Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Bank

Tinggal di Jepang? Ini Cara Membuat Rekening Bank di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 20:29 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Rekening bank Jepang merupakan kebutuhan yang penting bila kamu ingin tinggal di negara ini. Rekening ini tidak hanya dibutuhkan untuk melakukan transaksi finansial seperti mengirim uang ke orangtua di negara asal, tetapi juga untuk menerima uang berupa gaji ataupun uang beasiswa. 

Selain itu, rekening ini pun dapat digunakan sebagai alat pembayaran kebutuhan hidup sehari-hari seperti listrik, air, dan gas. Dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat rekening bank di Jepang. 

Persyaratan utama bagi orang asing yang ingin membuka rekening bank di Jepang adalah masa tinggal. Hanya orang asing dengan masa tinggal lebih dari enam bulan yang bisa membuka rekening bank di Jepang. Berikut beberapa hal yang kamu perlukan:

1. Kartu Identitas Diri

Kartu identitas diri ini bisa berupa residence card (kartu bukti tinggal), kartu asuransi kesehatan, ataupun paspor.

2. Surat yang Menerangkan Alamat Tinggal Saat Ini 

Kamu tidak perlu mengurus surat keterangan khusus tempat tinggal karena biasanya alamat tempat tinggal akan tertulis juga di bagian belakang residence card (kartu bukti tinggal).   

3. Cap Nama (Inkan)

Cap nama ini dibutuhkan untuk pembuatan berbagai macam dokumen resmi sebagai pengganti tanda tangan. Meskipun akhir-akhir ini di beberapa bank telah diperbolehkan untuk membuat rekening hanya dengan tanda tangan, kami sarankan kamu untuk membawa inkan saat pembuatan rekening. 

4. Uang Deposit

Beberapa bank mengharuskan kamu menyimpan uang deposit pertama saat pembukaan rekening dengan jumlah uang yang berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing. Besaran uangnya mulai dari 100 yen.

5. Nomor Telepon

Nomor telepon merupakan persyaratan yang wajib kamu isi saat membuat rekening bank. Bila kamu masih belum memiliki nomor telepon pribadi, kamu bisa menggunakan nomor telepon kantor atau sekolah.

Sebagai informasi tambahan, pembukaan rekening di Jepang tidak harus datang ke bank. Bila mengerti Bahasa Jepang, kita bisa mendaftarkan via pos ataupun online. Jam operasional sebagian besar bank di Jepang adalah pukul 9.00 sampai 15.00.

Kartu yang didapatkan setelah pembuatan biasanya berupa cash card (kartu yang hanya bisa digunakan untuk menarik dan menyimpan uang). Perlu aplikasi tambahan untuk kartu debit dan kredit. Kartu yang sudah jadi akan dikirimkan ke alamat pemohon setelah satu minggu. 

Provided by Karaksa Media Partner (11 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR