Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tradisi Bekerja di Jepang: Apa Itu Tradisi Bonenkai dan Shinnenkai?

Kompas.com - 21/Dec/2023, 19:55 WIB
Ilustrasi. Bonenkai dan Shinnenkai, tradisi minum-minum Jepang di akhir dan awal tahun.
Lihat Foto
Ilustrasi. Bonenkai dan Shinnenkai, tradisi minum-minum Jepang di akhir dan awal tahun.

OhayoJepang - Sebentar lagi tahun 2023 akan berakhir. Bagi kamu yang tinggal dan bekerja di Jepang, pasti sudah tidak asing dengan acara minum-minum atau yang dikenal dengan “nomikai”. Ada dua acara nomikai yang spesial, yaitu bonenkai dan shinnenkai, yang biasanya diadakan di akhir dan awal tahun. 

Bonenkai, atau secara harfiah berarti “pesta untuk melupakan tahun (lalu)” biasanya diadakan sepanjang bulan Desember. Tujuannya adalah untuk melupakan semua kesulitan yang dihadapi selama tahun tersebut dan menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Dengan begitu, kita bisa menghadapi tahun yang baru dengan hati dan semangat yang baru. 

Setelah acara selesai, biasanya orang akan mengucapkan "Yoi otoshi wo omukae kudasai” yang berarti “semoga kamu memiliki tahun baru yang menyenangkan”. dalam percakapan sehari-hari, ucapan ini biasanya disingkat menjadi “Yoi otoshi wo”

Baca juga: Kanda, Surga Para Pekerja Kantoran di Tokyo

Sementara itu, shinnenkai atau “pesta tahun baru”, biasanya diadakan pada bulan Januari, setelah libur panjang awal tahun di Jepang. Acara ini diadakan untuk mendoakan kesuksesan perusahaan di tahun yang baru. 

Kata yang sering digunakan saat bertemu di shinnenkai adalah "Akemashite omedetou gozaimasu” yang berarti selamat tahun baru, atau secara lebih kasual, “Akemashite omedetou”.

Meski pandemi telah mengubah cara merayakan bonenkai dan shinnenkai (beberapa merayakannya secara online, ada juga yang memilih tidak merayakan sama sekali), keduanya tetap menjadi tradisi tahunan bagi orang-orang yang bekerja di Jepang. 

Jadi, jangan kaget jika melihat restoran-restoran di Jepang ramai dengan para pekerja yang minum-minum di akhir tahun. Selamat menikmati suasana akhir tahun di Jepang!  

Baca juga: Warga Indonesia dari Jawa Tengah Terkesan dengan Disiplin Jepang yang Tinggi

 

Provided by Karaksa Media Partner (21 Desember 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.