Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Warga Indonesia dari Jawa Tengah Terkesan dengan Disiplin Jepang yang Tinggi

Kompas.com - 6/Dec/2023, 18:58 WIB
Ilustrasi
Lihat Foto
Ilustrasi

OhayoJepang - Jepang dikenal di seluruh dunia karena budayanya yang unik, pemandangannya yang indah, dan makanannya yang lezat. Namun, itu bukan satu-satunya hal yang dirasakan oleh orang asing yang tinggal dan bekerja di Jepang. Orang asing sangat terkesan dengan 'perilaku tertib' orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari.

Cahya (usia 20-an), berasal dari Jawa Tengah, telah menyaksikan secara langsung  kedisiplinan dan kesopanan orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari sejak ia mulai bekerja di sebuah perusahaan pembersih di Tokyo.

"Di Jepang, kereta tiba tepat waktu, jadi tidak ada hambatan selama dalam  perjalanan. Di peron kereta pun penumpang mengantre dan menunggu dengan tenang sampai kereta tiba. Ketika kereta tiba, mereka menunggu sampai semua orang turun sebelum naik,” katanya.

Baca juga: Apa Daya Tarik Kota Tokyo yang Membuat Orang Indonesia Terkesan?

Selain itu tata krama juga sangat diperhatikan, terutama dalam hal membuang sampah. Cahya jug memiliki pengalaman saat mencari tempat sampah untuk membuang sampah, tetapi tidak menemukannya dan harus membawanya kembali ke rumah. Ia menyadari bahwa pola pikir untuk tidak membuang sampah sembarangan adalah alasan mengapa lingkungan di Jepang tetap bersih.

Dia juga terkejut ketika pertama kali datang ke Jepang, karena orang-orang merokok dengan di area khusus merokok, tidak sambil berjalan, dan tempat yang ditandai dengan tulisan. “Dilarang Merokok di Jalan”.

Ia juga terkesan dengan peraturan yang berbeda dan kepatuhan orang Jepang terhadap peraturan tersebut, yang berbeda dengan peraturan di Indonesia, di mana di Indonesia merokok bebas dilakukan di mana saja.

Dari pengalamannya sendiri, Cahya sangat terkesan dengan kedisiplinan dan kesopanan Jepang, dan Ia merasa senang telah datang ke Jepang.

Baca juga: Melihat dan Merasakan Pemandangan di Anime secara Nyata di Tokyo

 

Provided by Karaksa Media Partner (28 November, 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.