Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Fakta & Data

Daftar Kota Paling Atraktif di Dunia

Kompas.com - 19/Sep/2019, 14:32 WIB
Ilustrasi kota metropolitan.
Ilustrasi kota metropolitan.

Ohayo, Jepang - Global Power City Index (GPCI) diteliti dan diterbitkan oleh Institute for Urban Strategies, the Mori Memorial Foundation di Jepang

GPCI mengevaluasi dan memberi peringkat kepada 44 kota besar di seluruh dunia sesuai dengan kekuatan komprehensif mereka untuk menarik orang, modal, dan perusahaan dari seluruh dunia dengan mengukur enam fungsi: ekonomi, penelitian dan pengembangan, interaksi budaya, livability, lingkungan, dan aksesibilitas.

Berikut ini adalah hasilnya.

Peringkat Komprehensif

Peringkat Komprehensif
Peringkat Komprehensif

Sumber: The Mori Memorial Foundation "Global Power City Index 2018 Summary"

Empat kota teratas tetap tidak berubah dari tahun lalu,  yaitu ditempati oleh London, New York, Tokyo dan Paris, sedangkan Jakarta menempati urutan ke 41.

Tokyo masuk ke dalam top 10 untuk Livability karena peningkatan Total Jam Kerja. Hal tersebut membantu menempatkan kota itu di 10 besar dalam semua kategori kecuali Lingkungan karena skor yang relatif rendah dalam Komitmen terhadap Aksi Iklim.

Banyak perhatian akan difokuskan pada apakah Tokyo dapat terus membangun nilainya sebelum dan setelah menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada tahun 2020 seperti London.

Jakarta bergabung dalam survei ini sejak 2016, dan menempati peringkat 40 di 2016, tetapi turun menjadi 41 di 2017, dan tetap sama di 2018.

Peringkat Fungsi-Khusus

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.