Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Aturan menyapa Atasan dan Teman kerja dalam Bahasa Jepang, Jangan Sampai Salah!

Kompas.com - 9/May/2024, 16:33 WIB
undefined
Lihat Foto
undefined

OhayoJepang - Kesalahan dalam bekerja sering kali dialami oleh karyawan baru, apalagi jika kamu adalah orang asing yang bekerja di perusahaan Jepang.

Bahkan individu yang paling siap dan berpengalaman pun masih bisa melakukan kesalahan karena kendala bahasa, perbedaan pemahaman akan budaya, atau karena tidak mengetahui hal mana yang lebih baik. 

Dalam seri ini, Ohayo Jepang akan membahas tentang kesalahan bahasa yang dialami di tempat kerja.

Pengucapan salam sering dilakukan oleh orang Jepang, terutama di lingkungan kantor. Orang-orang akan saling mengucapkan selamat pagi (ohayo gozaimasu) atau kerja bagus hari ini (otsukare sama desu) secara rutin. 

Pengucapan salam menandai kesan yang baik, dan menstimulasi persahabatan dan vitalitas di kantor.

Namun tahukah kamu bahwa sapaan di dalam suatu perusahaan terkadang bisa berbeda dengan sapaan yang dilakukan kepada orang di luar perusahaan? 

Jika melakukan kesalahan dalam menggunakan sapaan, tanpa disadari, kamu bisa menciptakan jarak dengan atasan atau kolega. 

Untuk memahaminya kita perlu mengetahui konsep uchi dan soto terlebih dahulu.

Uchi dan soto 

Dalam konsep budaya Jepang tentang "uchi" (内, artinya "di dalam") dan "soto" (外, artinya "luar") merupakan hal mendasar dalam memahami dinamika sosial dan hubungan interpersonal di Jepang. 

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.