Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

“Selfie” dengan Mesin Purikura di Jepang, Ini Cara Memakainya

Kompas.com - 17/May/2019, 18:29 WIB
pemotretan
pemotretan

OhayoJepang - Sebelum Instagram dan Snapchat memperkenalkan aneka filter dan stamp untuk foto selfie, Jepang sudah jauh lebih lama melakukan hal itu. Purikura adalah singkatan dari Purinto Kurabu (Klab Cetak), semacam photo box instant jika di Indonesia. Selama bertahun-tahun, Purikura telah menghasilkan selfie sempurna.

Melalui Purikura, Anda bisa menonjolkan setiap foto dengan mata yang lebih besar, kulit yang lebih cerah, dan bahkan kaki yang lebih langsing. Anda pun bisa menambahkan filter dan sticker untuk mendapatkan foto yang sempurna. Foto cetak pun bisa menjadi sticker tempel.  

Jika punya waktu luang saat di Jepang, cobalah mampir ke Purikura untuk membuat foto selfie. Dalam artikel ini, penulis yang sudah ahli menggunakan Purikura selama 10 tahun, akan memperkenalkan dunia Purikura yang menakjubkan.

Cara Mendapatkan Bidikan yang Sempurna

Ini sebenarnya lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Pada dasarnya, Purikura selesai dalam 4 langkah.

1. Pengaturan awal

pengaturan awal
pengaturan awal

Pertama, Anda ke sisi mesin dan bayar 400 yen. Lalu sentuh monitor untuk memulai. Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih jenis foto, jumlah orang, latar belakang, efek cahaya, dan sebagainya.

Tips: mesin Purikura biasanya hanya menerima 4 buah koin 100 yen untuk pembayarannya. Jika Anda tidak memiliki koin, Anda bisa menemukan mesin penukaran uang di dalam toko.

2. Pemotretan

 

pemotretan
pemotretan

Selanjutnya masuk ke dalam bilik pemotretan. Sentuh monitor untuk memulai. Namun sebelumnya taruh terlebih dahulu tas dan jaket Anda. Biasanya, suara dari mesin yang memandu hanya tersedia dalam Bahasa Jepang. Namun Anda bisa mencontek panduan dari pose yang ditampilkan di monitor.

Tips: Saat kamera siap memotret, pastikan Anda melihat ke kamera, bukan ke layar monitor. Jika tidak, foto yang dihasilkan seakan-akan Anda melihat ke bawah.

3. Editing

editing
editing

Ini merupakan proses paling unik dan menarik dari Purikura. Ada banyak cara kreatif untuk mengolah foto. Tidak hanya menaruh stamp, tetapi juga tulisan. Selain itu, Purikura menawarkan beragam fungsi penghias seperti mencerahkan kulit, memperbesar mata, hingga mewarnai bibir dan pipi untuk membuat Anda terlihat lebih menggemaskan. Kebanyakan orang memakan waktu lebih lama saat proses editing dibanding saat pemotretan. Terakhir, Anda bisa mengatur letak foto sebelum dicetak.

Tips: Biasanya ada batasan waktu. Jika Anda kesulitan memutuskan hiasan yang ingin digunakan, berikut yang bisa Anda lakukan: menulis nama orang yang difoto, menaruh stamp tanggal hari tersebut, menaruh stamp telinga binatang dan hidung di kepala Anda

4. Mencetak Foto

purikura
purikura
 

Pergi ke bagian depan mesin dan tunggu hingga Purikura dicetak.

Tips: Jika Purikura tidak memiliki alat pemotong cut-line, lihat sekeliling toko, kemungkinan ada gunting tersedia dekat mesin.  

Tempat Mencari Purikura

Biasanya mesin Purikura bisa ditemukan di pusat permainan arcade. Mesin umumnya diletakkan di sisi terjauh dari pintu masuk, sehingga kerap susah untuk ditemukan.

Ada kemungkinan mesin Purikura berada di lantai yang berbeda dengan alat-alat permainan yang ada di tempat tersebut. Jadi sebaiknya cari simbol "プリクラ" untuk mencari tahu di mana mesin Purikura tersebut berada.

Fungsi Inovatif pada Model Terbaru

Anda mungkin terkejut bagaimana Purikura terbaru sudah berevolusi.

purikura
purikura

Ini adalah mesin #Aoharu yang diluncurkan pada Maret 2019.

1. Anda bisa memindahkan angle kamera

Purikura
Purikura

Mesin ini cocok tidak hanya untuk para remaja, tetapi juga para ibu dengan anak-anak. Kamera bisa ditarik ke atas maupun ke bawah.

2. Bilik pemotretan yang lebih luas, dengan kapasitas bisa memuat 15 orang.

Fungsi ini juga memiliki tujuan khusus, cocok untuk foto grup. Jadi ini sempurna untuk rombongan.

3. Bisa berpose sambil duduk

Purikura
Purikura

4. Anda diberikan saran beragam pose yang bisa dicoba.

Purikura
Purikura

Provided by Karaksa Media Partner (23 March 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR