Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

4 Restoran Tempura Legendaris di Fukuoka

Kompas.com - 24/Oct/2018, 19:33 WIB
Koyanagi Jun’ichi-san.
Koyanagi Jun’ichi-san.

OhayoJepang - Ada beberapa toko legendaris di Fukuoka yang dicintai oleh penduduk setempat selama berpuluh-puluh tahun. Masing-masing toko legendaris berikut ini memiliki keunikannya tersendiri. Kali ini kami akan memperkenalkan empat restoran tempura yang legendaris dan dicintai sejak lama di Fukuoka. Nikmati filosofi dari tempura dan juga suasana dari masing-masing restoran.

Keahlian turun temurun di “Tenyasu”

Generasi kedua restoran khusus tempura yang telah berdiri sejak 1957 di persimpangan Taisho-doori.
Generasi kedua restoran khusus tempura yang telah berdiri sejak 1957 di persimpangan Taisho-doori.

Restoran khusus tempura Tenyasu telah beroperasi selama 61 tahun di Taisho-doori. Generasi kedua yang mengoperasikan restoran adalah seorang pengrajin tempura yang telah berlatih di Tokyo sejak umur 18 tahun.

Ia merupakan ahli tempura yang mewarisi bisnis keluarga. Minyak yang digunakan selalu sama sejak dulu yaitu minyak canola 100 persen.

“Ketebalan lapisan tempura penting. Tidak boleh terlalu tipis dan terlalu tebal”, tutur Higuchi-san.

Paket ”Tempura Teishoku Matsu”
Paket ”Tempura Teishoku Matsu”

Restoran ini menyediakan tiga jenis ukuran, yaitu “Take” (ukuran kecil) seharga 1.000 yen untuk makan siang dan 1.200 yen untuk makan malam, “Matsu” (ukuran sedang) seharga 1.300 yen untuk makan siang dan 1.500 yen untuk makan malam, “Toku” (ukuran besar) seharga 1.800 yen yang hanya dijual malam hari.  

Menu “Matsu” terdiri dari banyak seafood seperti tiga ekor udang, ikan kisu, anago, cumi, ada juga tempura daging babi. Paket ini juga termasuk nasi, akadashi (salah satu jenis sup miso), dan acar.

[Tenyasu]
[Tenyasu]

Bangunan restoran tidak pernah berubah sejak pertama buka. Tersedia kursi di counter dan meja untuk lesehan.

Eksterior restoran [Tenyasu]
Eksterior restoran [Tenyasu]

Informasi tempat:
[Tenyasu]
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku, Maizuru 3-1-1
Jam buka : 11:30-14:00, 17:00-21:00
Libur: Sabtu malam, hari Minggu, libur nasional

Melampaui standar tempura di “Sakau”

Pemiliki restoran Chano-san yang merupakan generasi kedua
Pemiliki restoran Chano-san yang merupakan generasi kedua

“Sakau” merupakan restoran yang beroperasi sejak 1930. Restoran ini tidak memutar musik sehingga suasananya sangat tenang. Hal ini dilakukan agar tercipta suasana dengan suara-suara kerenyahan gorengan terbaik melalui suara minyak dan suara gorengan yang bersentuhan dengan ujung sumpit.

Supaya butiran tepung memiliki ukuran yang sama, tepung akan diayak terlebih dahulu. Hal ini menunjukan sisi detail yang mengagumkan.

“Dengan dilapisi tepung yang sangat tipis, tempura seolah bagaikan dikukus dengan panasnya minyak. Suara saat digoreng akan memberitahukan keadaan setiap bahan,” ujar Chano-san, pemilik restoran generasi kedua.

tempura
tempura

Tempura renyah yang digoreng dengan menggunakan campuran minyak kanola dan minyak kedelai, dijual dengan harga mulai dari 100 yen. Pada musim gugur tersedia tempura jamur.

Semantara itu, dalam menu musim dingin terdapat tempura tiram dan ikan wakasagi. Semua bahan-bahan musiman dimanfaatkan sebaik-baiknya. Menu dibedakan antara siang dan malam.

Beberapa hidangan antara lain tempura “Kuruma ebi (Japanese Tiger Prawn)” seharga 400 yen, “Ebi minchi no pan hasamiage (roti goreng isi udang cincang)” seharga 150 yen, dan “Butaniku no tamanegi maki (bawang bombai lilit daging babi)” seharga 200 yen. Semua jenis tempura sayur dijual seharga 100 yen. Ada hidangan lainnya yang perlu Anda coba.

[Sakau]
[Sakau]

Dapur restoran ini sangat terbuka dengan posisi penggorengan yang terletak di tengah counter. Di bagian dalam restoran terdapat tempat untuk duduk lesehan.

Eksterior restoran [Sakau]
Eksterior restoran [Sakau]

Informasi tempat:
[Sakau]
Alamat:Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku, Imaizumi 2-3-17
Jam buka : 11:40-14:00,17:00-sekitar 21:30
Hari libur : Tidak tentu

Lentera pemanggil pelanggan di “Kusushan”

Koyanagi Jun’ichi-san.
Koyanagi Jun’ichi-san.

Restoran ”Kusushan" yang telah beroperasi selama 50 tahun ini dicintai oleh orang-orang yang bekerja di Nakasu sebagai restoran yang menyediakan teishoku (berarti: paket menu) hingga tengah malam.

Pemilik restoran generasi sebelumnya mendirikan restoran ini di Nishiki-shouji. Saat ini restoran tersebut dilanjutkan oleh putranya Koyanagi Jun’ichi-san.

Restoran ini hanya menyediakan kursi counter sehingga suasananya seperti yatai (tempat makan pinggir jalan yang menggunakan tenda). Dengan harga terjangkau, kita dapat menikmati porsi yang banyak.

“Tempura mori awase”
“Tempura mori awase”

Tempura mori awase” merupakan paket aneka tempura yang dijual dengan harga 1.300 yen. Paket ini terdiri dari tempura cumi, ikan daging putih, fillet daging babi, sayur-sayuran dan jenis tempura lainnya yang berjumlah 11 jenis.

Kita bisa mencicipi ten-tsuyu (saus celup untuk tempura) yang terbuat dari katsuo dashi (ekstrak serutan ikan cakalang) dengan aroma elegan, garam, dan bumbu berupa yuzu-koshou (campuran lada dan jeruk) asli buatan restoran ini.

Interior Restoran Kusushan
Interior Restoran Kusushan

Kemudian, ada juga “Banshaku set (set makan malam)” yang terdiri dari lima jenis tempura dan sashimi, kobachi (side dish), dan pilihan minuman yang disukai. Paket ini menguntungkan karena dijual hanya dengan harga 1.500 yen dan dapat dipesan hingga pukul sembilan malam.

Eksterior restoran Kusushan
Eksterior restoran Kusushan

Informasi tempat:
Kusushan
Alamat: Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Hakata-ku, Nakasu 2-4-16
Jam buka: 18:00~1:00 pagi (Last Order 24:30)
Libur: Minggu

Cepat dan murah di “Agemono Ryouri Irodori”

Agemono Ryouri Irodori
Agemono Ryouri Irodori

Meskipun berlokasi di tempat yang tersembunyi di Tenjin Vivre basement lantai 1, restoran “Agemono Irodori” selalu dipadati pengunjung mulai dari jam puncak makan siang hingga sore hari.

Hal yang paling mengejutkan adalah harganya yang sangat terjangkau. Ada dua jenis hidangan makan siang harian yang berbeda dengan harga sekitar 620 yen.

Interior Restoran
Interior Restoran

Restoran ini awalnya menjual udon dan soba sebagai menu utama. Setelah pindah ke Vivre 37 tahun lalu, restoran ini merubah gayanya.

“Ebi-ten teishoku”
“Ebi-ten teishoku”

Ebi-ten teishoku” merupakan paket menu tempura udang seharga 900 yen yang terdiri dari lima tempura udang dan dua sampai tiga jenis tempura sayur. Tempura disediakan bersama dengan ten-tsuyu yang dibuat dengan dashi (saus cocolan) yang tidak berubah resepnya sejak awal berdiri.

Eksterior restoran
Eksterior restoran

Informasi tempat:
Agemono Ryouri Irodori
Alamat: Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuou-ku Tenjin 1-11-1 Tenjin Vivre B1
Jam buka: 11:00~19:20(Last Order) 
Libur: Tidak ada

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (20 August 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR