Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Informasi Ujian: Tokutei Gino No.1 "Produksi Makanan dan Minuman"

Kompas.com - 5/Mar/2024, 16:14 WIB
Pekerja di bidang Industri Layanan Makanan di Osaka, Jepang.
Lihat Foto
Pekerja di bidang Industri Layanan Makanan di Osaka, Jepang.

OhayoJepang- Kali ini, mari kita lihat ikhtisar ujian untuk mendapatkan izin tinggal Tokutei Gino No.1 "Produksi Makanan dan Minuman.”

Konten Ujian
Untuk mendapatkan status tinggal Tokutei Gino No.1 di bidang tersbut, diharuskan lulus ujian yang dapat membuktikan tingkat keterampilan dan kemampuan bahasa Jepang.
Namun, jika kamu telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 di bidang yang relevan dengan baik, ujian berikut akan dikecualikan.
Bagi mereka yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 di bidang selain industri makanan dan minuman, hanya ujian bahasa Jepang yang akan dikecualikan.

(1) Ujian Keahlian
Ikhtisar Ujian Pengukuran Keterampilan Produksi Makanan dan Minuman No.1 adalah sebagai berikut.

Tingkat Keterampilan:

  • Orang yang memiliki total pengalaman kerja rata-rata sekitar 2 tahun dalam industri makanan dan minuman di Jepang, dan sekitar 50% dari mereka yang mengikuti ujian ini tanpa mempersiapkan diri dengan teks belajar khusus untuk ujian ini akan lulus.
  • Mereka yang memiliki pengetahuan dasar tentang penanganan makanan dan sejenisnya secara higienis dan dapat segera menangani manajemen sanitasi yang tepat sebagai tenaga kerja yang siap pakai.

Syarat Mengikuti Ujian:

  • Orang asing yang berusia 17 tahun atau lebih pada hari ujian. Namun, bagi warga negara Indonesia, mereka harus berusia 18 tahun atau lebih.
  • Jika mengikuti ujian di Jepang, wajib memiliki paspor yang valid.

Bahasa Ujian: Bahasa Jepang

  Ujian Teori Ujian Praktik
Konten Ujian ・Pengetahuan dasar tentang manajemen keamanan dan kualitas makanan  ・Dasar-dasar manajemen sanitasi umum ・Dasar-dasar manajemen proses produksi ・Pengetahuan tentang manajemen sanitasi proses produksi dengan HACCP  ・Pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja
Format Ujian Pada prinsipnya, soal pilihan ganda ・Pada prinsipnya, soal pilihan ganda ・Ujian penilaian dan perencanaan dll
Metode Ujian di Jepang:Paper based test Ujian di luar Jepang:Metode CBT
Durasi Ujian 80 menit
Jumlah soal 30 soal(nilai maksimal 100) 10 soal(nilai maksimal 50)
Nilai Ambang Batas Pada prinsipnya, skor total harus 65% atau lebih
Lokasi Ujian Beberapa lokasi di dalam Jepang dan di luarnya →Juga direncanakan diadakan di Indonesia

(2) Ujian Bahasa Jepang

Pekerja pabrik di Asia sedang memeriksa daftar dengan bagan kebijakan keselamatan pada mesin otomatis di industri minuman sebelum memulai proses produksi.
Pekerja pabrik di Asia sedang memeriksa daftar dengan bagan kebijakan keselamatan pada mesin otomatis di industri minuman sebelum memulai proses produksi.
Untuk bekerja dengan izin tinggal Tokutei Gino No.1, diharapkan memiliki kemampuan bahasa Jepang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan dalam bahasa Jepang.
Ujian yang diakui untuk membuktikan tingkat kemampuan bahasa Jepang adalah sebagai berikut.

(a)

  JFT-Basic JLPT N4
Tingkat Kemampuan Bahasa Jepang Kemampuan untuk melakukan percakapan sehari-hari sampai tingkat tertentu dan tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari
Metode Ujian Sistem CBT Dengan menggunakan  lembar jawaban komputer
Lokasi Ujian Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, pernah dilaksanakan di Jakarta, Bandung,  Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta
Dilaksanakan di dalam dan luar Jepang
→ Di Indonesia, pernah dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, Palembang, Cirebon

(b) Selain itu, kamu juga diperbolehkan untuk membuktikan kemampuan Bahasa Jepang dengan mengikuti ujian yang diakui sebagai setara atau lebih tinggi dari level A2 dalam "Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang."

Baca juga : Syarat Tokutei Gino Harus Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang, Apa Itu?

Kesimpulan
Ujian keterampilan untuk bidang produksii makanan dan minuman telah pernah dilaksanakan di Indonesia. Untuk jadwal dan konten ujian di masa mendatang, harap periksa situs web Asosiasi Teknologi Industri Makanan dan Minuman Jepang dan lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.