Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cara Menghadapi Wawancara Kerja di Jepang.

Kompas.com - 14/Oct/2019, 13:30 WIB
Ilustrasi wawancara.
Ilustrasi wawancara.

OhayoJepang - Jepang terkenal akan sejarah, budaya, dan tradisinya yang kaya. Setiap kali memeriksa informasi tentang budaya Jepang, dapat dipastikan bahwa kita selalu dapat menemukan artikel tentang banyak aturan yang tidak terucapkan dalam masyarakat Jepang. Misalnya saat pergi ke wawancara kerja.

Kita dapat melihat bahwa sebagian besar orang asing akan mencoba melihat di internet "to-dos" dan "not-to-dos" dan sering kali itu bisa sangat membantu, seperti ketuk pintu tiga kali sebelum memasuki ruangan, jangan memasuki ruangan sampai mendengar pewawancara berkata "Douzo!", atau waktu yang tepat untuk menunduk.

Sebelum kamu mencoba mengingat langkah-langkah ini, berikut saran dari senior di Jepang dan orang asing tentang hal-hal yang penting selama wawancara.

Pakaian

A: Beberapa perusahaan ada yang meminta kamu untuk mengenakan pakaian smart-casual agar terkesan santai dan membiarkan mereka melihat siapa kamu sebenarnya. Sangat penting untuk mencocokkan pakaian tergantung pada budaya masing-masing perusahaan.

Resume

B: Sebagai orang asing, dibutuhkan banyak usaha untuk membuat resume sebelum melakukan wawancara. Salah satu kesalahan yang mungkin terjadi, yaitu mencoba untuk menyempurnakan resume dengan menggunakan kata-kata Jepang yang sulit.

Hal itu tidak selalu baik terutama saat kemampuan bahasa kamu berbeda dari tulisannya. Meskipun meminta bantuan dari agen untuk mengedit tulisan merupakan hal yang baik, pastikan ketika ditanya saat wawancara dapat berbicara semua tulisan di resume kamu.

Ketepatan Waktu

C: Kita semua tahu datang terlambat tidak dapat diterima, tetapi apakah kamu tahu bahwa datang terlalu awal mungkin juga tidak baik? Karena pewawancara juga memiliki tugas untuk diselesaikan dan jadwal yang harus diikuti.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.