Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Industri Akomodasi di Jepang

Kompas.com - 16/Oct/2019, 22:02 WIB
Ilustrasi kamar hotel.
Ilustrasi kamar hotel.

OhayoJepang - Jepang merupakan negara maju untuk industri hospitalitas, terutama di industri akomodasi. Layanan pelanggan mereka di bidang ini diketahui sebagai layanan kelas dunia.

Hal ini karena di Jepang, keramahtamahan menyeluruh menjadi layanan terbaik yang disebut omotenashi dalam bahasa Jepang. Hal tersebut merupakan salah satu budaya penting dalam bidang hospitalitas Jepang.

Industri akomodasi merupakan salah satu bidang industri tambahan yang dibuka untuk pekerja asing pada jenis visa Pekerja Berketerampilan Spesifik dari 14 bidang yang tersedia. Dalam artikel ini akan dibahas topik-topik seperti deskripsi pekerjaan, lingkungan kerja, persyaratan keterampilan, prospek kerja, dan gaji.

Mau tau seperti apa rasanya bekerja di sebuah hotel di Jepang? Berikut liputannya. 

Baca: Kerja di Jepang, 14 Sektor Pekerjaan yang Membuka Lowongan untuk Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik

Apa yang dilakukan oleh karyawan hotel?

Ilustrasi karyawan hotel.
Ilustrasi karyawan hotel.

Seperti bidang perhotelan negara lain di dunia, departemen hotel di Jepang pun terbagi ke dalam Departemen Front Office, Departemen Housekeeping, dan Departemen Food and Beverage.

Departemen Front Office bertanggung jawab atas penerimaan tamu, Departemen Housekeeping bertanggung jawab atas pembersihan kamar, sedangkan Departemen Food and Beverage bertanggung jawab atas layanan makanan dan minuman. Masing-masing departemen memiliki peran yang berbeda.

Resepsionis front desk adalah wajah dari sebuah hotel. Selain front desk, tamu juga dapat menemukan staf lain di lobi, seperti relasi tamu yang menyambut tamu di pintu masuk, portir yang memandu tamu ke kamar mereka, dan concierge yang memberikan informasi tentang transportasi, jalan-jalan, dan restoran untuk makanan di luar.

Di restoran dan bar terdapat pelayan perempuan, pelayan laki-laki, dan bartender yang melayani tamu dengan makanan dan minuman. Di koridor, terkadang tamu bisa melihat pengurus hotel dengan trolinya yang penuh barang.

Ilustrasi karyawan hotel.
Ilustrasi karyawan hotel.

Ada juga banyak pekerjaan yang tidak dilihat oleh tamu misalnya, operator yang merespons pemesanan reservasi di pusat reservasi, seorang tenaga penjualan yang menjual kamar hotel.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.