Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino No.2: Syarat ① Perincian Pengalaman Kerja yang Ditentukan

Kompas.com - 27/Dec/2023, 18:57 WIB
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo
Lihat Foto
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo

OhayoJepang - "Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023" telah diadakan oleh Japan Building Maintenance Association, organisasi penyelenggara ujian teknis di Bidang Pembersihan Gedung, dan Japan Management Association di Tokyo dari 15 hingga 17 November. 

Acara tersebut dipenuhi oleh perusahaan yang ikut pameran dan perusahaan yang mengadakan seminar.

Untuk kali ini, kami akan memperkenalkan informasi berkaitan dengan "pengalaman kerja yang ditentukan", yang diperlukan untuk mendapatkan status kependudukan Tokutei Gino No.2 di bidang pembersihan gedung, berdasarkan penjelasan dalam seminarnya.

Baca juga: Tokutei Gino No. 2: Perbedaan antara Tokutei Gino No. 1 dan Tokutei Gino No. 2, Kemampuan Khusus yang Dibutuhkan untuk No. 2

Persyaratan 
Menurut penjelasan dari Mr.Yamaguchi dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial, ada dua jenis persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja asing untuk mendapatkan izin tinggal Tokutei Gino No.2 di bidang pembersihan gedung, yaitu "pengalaman kerja yang ditentukan" dan "lulus ujian yang ditentukan". Rincian akan dijelaskan di bawah ini.

Tabel 1 "Persyaratan untuk Mendapatkan Visa Keterampilan Khusus 2 di Bidang Pembersihan Gedung"

Persyaratan

Detail

(a) Pengalaman Kerja yang Ditentukan

Tenaga kerja asing diperlukan sudah memiliki pengalaman kerja (pengalaman manajemen) selama 2 tahun atau lebih dalam melakukan pekerjaan pembersihan sambil mengawasi beberapa pekerja di dalam bangunan tertentu atau di dalam bangunan yang telah diizinkan oleh Gubernur (kecuali tempat tinggal) berdasarkan UU Jepang (Act on Maintenance of Sanitation in Buildings).

(b) Lulus salah satu ujian berikut

Ujian Keterampilan Pembersihan Gedung Tingkat 1

atau

Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.2

Ujian Keterampilan Pembersihan Gedung Tingkat 1

➡ Karena ujian keterampilan itu sendiri adalah ujian berdasarkan UU Jepang (Vocational Abilities Development Promotion Act), pengalaman manajemen tidak diperlukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian. Namun, jika peserta ingin menggunakan ujian tersebut sebagai bukti untuk memenuhi persyaratan Tokutei Gino No.2, pengalaman kerja yang ditentukan perlu diakui oleh Japan Building Maintenance Association secara terpisah.

Ujian Evaluasi Tokutei Gino 2 (sedang disusun)

➡ (a) diperlukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian

Baca juga: Pembatasan Masa Berlaku Izin Tinggal di Jepang akan Dihapus untuk Status Visa ini, Seminar tentang Tokutei Gino No. 2

Pengalaman kerja yang ditentukan
Pengalaman kerja yang diperlukan mencakup pekerjaan pembersihan, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Rincian pengalaman kerja yang diperlukan yang diumumkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial adalah sebagai berikut.

Tabel 2 "Pengalaman Kerja Manajemen Lapangan yang Diakui sebagai Pengalaman Kerja yang Ditentukan"

Kategori Utama

Klasifikasi

Sub-Kategori

1.Pekerjaan Pembersihan

Wajib

(1)Pembersihan di dalam bangunan

2.Manajemen Pekerjaan

Pilihan

(1)Perencanaan pekerjaan

 

Wajib

(2)Manajemen pekerjaan

 

Pilihan

(3)Manajemen peralatan dan bahan

 

Pilihan

(4)Manajemen kualitas

 

Pilihan

(5)Manajemen kontraktor

3.Manejemen SDM

Pilihan

(1)Pendidikan karyawan

 

Wajib

(2)Manajemen tenaga kerja

 

Wajib

(3)Manajemen sanitasi dan keselamatan

4.Manajemen Keuangan

Pilihan

(1)Manajemen biaya

Semua kategori yang diklasifikasikan "wajib" dalam Tabel 2 perlu diselesaikan, sedangkan untuk kategori yang "pilihan", minimal 3 kategori diperlukan. Perlu diingat bahwa pengalaman kerja di luar negeri tidak akan diakui.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Mengenai Undang-Undang Ketenagakerjaan Jepang

Kesimpulan
Kami telah menjelaskan tentang "pengalaman kerja yang ditentukan" berdasarkan penjelasan yang diberikan dalam seminar. Untuk mendapatkan visa Tokutei Gino No.2, tidak hanya keterampilan pembersihan gedung yang diperlukan, tetapi juga kemampuan manajemen lapangan dan kemampuan bahasa Jepang yang tinggi. Meskipun hal ini memang menantang, dengan tidak menyerah dan meluangkan waktu untuk mendapatkan pengalaman yang cukup, rasa tanggung jawab dan kemampuan manajemen lapangan sebagai pemimpin akan berkembang. 

Pada artikel berikutnya, kami akan menjelaskan secara detail tentang ujian keterampilan, yang merupakan persyaratan diperlukan untuk mendapatkan status kependudukan Tokutei Gino No. 2.

Halaman:
Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.