Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan di Fukuoka, Ini 3 Restoran Ramen di Area Hirao dan Takamiya

Kompas.com - 25/Aug/2018, 09:45 WIB
Hiramen tsuke soba
Hiramen tsuke soba

OhayoJepang - Area Hirao dan Takamiya di Fukuoka, Jepang, semakin ramai dengan bermunculannya berbagai restoran ramen. Salah satunya adalah restoran Hayakawa yang terkenal akan tori chintan shoyu (perpaduan kuah yang dibuat dari kaldu ayam bening dan kecap asin Jepang). Selain itu, ada pula pembukaan ulang restoran “Shinpu” yang terkenal di jalan Takamiya.

Restoran-restoran lainnya seperti Marugen dan Tetsuji yang tidak hanya menjual ramen, tetapi juga menjual berbagai variasi tsukemen dapat juga menjadi daya tarik area ini. Tsukemen adalah hidangan mi yang dimakan dengan mencelupkan mi ke kuah.

Tertarik mencoba? Berikut tiga rekomendasi restoran ramen di area Hirao dan Takamiya:

Hidangan Chuka Soba Hakata, Restoran Marugen

Hidangan “Hiramen tsuke soba” ini mengkombinasikan kuah yang diambil dari daging dan ikan, double soup ini sangat lezat. Harga hidangan ini adalah 730 yen.

Hidangan ini menggunakan mi yang sedikit keriting sehingga kuah mudah menempel saat dicelupkan. Kuah spesial dari kedai ini begitu nikmat, sampai-sampai kita ingin meminumnya hingga habis.

Jika kita memeras jeruk nipis yang disajikan di atas mi, rasa dari jeruk akan menonjol. Kita jadi bisa menikmati mi dengan rasa yang lebih menyegarkan.

Restoran Marugen
Restoran Marugen

Marugen merupakan restoran yang menjadi pelopor hidangan chuka soba dan tsukemen yang menggunakan kuah seafood di Fukuoka. Kuah ala Jepang yang dibuat dari bahan alami seperti katsuobushi (serutan ikan cakalang kering), niboshi (ikan kecil rebus yang dikeringkan), kombu (rumput laut), jamur shiitake, dan bahan-bahan lainnya yang merupakan rahasia rasa kuah ini.

Kuah tersebut kemudian dicampur dengan kuah tonkotsu (kuah yang dibuat dari rebusan tulang babi) dan kuah torigara (kuah yang dibuat dari rebusan tulang ayam). Hasilnya adalah double-soup original yang siap disajikan. Mi yang kenyal terasa nikmat disantap dengan kuah yang kental.

Informasi Tempat
Hakata Chuka Soba Marugen
Alamat : Fukuoka-shi, Chuo-ku, Hirao 2-2-18
Jam operasional : 11:30 - 23:30, hari Minggu dan hari libur 11.30-23.00 (last order 10 menit sebelum tutup) *jika persediaan habis tutup lebih awal
Libur : Senin (jika Senin libur nasional, libur hari Selasa)

Tsukemen dari Restoran Tetsuji

Motsu tsukemen
Motsu tsukemen

Hidangan “Motsu tsukemen (putih)” dengan harga 880 yen. Dengan dashi (kaldu dasar masakan Jepang) yang hanya dibuat dari seafood dan lemak.

Tsukemen Tetsuji merupakan restoran spesialis untuk tsukemen yang memperkenalkan “Hakata motsu tsukemen”. Pemilik kedai sangat selektif dalam membuat menu masakan, misalnya mulai dari menambahkan maruchou (jeroan usus sapi) produk lokal dengan kualitas tinggi sebagai topping.

Hal lainnya adalah pemilik kedai membuat tsukeshiru (kuah yang dipakai dalam tsukemen) dari dashi dengan bahan utama seafood bahan kering tanpa menggunakan ayam lokal atau tulang babi. Selain itu mi dibuat sendiri dari bahan tepung gandum hitam. Kuah putih atau kuah pedas yang klasik bisa menjadi pilihan.

“Mini charsiu-don” dengan harga 200 yen, yakni sajian nasi dengan topping rare chashu (irisan daging yang dibumbui)
“Mini charsiu-don” dengan harga 200 yen, yakni sajian nasi dengan topping rare chashu (irisan daging yang dibumbui)

Pada salah satu sajian dari sub-menu “Mini charsiu-don” seharga 200 yen ini, digunakan rare charsiu yang dimasak dengan suhu rendah. Charsiu akan dibakar sedikit sebelum disajikan.

Restoran spesialis tsukemen, Tsukemen Tetsuji dibuka pada bulan Juni 2017.
Restoran spesialis tsukemen, Tsukemen Tetsuji dibuka pada bulan Juni 2017.

Informasi Tempat
Tsukemen Tetsuji
Alamat : Hirao 1-9-8, Chuo-ku, Fukuoka-shi, Fukuoka-ken
Jam operasional : 11:30-15:00, 18:00-24:00 (Last Order jam 23:20), jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu
Libur : tidak ada

Jidori ramen dari Restoran Hayakawa

Jidori shoyu ramen
Jidori shoyu ramen

Hidangan “Jidori shoyu ramen” dengan harga 720 yen, merupakan ramen dengan kuah yang memiliki dasar kecap asin Jepang (shoyu). Hidangan ini menggunakan saus kecap asin yang merupakan campuran dari tiga jenis shoyu, seperti Itoshima shoyu, dan shoyu dari daerah Shimane.

Supaya ayam tetap juicy, ayam akan dipotong setelah ada pesanan
Supaya ayam tetap juicy, ayam akan dipotong setelah ada pesanan

Kelezatan jidori (ayam buras) dan seafood yang tercampur apik. Sementara itu, mi dibuat oleh penghasil mi legendaris di Kyoto “Menya teigaku”. Jidori charsiu memiliki rasa tipis dari yuzukoshou. Yuzukoshou merupakan pasta yang dibuat dari campuran garam, cabai, dan yuzu (salah satu jenis jeruk).

Interior restoran yang sederhana dengan tembok warna putih dan meja kayu
Interior restoran yang sederhana dengan tembok warna putih dan meja kayu

Pemilik restoran mempelajari teknik pembuatan tori chintan shoyu di restoran Yamaguchi yang berada di Tokyo. Kemudian ia kembali ke kampung halamannya di Fukuoka dan membuka restoran.

Sambil menggunakan teknik yang telah didapatkannya selama belajar, pemilik restoran membuat ramen dengan kreatif dan menambahkan rasa Kyushu ke dalam jidori ramen buatannya dengan menggunakan jidori dari daerah Hakata dan Shimane shoyu. Kita juga bisa merasakan aroma kerang yang lembut dari ramen ini.

Informasi Tempat
Jidori Ramen Hayakawa
Alamat : Tamagawa-chou 11-11, Minami-ku, Fukuoka-shi
Jam operasional : 11:00-15:00, 18:00-21:00 (jika persediaan habis tutup lebih awal)
Libur : hari Rabu

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (9 Mei 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR