Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tradisi Perayaan Hari Valentine di Jepang, Perempuan yang Memberi Cokelat untuk Laki-Laki

Kompas.com - 13/Feb/2023, 10:00 WIB
Di Jepang, perempuan yang memberikan cokelat untuk laki-laki di Hari Valentine
Lihat Foto
Di Jepang, perempuan yang memberikan cokelat untuk laki-laki di Hari Valentine

OhayoJepang - Hari Valentine (Hari Kasih Sayang) dirayakan dunia setiap tanggal 14 Februari. Tapi tahukah kamu, perayaan Valentine di Jepang berbeda dengan di negara lain?

Umumnya pada hari Valentine, laki-laki akan menyatakan perasaan cinta atau memberikan hadiah kepada perempuan yang disukai.

Tapi di Jepang saat hari Valentine, perempuan yang mengungkapkan perasaannya kepada laki-laki dengan memberikan permen cokelat.

Meski terdengar unik, tapi alasan tradisi valentine di Jepang ini memang sudah mengakar di masyarakat. Bagaimana awal mulanya?

Baca juga: Apa Bedanya Perayaan Valentine di Jepang?

Pemberian cokelat dari perempuan kepada laki-laki di hari Valentine disebut dengan tradisi 'honmei-choco' atau 'giri-choco'. Giri berarti kewajiban, Choco memiliki arti cokelat.

Honmei-choco adalah cokelat yang diberikan untuk pasangan misalnya untuk pacar atau suami.

Sedangkan giri-choco biasanya diberikan untuk rekan kerja, kolega, atau teman laki-laki. Hal ini seringkali diberikan sebagai ungkapan terima kasih.

Namun belakangan, para penjual cokelat mengatakan ada pergeseran tren di kalangan masyarakat Jepang.

Kini banyak orang membeli cokelat untuk dirinya sendiri (jiko-choco) atau untuk teman (tomo-choco).

Bahkan survei dari salah satu perusahaan riset menyebut, kini lebih dari 80 persen perempuan tak lagi mengikuti tradisi pemberian giri-choco. Selain karena mahal, tapi tradisi ini dianggap terlalu formalitas.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.