Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Panduan Makan Sushi yang Benar dan Fakta Menarik Seputar Sushi

Kompas.com - 1/Jul/2019, 19:21 WIB
Makan sushi
Lihat Foto
Makan sushi

OhayoJepang - Baik sekadar berlibur ke Jepang atau memang menetap di negara ini, sushi adalah salah satu hidangan khas Jepang yang selalu ingin dicoba semua orang yang datang ke Jepang. Makan sushi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang tidak biasa memakan makanan mentah. 

Namun pelan-pelan, sushi sudah menjadi makanan favorit bagi masyarakat dunia. Belakangan makan sushi sudah menjadi rutinitas banyak orang sampai-sampai terbentuk kebiasaan untuk pergi makan ke restoran sushi

Di Jepang, sangat mudah menemukan jaringan restoran sushi modern dan mereka kerap mengembangkan menu yang ditawarkan. Namun, restoran sushi lokal yang menyajikan sushi dengan cara tradisional masih eksis hingga sekarang. Menikmati sushi di restoran sushi lokal yang tradisional, patut dicoba sebagai sebuah pengalaman menyantap sushi yang sesungguhnya.

Dengan begitu banyaknya pilihan restoran sushi, kamu bisa-bisa bingung memilihnya. Jadi apa perbedaan di antara restoran-restoran sushi yang ada di Jepang?

Secara sederhana, restoran sushi yang menyajikan sushi di ban berputar (conveyor belt) disebut sebagai tempat makan kaitenzushi. Ini biasanya jaringan restoran sushi dan menawarkan sushi dengan harga yang murah. 

Biasanya restoran kaitenzushi menyediakan sushi yang tidak tradisional, jadi biasanya menggabungkan bahan-bahan yang beragam seperti potongan bawang bombay, alpukat, keju, dan mayonaise.

Sementara itu, restoran sushi lokal (biasanya lebih berkelas) atau sushiya merupakan restoran sushi bergaya bar. Di dalam restoran sushi jenis ini, koki sushi profesional bekerja di belakang meja bar saat menyiapkan sushi tradisional. Sushi tradisional berarti hanya menggunakan dua bahan utama yaitu shari atau nasi bercuka dan neta atau bahan yang digunakan di atas nasi (topping). 

Berbeda dengan harga di kaitenzushi, harga sushi di sushiya lebih mahal. Harga mahal ini karena bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Selain itu, ongkos lebih mahal karena dilayani langsung oleh koki sushi yang memiliki keahlian tingkat tinggi. 

(BACA: Restoran Sushi di Tokyo Kenalkan Sistem "Conveyor Belt" yang Canggih, Seperti Apa Keunikannya?)

Setelah kamu menentukan jenis restoran sushi yang ingin didatangi, berikut kami sarankan beberapa tips agar pengalaman kamu makan sushi di Jepang lebih berkesan. 

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.