Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Kerja di Jepang, Ini Perbedaan Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik dan Visa Pelatihan Magang Teknis

Kompas.com - 28/Aug/2019, 08:18 WIB
ILUSTRASI - Shibuya Crossing
ILUSTRASI - Shibuya Crossing

OhayoJepang - Jepang memiliki banyak jenis visa kerja yang diberlakukan untuk orang asing untuk bekerja di Jepang, seperti diantaranya adalah visa Pekerja Berketerampilan Spesifik (PBS) yang baru-baru ini diresmikan oleh pemerintah Jepang dan visa Pelatihan Magang Teknis (PMT) yang telah ada di Jepang sejak lama. Pada dasarnya kedua visa ini merupakan sesuatu yang berbeda, tetapi sering kali dibanding-bandingkan karena memang sekilas terlihat mirip satu sama lainnya. 

Dalam artikel ini kami akan membahas perbedaan antara visa PMT dan visa PBS. 

  Pelatihan Magang Teknis Pekerja Berketerampilan Spesifik
Tanggal diberlakukan 1 April 1995 April 2019
Tujuan Transfer keterampilan Memenuhi kebutuhan SDM di Jepang
Status Magang Bekerja
Masa Tinggal Max. 5 tahun Jenis:  -PMT (i): 1 tahun  -PMT (ii): 2 tahun -PMT (iii): 2 tahun  Min. 5 tahun Jenis: -PBS (i): 5 tahun -PBS (ii): tidak dibatasi
Membawa Keluarga Tidak boleh -PBS (i): Tidak boleh -PBS (ii): Boleh
Jenis Pekerjaan 80 bidang pekerjaan
*per 16 November 2018
-PBS (i): 14 sektor pekerjaan -PBS (ii): 2 sektor pekerjaan *per 27 November 2018
Training Diwajibkan  (periode training berbeda tergantung industri) Tidak diwajibkan
Biaya  Biaya training dengan biaya hidup, biaya pendaftaran, biaya perjalanan dari dan ke Jepang. Optional  (Terdapat beberapa pengeluaran, namun tidak diwajibkan)
Syarat Tidak ada  (kecuali careworker yang minimal harus lulus Tes JLPT level N4)  Ada Lulus uji keterampilan dan Tes Bahasa Jepang (kecuali careworker harus mengikuti tiga ujian, yaitu uji keterampilan, uji kemampuan berbahasa Jepang khusus careworker, dan tes Bahasa Jepang)
Pindah Kerja Tidak bisa (kecuali ada masalah dengan perusahaan, ada kalanya pemagang diperbolehkan pindah) Bisa  (selama dalam sektor pekerjaan yang sama)

Tabel dibuat berdasarkan data pada Ministry of Japan

Tujuan dan Status

Visa PMT pertama kali diperkenalkan pada 1 April 1995 dengan tujuan “transfer” keterampilan, pengetahuan dan teknologi untuk promosi kerjasama internasional dengan berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia. Para pemagang akan memperoleh dan mengembangkan kemampuan yang sulit untuk dilakukan saat mereka berada di negara asalnya. 

Disisi lain, visa PBS yang mulai diberlakukan sejak April 2019 bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang yang berkurang akibat populasi anak muda yang terus menurun setiap tahunnya. Orang asing yang bekerja dengan visa ini akan mendapat status sebagai pekerja dan mendapatkan gaji serta kesejahteraan (berbeda sesuai dengan jenis industri dan pengalaman kerja) yang sama seperti dengan pekerja Jepang. 

Masa Tinggal dan Keluarga

Untuk masa tinggal, PMT memiliki masa tinggal maksimal lima tahun dengan pembagian PMT (i) selama satu tahun, dilanjutkan dengan PMT (ii) selama dua tahun, dan PMT (iii) selama dua tahun. Selama masa pemagangan, mereka tidak diperbolehkan untuk membawa keluarganya ke Jepang. 

Sedangkan PBS terbagi ke dalam dua jenis, yaitu PBS (i) dengan masa tinggal maksimal lima tahun, dan PBS (ii) tanpa batasan masa tinggal dan diperbolehkan untuk membawa anggota keluarganya ke Jepang. Pemegang visa PBS (i) masih belum diperbolehkan untuk membawa keluarga.

Jenis Pekerjaan, Syarat, dan Biaya

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.