Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Kerja di Jepang, 14 Sektor Pekerjaan yang Membuka Lowongan untuk Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik

Kompas.com - 28/Aug/2019, 20:37 WIB
ILUSTRASI - Bekerja di Jepang
ILUSTRASI - Bekerja di Jepang

OhayoJepang - Dalam artikel sebelumnya Ohayo Jepang telah membahas mengenai visa jenis baru yang diperkenalkan pemerintah Jepang pada April 2019 lalu yaitu Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik atau dikenal dengan Tokutei Ginou

Visa ini diberlakukan dengan harapan bertambahnya jumlah pekerja asing yang tinggal di Jepang dalam periode panjang. Hal ini diperlukan agar terpenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang untuk menopang berbagai industri.   

(Baca: Kerja di Jepang, Ini Perbedaan Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik dan Visa Pelatihan Magang Teknis)

Pada artikel kali ini, akan dibahas 14 sektor pekerjaan yang terdaftar dalam Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik secara lebih detail. Misalnya akan dibahas mengenai penanggung jawab secara hukum, isi pekerjaan, hingga jumlah klasifikasi ujian keterampilan yang ada dalam bidang tersebut.  

Jumlah klasifikasi ujian keterampilan merujuk pada jumlah tes yang ada di dalam satu sektor pekerjaan. Untuk bisa mendapatkan visa ini, pekerja asing diharuskan menguasai keterampilan tertentu yang ada di dalam satu sektor yang akan dilamar. 

1. Care Worker (Kaigo)

Isi pekerjaan bidang ini berupa perawatan fisik untuk lansia seperti memandikan, membantu saat makan atau buang air, serta menjaga mental dan fisik lansia yang diurus. Terdapat juga layanan bantuan tambahan seperti membantu jalan-jalan, berolahraga, dan lain sebagainya. Kunjungan ke rumah pasien (home visit) tidak termasuk ke dalam bidang ini. 

Jumlah klasifikasi ujian keterampilan kerja: 1

Jenis visa ini berada di bawah naungan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

2. Building Cleaning Management (Biru Kuriningu)

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.