Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengapa Orang Jepang Suka Makan Telur Mentah? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 8/May/2024, 10:59 WIB
undefined
Lihat Foto
undefined

OhayoJepang - Orang Jepang sangat suka makan telur mentah. Bahkan, mereka punya menu sarapan khas yakni, nasi putih dengan telur mentah yang dicampur kecap asin, bernama tamago kake gohan (TKG).

Lalu, kenapa orang Jepang sangat suka makan telur mentah? Berikut alasannya.

1. Peraturan khusus peternakan ayam petelur di Jepang 

Di beberapa negara, kekhawatiran tentang makan telur mentah adalah hal yang wajar. Risiko keracunan bakteri samonella dari telur mentah bisa menimbulkan penyakit diare yang bisa berlangsung selama 4-7 hari. Kasus yang lebih parah bahkan bisa berakibat fatal.

Nah, Jepang, telah menemukan metode untuk memastikan cara mengonsumsi telur mentah dengan aman. Dilansir dari Tsunagu Japan, Negara Jepang menerapkan prosedur dan peraturan yang ketat untuk produksi telur. 

Hal ini dilakukan untuk meminimalkan keracunan salmonella dari telur. 

Peraturan sanitasi untuk peternakan ayam Jepang lebih ketat daripada di negara lain, peternak ayam Jepang memakai lebih banyak alat pelindung saat memasuki kandang. 

Tindakan pencegahan ekstra juga dilakukan untuk mencegah ayam bersentuhan dengan sumber penularan seperti burung liar, serangga, dan hewan lainnya. 

Baca juga : 4 Alasan yang Membuat Harga Buah di Jepang Jadi Mahal

Cara ini membuat kemungkinan ayam terinfeksi salmonella lebih rendah dan telur pun tidak tercemar. 

2. Pengujian telur secara keseluruhan 

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.