Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tak Hanya Matcha, Ini 7 Jenis Teh Hijau Jepang yang Paling Populer

Kompas.com - 18/Sep/2023, 18:08 WIB
Ilustrasi. Jenis teh hijau populer di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi. Jenis teh hijau populer di Jepang.

OhayoJepang - Teh adalah salah satu minuman populer di Jepang dan menjadi bagian penting dari budaya makanan Jepang. Ada banyak jenis teh yang bisa diminum kapan saja sepanjang hari.

Teh hijau adalah jenis teh yang paling umum. Saat kamu menyebut teh atau ocha tanpa menyebut jenisnya secara spesifik, maka yang dimaksud adalah teh hijau.

Teh hijau menjadi salah satu elemen utama dalam upacara minum teh. Beberapa tempat budidaya teh yang paling terkenal adalah Shizuoka, Kagoshima dan Uji.

Yuk cari tahu teh yang populer dikonsumsi di Jepang, seperti dilansir dari Japan Guide.

Baca juga: Mengenal Sake, Minuman Fermentasi Beras asal Jepang yang Mendunia

1. Ryokucha (Teh Hijau)

Ada berbagai jenis teh hijau yang dibudidayakan, berbeda dalam hal waktu panen dan jumlah sinar matahari yang diterima daun teh.

Kualitas tertinggi adalah gyokuro, yang dipetik pada putaran pertama panen dan dinaungi dari sinar matahari beberapa saat sebelum panen.

Berikutnya adalah sencha, yang juga dipetik pada putaran pertama panen tetapi daunnya tidak terlindung dari sinar matahari. Bancha adalah teh kualitas rendah yang daunnya diperoleh dari panen selanjutnya.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Jepang Bulan September, Ada Turnamen Sumo!

2. Matcha (Teh Hijau Bubuk)

Hanya daun kualitas terbaik yang digunakan untuk membuat matcha, yang dikeringkan dan digiling menjadi bubuk halus yang kemudian dicampur dengan air panas.

Halaman:
Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.