Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan di Fukuoka, Wajib Kunjungi 5 Kedai Ramen di Area Kego

Kompas.com - 20/Aug/2018, 09:21 WIB
Ramen Oigen / Chashu Ramen (800 yen) dari kedai ramen Oigen
Ramen Oigen / Chashu Ramen (800 yen) dari kedai ramen Oigen

OhayoJepang - Area sekitar Kego, Akasaka, yang terpusat di persimpangan Kego, merupakan area yang jadi pusat perhatian di Fukuoka, Jepang. Hal ini berkat adanya kedai-kedai ramen terkenal yang selalu ramai dikunjungi oleh penggemar ramen.

Area ini memiliki kedai-kedai yang kaya akan variasi mi. Kedai-kedai tersebut, antara lain: Oigen, yang berkembang menjadi kedai langganan antrean para pengincar aburi chashu (daging babi panggang merah yang dipotong tipis) dan kuah kental rasa tulang babi.

Kedai lainnya yaitu Hidechan, yang dijuluki “Yokozuna”-nya (gelar teratas pada peringkat olahraga Sumo) ramen Hakata. Juga kedai Kanetora, yang menawarkan mi ala Tiongkok dan tsukemen (mi berbentuk pipih yang cara makannya dicelup di kuah mi) yang kuahnya kaya akan rasa seafood. Terakhir ada kedai Daimyo Chinchin yang menawarkan tantanmen (mi asal Tiongkok yang disajikan dengan daging babi cincang dan sayuran).

Cobalah bandingkan rasa ramen di area ini yang telah berubah menjadi arena persaingan kedai ramen tersengit se-Fukuoka seiring dengan mulai bermunculannya kedai-kedai baru.

Ramen Oigen

Foto di atas setelah ditambahkan telur rebus (harga tambah 100 yen). Kuah chashu ramen (800 yen) ini juga mengandung lemak babi yang sekali cicip saja, nikmatnya langsung nendang di lidah.

Rasa kuahnya ini sangat cocok dipadukan dengan mi yang diproduksi khusus oleh Abe Seimen, tempat pembuatan mi di area Ogura yang memiliki sejarah panjang. Aroma daging babi sehabis dipanggang di atas bara api dan rasa manis daging dari Chashu Buta Bara (chashu perut babi) olahan sendiri pun rasanya juga lezat.

Kedai Ramen Oigen
Kedai Ramen Oigen

Seperti kata pemilik kedai ini, “ramen yang lezat adalah ramen dengan rasa kekentalan tulang babi yang pas”, jadi rasa kuah ramen di sini sangat nendang di lidah berkat teknik mengolah kepala babi  yang langsung direbus dan dihancurkan secara bersamaan. Rasanya pun sangat menyatu dengan kuah.

Saat memesan ramen, Anda bisa meminta “koku mashi (gratis)” (tambah kental) agar kelezatan kuahnya kian bertambah. Anda juga bisa menambahkan buta bara chashu yang dipanggang di atas bara api atau karashi takana (acar sayur pedas) yang tersedia gratis di atas meja untuk makin menambah kenikmatan ramen Anda.

Informasi tempat:
Ramen Oigen
Alamat: ARK Kego Lantai 1, 1-13-1 Kego, Chuo-ku, Fukuoka-shi, prefektur Fukuoka
Jam operasional: 11:30~16:00, 17:00~4.00 hari berikutnya (pemesanan terakhir)
*Kedai tutup begitu kuah ramen habis
Hari libur: Tidak menentu

Yakiniku Ramen Futaba

Yakiniku Ramen Futaba / Ramen (700 yen)
Yakiniku Ramen Futaba / Ramen (700 yen)

Ramen (700 yen) ini memiliki cita rasa tulang babi dan sayur yang direbus bersamaan sehingga menghasilkan rasa yang tergolong ringan. Rasa bawang merah yang dicincang dan jamur hitamnya yang lunak menambah cita rasa tersendiri pada ramen ini.

Yakiniku Ramen Futaba
Yakiniku Ramen Futaba

Kedai ini terletak di sepanjang jalan utama. Di lantai 1, Anda bisa menyantap hidangan ramen. Di lantai dua, Anda bisa menyantap hidangan yakiniku Imarigyu (merk daging sapi asal prefektur Saga).

Hidangan ramen di kedai ini menggunakan resep yang diwariskan dari kedai ramen terkenal di daerah Shinagawa, Prefektur Tokyo, tempat pemilik kedai sering mampir untuk makan saat masih sekolah.

Ekstrak rasa kuah ramennya tergolong semi-kental, hasil rebusan dari tidak hanya tulang babi, tetapi juga sayur-sayuran. Mi yang digunakan merupakan buatan Sakai Seimen yang sudah turun temurun memproduksi mie.

Informasi lokasi:
Yakiniku Ramen Futaba
Alamat: 1-14-3 Kego, Chuo-ku, Fukuoka-shi, prefektur Fukuoka
Jam operasional: 11:30~14:00, 18.00~1.00 hari berikutnya (pemesanan terakhir)
*Menu yakiniku hanya bisa dipesan pada malam hari
Hari libur: Tidak menentu

Menya Kanetora

Menya Kanetora / Ajitama Karagara Tsukemen (1030 yen)
Menya Kanetora / Ajitama Karagara Tsukemen (1030 yen)

Ajitama Karagara Tsukemen (harga 1030 yen) ini menggunakan kuah rasa tulang babi dan seafood yang kental serta bertabur dengan bubuk katsuo (ikan cakalang) dan bubuk cabai yang sangat menggugah selera.

Mi yang digunakan memiliki dua variasi, yaitu mi ukuran tebal dan ukuran sedang. Terdapat empat tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan sesuai selera.

Kedai Menya Kanetora
Kedai Menya Kanetora

Kedai ini selalu ramai oleh antrean pengunjung dan memiliki ciri khas berupa “kuah ramen yang kaya akan rasa seafood”. Hal ini hasil ide dari pemilik kedai yang sebelumnya bekerja di salah satu ramen terkenal di Tokyo.

Tulang babi, ayam, sayur-sayuran, dan niboshi (ikan kecil yang dikeringkan) dalam jumlah banyak merupakan kunci kelezatan rasa pada kuahnya. Cita rasa dan aroma seafood pada hidangan mi di kedai ini lebih terasa nendang berkat tambahan minyak katsuo pada tsukemen dan raayu (minyak sambal) niboshi pada karagara tsukemen.

Mi berukuran tebal dan lentur yang memberikan kekuatan cita rasa tersendiri ini dibuat khusus di Mikawaya Seimen. Mi ini cocok disantap bersama dengan kuah mi buatan kedai ini.

Informasi lokasi:
Menya Kanetora
Alamat: Liberty Akasaka, 1-1-18 Akasaka, Chuo-ku, Fukuoka-shi, prefektur Fukuoka
Jam operasional: 11:00~15.30, 18.00~23.00, Sabtu~16.00, 17.30~23.00, Minggu 11.00~17.00 (masing-masing ada jam pemesanan terakhir)
*Kedai tutup begitu ramen habis
Hari libur: Senin

Daimyo Chin Chin

Daimyo Chin Chin, kedai utama Akasaka / Tantanmen (650 yen)
Daimyo Chin Chin, kedai utama Akasaka / Tantanmen (650 yen)

Tantanmen (harga 650 yen) ini menggunakan kuah yang kental akan cita rasa biji wijen berkualitas tinggi yang telah dipanaskan secara merata.

Hidangan mi ini menggunakan bahan-bahan terpilih dalam jumlah berlimpah, seperti miso (bumbu khas Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras dan garam) daging sapi serta daging babi yang sudah dicincang dan dibumbui dengan saus kacang manis dan kecap asin buatan sendiri.

Kedai Daimyo Chin Chin, kedai utama Akasaka
Kedai Daimyo Chin Chin, kedai utama Akasaka

Raayu olahan sendiri ini dibuat dengan menggunakan lebih dari 10 jenis sayuran, lima jenis rempah, dan tiga jenis cabai sehingga menghasilkan rasa “gurih” pada hidangan mi.

Kuah mi dibuat dengan menggunakan bahan dari dada ayam dan sayuran beraroma yang kemudian kuahnya didiamkan selama satu malam untuk menciptakan rasa yang lebih “kental”, serta sangat cocok dihidangkan bersama dengan mie yang lentur.

Anda bisa menikmati rasa pedas sesuai selera, dengan tambahan 60 yen untuk mendapatkan rasa “ekstra pedas”. Menu set mi, nasi yang bisa dimakan sepuasnya, dan acar tergolong laris di kalangan para pelanggan.

Informasi lokasi:
Daimyo Chin Chin, kedai utama Akasaka
Alamat: Daito Mansion No. 102, 1-7-27 Akasaka, Chuo-ku, Fukuoka-shi, prefektur Fukuoka
Jam operasional: 11:30~22:00, Minggu:11:00~17:00
Hari libur: Tidak ada hari libur

Hidechan Ramen

Hidechan Ramen / Ramen (700 yen)
Hidechan Ramen / Ramen (700 yen)

Anda bisa menikmati tonkotsu (tulang babi) ramen di sini yang memang terkenal di Fukuoka akan rasanya yang kuat. Terdapat hidangan yang bernama “Raakyabe” (700 yen), yang menggunakan kubis yang dipotong tipis-tipis sebagai pengganti mi.

Ada juga hidangan bernama “Enoki Bonbamen”, yang mengandung enoki (salah satu jenis jamur yang biasa didapat di kawasan Asia timur). Ada juga hidangan unik yang menggunakan mi bebas gluten.

Hidangan “Chashu Men” (harga 900 yen) yang disajikan dengan lima potong daging paha babi chashu di kedai ini juga tergolong populer. Hidangan gyoza (daging babi cincang dan sayuran yang dibungkus dengan adonan tepung terigu lalu digoreng) berukuran sekali lahap di kedai ini, memiliki tekstur luar yang garing dan bagian isinya mengandung air kaldu daging yang melimpah ruah. Hidangan gyoza juga terkenal di kalangan pelanggan.

Informasi lokasi:
Hidechan Ramen
Alamat: 2-13-11 Kego, Chuo-ku, Fukuoka-shi, prefektur Fukuoka
Jam operasional: 11:30~14:30 (pemesanan terakhir 14:00), 20:00~1.00 hari berikutnya (pemesanan terakhir  24.30)
Sabtu: 11.30~15.00 (pemesanan terakhir 14:30), 19:00~1:00 hari berikutnya (pemesanan terakhir 24:30)
Minggu dan tanggal merah: 11:30~15:00 (pemesanan terakhir 14:30). 19:00~24:00 (pemesanan terakhir 23:30).
*Kedai tutup begitu ramen habis
Hari libur: Rabu

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (8 May 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR