Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino No.1: “Industri Layanan Makanan”

Kompas.com - 17/Jan/2024, 11:58 WIB
Pekerja di bidang Industri Layanan Makanan di Osaka, Jepang.
Lihat Foto
Pekerja di bidang Industri Layanan Makanan di Osaka, Jepang.

OhayoJepang - Industri Layanan Makanan adalah salah satu bidang dari Tokutei Gino No.1, di mana pekerja asing dapat melakukan berbagai pekerjaan terkait industri layanan makanan dan minuman. 

Industri tersebut secara umum mencakup pekerjaan memasak, pelayanan, dan manajemen toko.

Target
Targetnya adalah orang asing yang memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam industri layanan makanan.

 Secara detail, ada empat jenis bisnis yang dapat menerima pekerja asing dengan status kependudukan Tokutei Gino, jadi mereka yang memiliki pengalaman bekerja dalam jenis bisnis berikut dapat memanfaatkan pengalaman tersebut.

Baca juga : Tokutei Gino No.1: "Perikanan dan Budi Daya Perairan"

Jenis Bisnis Contoh
(1) Bisnis layanan makanan dan minuman yang memasak makanan dan minuman berdasarkan pesanan pelanggan dan membuat mereka makan/minum di tempat kantin, restoran, kedai makanan dan minuman, kedai kopi, dll.
(2) Bisnis layanan makanan dan minuman untuk dibawa pulang yang dan menyediakan makanan dan minuman yang dimasak berdasarkan pesanan pelanggan yang tidak memiliki fasilitas untuk makan/minum di tempat toko khusus bawa pulang, dll.
(3) Bisnis layanan pesan-antar makanan dan minuman yang memasak makanan dan minuman berdasarkan pesanan pelanggan di tempat dan mengantarkannya ke tempat dimana diinginkan oleh pelanggan toko makanan siap saji & bento, toko khusus pesan-antar makanan, bisnis layanan pesan-antar makanan untuk orang tua, dll.
(4) Bisnis layanan makanan dan minuman yang memasak dan menyajikan makanan dan minuman di tempat dimana diinginkan oleh pelanggan toko layanan katering, bisnis layanan Kyusyoku(makan siang yang disediakan di sekolah), dll.

Sumber: 農林水産省「外食業分野における特定技能外国人制度について」

Syarat
Syarat untuk bekerja sebagai pekerja asing dengan keterampilan khusus No.1 adalah sebagai berikut:

1. Lulus JFT-Basic atau JLPT N4 atau lebih tinggi
2. Lulus ujian keterampilan yang diperlukan

Namun, mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 dengan baik, akan dibebaskan dari ujian di atas.

Tingkat Kesulitan
Ujian keterampilan di bidang ini diklasifikasikan menjadi tiga bagian besar, sehingga pengetahuan tentang manajemen sanitasi, memasak makanan dan minuman, dan pelayanan diperlukan. 

Tingkat kelulusan ujian keterampilan, baik di dalam maupun luar negeri, melebihi 50%. Ujian dilakukan dalam bahasa Jepang meningkatkan level kesulitannya, tetapi bagi mereka yang pernah bekerja di industri layanan makanan di Jepang, ini adalah program yang layak untuk dicoba.

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.