Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan ke Yokohama, Ayo Lakukan Perjalanan Waktu ke Masa Lalu!

Kompas.com - 7/Jan/2019, 09:26 WIB
Di kanan dan kiri gerbang Nio diletakkan patung Kongorikishi (patung Nio) yang merupakan aset budaya berbentuk Yokohama
Lihat Foto
Di kanan dan kiri gerbang Nio diletakkan patung Kongorikishi (patung Nio) yang merupakan aset budaya berbentuk Yokohama

OhayoJepang - Jika membicarakan mengenai sejarah Yokohama, banyak spot yang tepat untuk diperhatikan di distrik Naka-ku saat masih berjaya sebagai kota pelabuhan. Dengan mengelilingi “Yokohama-shi Santo no Dai Koko-kan (Yokohama Santono-dai Archaeological Museum)” pengunjung dapat melihat jejak desa dari zaman Jomon hingga Kofun.

Selain itu, pengunjung dapat mellihat “Gumyo-ji” atau kuil yang dikenal sebagai kuil tertua Yokohama dan “Sankeien” yang merupakan taman yang dibuka pada zaman Meiji. Jadi, kali ini mari kita coba berjalan ke masa yang lebih lampau sembari merasakan alur waktu yang terasa kekal.

Yokohama Santono-dai Archaeological Museum

Karena tiga buah rumah model Tateana (permukaan tanah digali beberapa centimeter dan diberi atap) mengalami penuaan, maka diputuskan untuk melakukan pembangunan ulang sampai musim semi tahun 2019. Selama dua bulan masa konstruksi, pengunjung bisa melihat dan mempelajari proses dari pemugaran hingga penyelesaian.

Rumah hasil restorasi yang menunjukkan ciri khas masing-masing dari zaman Jomon, Yayoi, dan Kofun
Rumah hasil restorasi yang menunjukkan ciri khas masing-masing dari zaman Jomon, Yayoi, dan Kofun

Pada tahun 30 Meiji ditemukan kaizuka atau sampah dapur dari kerang. Lalu, lewat penelitian penggalian pada tahun 36 Showa (1961), ditemukan sisa-sisa sekitar 270 buah rumah model Tateana dari zaman Jomon hingga zaman Kofun. Hingga akhirnya pada tahun 41 Showa (1966), lokasi penemuan ini dijadikan sebagai tanah bersejarah negara. Beberapa tahun kemudian, dibukalah museum arkeologi Yokohama Santono-dai.

Di ruang eksibisi ditunjukkan setiap jenis peninggalan sejarah hasil galian di tanah bersejarah Santono-dai
Di ruang eksibisi ditunjukkan setiap jenis peninggalan sejarah hasil galian di tanah bersejarah Santono-dai

Informasi Tempat:
Yokohama-shi Santo no Dai Koko-kan (Yokohama Santono-dai Archaeological Museum)
Alamat: Kanagawa-ken, Yokohama-shi, Isogo-ku, Okamura 4-11-22
Akses: dari pintu keluar no 1 stasiun Gyumo-ji (stasiun kereta bawah tanah Yokohama-shi) naik bus jurusan Mitsuga Oka Chuo atau bus sirkulasi Gyumo-ji sekitar 6 menit, lalu jalan kaki sekitar 3 menit dari halte bus Santono-dai Koen
Jam operasional: 09.00-17.00 | Oktober – Maret : 09.00-16.00 (tiap museum)
Hari libur: Senin (Selasa jika Senin libur nasional)
Biaya masuk: gratis
Parkir: 5 kendaraan (gratis)

Gumyo-ji

Bagian depan kuil adalah bangunan kuil utama beratap tembaga.
Bagian depan kuil adalah bangunan kuil utama beratap tembaga.

Kuil Gumyo-ji merupakan kuil Koyasan Shingon-shu (sekte dari Shingon-shu yang merupakan salah satu jenis agama Budha Jepang) yang dikenal sebagai kuil tertua di Yokohama. Nama kuil ini akhirnya menjadi nama kota dan nama stasiun. Sementara itu, distrik perbelanjaan bentuk arkade yang berada di depan gerbang kuil sekarang pun masih menyisakan keramaian khas pusat kota.

Selain itu, setiap bulan pada tanggal yang mengandung angka 8 diadakan “Goma Shugyo (ritual pembakaran)” dari jam 14.00. Kemudian pada tanggal yang mengandung angka 3 diadakan “Shoten Yokuyu Kito (doa yang diadakan dengan memandikan benda perwujudan dewa dengan minyak)” dari jam 11.30, dan acara lainnya.

Bagian depan kuil adalah bangunan kuil utama beratap tembaga. Saat perbaikan pada tahun 3 Meiwa (1766), bahan bangunan lama seperti papan lantai dan lainnya yang digunakan pada waktu dibangun oleh Misato Jonin (seorang pendeta) pun dipergunakan kembali.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.