Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino No. 2: Perbedaan antara Tokutei Gino No. 1 dan Tokutei Gino No. 2, Kemampuan Khusus yang Dibutuhkan untuk No. 2

Kompas.com - 25/Dec/2023, 19:20 WIB
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo Big Sight East Exhibition Hall 1-3
Lihat Foto
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo Big Sight East Exhibition Hall 1-3

OhayoJepang - "Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023" telah diadakan oleh Japan Building Maintenance Association, organisasi penyelenggara ujian praktik di Bidang Pembersihan Gedung, dan Japan Management Association di Tokyo dari 15 hingga 17 November. 

Acara tersebut dipenuhi oleh perusahaan yang ikut pameran dan perusahaan yang mengadakan seminar. Dalam seminar, program Tokutei Gino dijelaskan secara rinci oleh pejabat Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Sosial dan upaya konkret oleh suatu perusahaan yang menerima tenaga kerja asing telah diperkenalkan. Untuk kali ini, kami akan melaporkan bagian penjelasan tentang sistem Tokutei Gino No.2 oleh Mr. Yamaguchi, seorang pejabat Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Sosial.

Tujuan Program Tokutei Gino
Mr. Yamaguchi menjelaskan tentang program Tokutei Gino, "Program ini bertujuan untuk menerima tenaga kerja asing yang dapat segera berkontribusi di 12 bidang (14 jenis) industri di mana kekurangan tenaga kerja di Jepang." Program Tokutei Gino, yang telah berlalu lima tahun sejak pembentukannya, menarik perhatian baik dari dalam maupun luar Jepang karena bidang yang terdapat di sistem Tokutei Gino No.2 telah diubah pada 9 Juni tahun ini.

SDM yang Dibutuhkan sebagai Pekerja Tokutei Gino No.2
Mr. Yamaguchi menyebutkan hal-hal berikut sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan status kependudukan Tokutei Gino No.2.

- Pekerja dari luar Jepang yang bekerja di bidang yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.

- Pekerja yang memiliki kemampuan untuk lulus ujian khusus.

- Pekerja yang dapat melakukan pekerjaan yang spesialis dan teknis berdasarkan pertimbangan sendiri.

- Pekerja yang memiliki tingkat kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan keterampilan tingkat tinggi sambil memimpin rekan kerja sebagai pengawas

Lalu, apa perbedaan antara Tokutei Gino No.1 dan No.2?

Baca juga: Pembatasan Masa Berlaku Izin Tinggal di Jepang akan Dihapus untuk Status Visa ini, Seminar tentang Tokutei Gino No. 2

Perbedaan antara Tokutei Gino No.1 dan No.2
Pertama-tama, dalam status kependudukan yang disebut Tokutei Gino, ada dua jenis, yaitu No.1 dan No.2. Perbedaan konkret antara No.1 dan No.2 telah dijelaskan dalam "Mengenal Sistem Keterampilan Khusus Jepang untuk Pekerja Asing,” tetapi rincian pekerjaan yang terdapat dalam masing-masing jenis adalah sebagai berikut.

Halaman:
Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.