga ruangan pribadi di lantai dua. Kita bisa berbincang tenang dengan teman di sini.

Hokkori Daininggu Tanaka (Hokkori Dining Tanaka)
Hokkori Daininggu Tanaka (Hokkori Dining Tanaka)

Banyak orang yang minum dengan santai di area ini, waktu menunggu antrean pun sebentar.

“Banyak hidangan lezat di Tenma. Saya akan memperkenalkan kedai yang bagus, jadi jangan sungkan bertanya,” tawar pemilik kedai, Tanaka Yoshie.

Informasi Tempat
Hokkori Daininggu Tanaka (Hokkori Dining Tanaka)
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Tenjinbashi 5-1-17
Akses: 2 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 12.00-24.00
Hari libur: tidak ada
Jumlah kursi: 40 (boleh merokok)

6. Osakana Bancho cabang Tenma:akuarium besarnya pun menarik

Osakana Bancho cabang Tenma adalah kedai baru yang dikembangkan oleh Yakiniku Bancho khusus untuk menikmati hidangan seafood. Pengunjung bisa dengan santai menikmati hidangan berbagai seafood yang sedang musim dengan bermacam cara penyajian, seperti sushi, seafood bakar, atau nitsuke (sejenis rebusan dengan bumbu Shoyu dan lain sebagainya).

Tidak heran bila kedai ini langsung masuk ke kedai terkenal yang memiliki antrean panjang. Ada juga menu makan siang yang murah, jadi jangan sampai lupa untuk mencobanya.

Sushi Hachikan-mori
Sushi Hachikan-mori

Menu “Sushi Hachikan-mori”  seharga 1.188 yen merupakan set sushi yang terdiri dari 8 sushi berbahan seafood segar. Menu ini terbatas hanya untuk 10 pesanan pertama.

Osakanabanchou Tenma-ten (Osakanabancho cabang Tenma)
Osakanabanchou Tenma-ten (Osakanabancho cabang Tenma)

Tersedia meja untuk bersantai. Antrean sering terbentuk pada akhir pekan, jadi sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu.

Osakanabanchou Tenma-ten (Osakanabancho cabang Tenma)
Osakanabanchou Tenma-ten (Osakanabancho cabang Tenma)

Informasi Tempat
Osakanabanchou Tenma-ten (Osakanabancho cabang Tenma)
Alamat: Osaka-shi Kita-ku Ikeda-cho 7-6
Akses: 4 menit jalan kaki ke utara dari stasiun JR Tenma-eki
Jam operasional: 12.00-24.00
Hari libur: tidak ada

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (17 Mei 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR