Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tabungan & Pengeluaran

Berapa Biaya Hidup di Jepang?  Ini Perkiraannya..

Kompas.com - 31/Jul/2019, 18:54 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Saat tinggal di suatu negara, kita tentu perlu menghitung biaya kebutuhan hidup agar bisa mengatur jumlah pengeluaran tidak melebihi uang pemasukan. Berikut referensi jumlah rata-rata pengeluaran yang diperlukan oleh seorang pria yang tinggal di Kyoto selama sebulan.  

Sumber: Kyoto Sohyo (Kyoto Labor Union)
Sumber: Kyoto Sohyo (Kyoto Labor Union)

Sewa Apartemen - 41.667 yen per bulan

Walau ada berbagai jenis tempat tinggal di Jepang, biaya sewa tempat tinggal akan memakan porsi terbesar dari pendapatan. Ada beragam faktor yang mempengaruhi harga sewa, seperti lokasi dan lainnya, tetapi perlu dipertimbangkan pula faktor lainnya seperti jarak tempuh ke kantor. Misalnya, harga sewa apartemen murah, tetapi lokasinya jauh dari kantor, ongkos transportasi malah jadi lebih mahal. 

Makanan - 44.441 yen per bulan

Biaya makan sebulan sangat tergantung dari berapa seringnya kamu makan di restoran atau membeli makanan di luar, dibanding memasak sendiri. Sebagai contoh, membeli sekotak karaage bento (bento ayam goreng) harganya sekitar 474 yen dan semangkuk ramen harganya 547 yen. Semangkuk gyuudon (nasi dengan daging sapi) harganya sekitar 374 yen. Tentu saja, paling murah dan sehat adalah memasak makanan sendiri dan sesekali bolehlah menikmati tendon (nasi dengan tempura) seharga 970 yen.

*Semua harga yang ditampilkan berdasarkan sumber data bulan Mei 2019 dari Kementerian Kesehatan, Buruh, dan Kesejahteraan.

 Kebutuhan Dasar - 7.419 yen per bulan

Ini adalah biaya rata-rata bulanan untuk kebutuhan dasar seperti listrik, gas, dan air. Walau pada kenyataannya biaya ini bisa berbeda karena tergantung pemakaian. Apalagi saat bulan-bulan musim panas dan musim dingin, orang-orang biasanya menggunakan pendingin ruangan atau penghangat ruangan lebih sering.

Furnitur dan Peralatan Rumah Tangga - 3.836 yen per bulan

Perlengkapan rumah tangga seperti untuk kebutuhan bersih-bersih atau cuci baju, serta pekerjaan rumah tangga lainnya, harganya tergantung pada musimnya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Related to Tabungan & Pengeluaran