Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Toko Buku di Osaka Ini Selalu Ramai Pengunjung, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 4/Jul/2018, 20:35 WIB
Toko Buku Tsutaya Umeda dengan konsep taman yang ada di dalam kafe
Toko Buku Tsutaya Umeda dengan konsep taman yang ada di dalam kafe

WALAUPUN memiliki luas ruangan lebih dari 3.900 meter persegi, toko buku Tsutaya Umeda selalu ramai hingga sulit untuk menemukan kursi kosong. Bahkan beberapa area lounge yang mengenakan biaya masuk pada akhir pekan dan hari libur pun masih tetap ramai dikunjungi pengunjung.  

Toko Buku Tsutaya Umeda sendiri terletak di lantai sembilan dari LUCUA 1100, wilayah bisnis Umeda, Osaka. Lalu, mengapa Toko Buku Tsutaya Umeda begitu ramai?

Seperti di tengah taman

"Pengunjung banyak yang datang tanpa alasan tertentu, dan meskipun sudah datang berkali-kali pengunjung dapat menemukan sesuatu yang baru melalui buku. Terlebih lagi, ruangan yang luas dan terasa seperti taman bisa dianggap penting di Umeda yang merupakan kota bisnis," jelas kepala toko, Kamei-san, yang juga ikut terlibat dalam pembukaan toko.

Pada angket yang telah disebar sebelumnya, banyak responden yang menginginkan adanya taman. Oleh karena itu, garden lounge dibuat dengan konsep taman di dalam kafe.

Menemukan dunia lain melalui buku

Toko buku ini menerapkan tema “saran untuk gaya hidup baru”. Hal ini ditunjukkan dengan deretan buku-buku yang diseleksi dengan nuansa serta sudut pandang yang unik. Pengunjung akan dibuat ingin membaca buku-buku dengan genre yang berbeda dari yang biasa dibaca.

Selain itu, toko ini menyediakan fasilitas concierge di 11 area toko buku ini. Fasilitas ini merupakan sesuatu yang masih jarang ditemui di toko buku lainnya. Tugas dari concierge secara luas yaitu mulai dari menyarankan buku, menyelenggarakan event dan pameran, hingga membuat sudut pembelian untuk barang-barang yang berhubungan dengan suatu buku tertentu.

Ada kalanya pelanggan menunjuk concierge untuk membantu mereka. Keberadaan concierge seperti ini diharapkan menjadi salah satu kesempatan untuk menemukan sebuah gaya hidup yang baru.

Memberikan saran tentang karir untuk para pebisnis

Saat sudah ditentukan lokasi tempat toko buku akan berada, kepala toko sempat bingung mengapa orang-orang mau datang ke lantai sembilan dari gedung ini. Pada angket yang disebar sebelum pembukaan toko, jawaban paling banyak untuk “Fasilitas apa yang Anda inginkan di sekitar stasiun?” adalah “kafe untuk bersantai” dan jawaban berikutnya adalah “tidak membutuhkan apa-apa”.

“Saat berbelanja, seseorang pasti sudah menentukan toko mana yang akan dituju, kan? Karena di Umeda sudah banyak fasilitas perbelanjaan, saya ingin membuat tempat ini sebagai ruang yang dapat digunakan untuk bersantai seperti di rumah sendiri, yang bisa dikunjungi tanpa suatu alasan tertentu,” kata kepala toko.

Toko Buku Tsutaya Umeda
Toko Buku Tsutaya Umeda

Bagian dalam toko yang dibuat agar bisa dikelilingi. Tidak perlu membaca sambil berdiri, Anda bisa membaca sambil duduk di kafe. Hal ini adalah salah satu keunggulan Toko Buku Umeda Tsutaya

Toko buku ini pun dibuat sebagai tempat untuk mengistirahatkan hati dan pikiran. Ada sebuah pesan untuk para pekerja, baik laki-laki maupun perempuan, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, konsep toko buku dibangun dengan genre utama berupa “workstyle” dan “beauty and health”.

Tak heran, di sini Anda dapat menjumpai toko-toko seperti toko semir sepatu dan toko kemeja, sebagai pilihan gaya busana pebisnis saat bekerja secara umum.

“Berikutnya kami ingin menyelenggarakan acara partisipatif berupa ‘pengalaman’ dan ‘penemuan ulang’ sebagai poin utama. Agar para pebisnis dapat melakukan pekerjaan dengan mudah, kami menyediakan 400 kursi. Ada banyak juga yang menghabiskan waktu dengan kopi di sebelah tangan sebelum berangkat kerja,” ujar pimpinan toko.

Di tempat yang lebih dari sekadar toko buku ini, pertemuan dengan dunia yang baru telah menunggu.

Melihat Tsutaya Umeda dalam angka

Tempat ini sangat populer dengan rata-rata pengunjung 10.000 orang pada hari kerja. Pada akhir pekan pun banyak yang mengajak keluarganya berkunjung. Pada saat pembukaan, 20.000 orang lebih datang hingga bahkan jumlah pengunjung dibatasi.

Tidak hanya buku-buku terkenal, buku-buku khusus dan unik pun ada, dengan total 200.000 buku. Semua buku dipilih dan disusun satu per satu dengan hati-hati oleh concierge.

Di 4th Lounge yang dilengkapi dengan Wi-Fi dan steker, diadakan sekitar 400 seminar selama satu tahun. Banyak pebisnis yang mengikuti seminar setelah selesai kerja.

Informasi Tempat:
Toko Buku Tetsuya Umeda/ Book Cafe
Alamat : Lucua 1100 Lt.9, 3-1-3, Umeda, Kita-ku, Osaka-shi.
Akses : terhubung langsung dengan Stasiun JR Osaka
Buka : 7.00-23.00
Tutup : Tidak tetap

Provided by Japan Walker ™ , Kansai Walker ™ (3 April 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR