Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Januari-Maret 2024 Turis yang Berkunjung ke Jepang Mencapai 8,56 Juta Orang

Kompas.com - 2/May/2024, 13:07 WIB
Toko yang menjual barang diskon dan harga murah, salah satunya di Akihabara
Lihat Foto
Toko yang menjual barang diskon dan harga murah, salah satunya di Akihabara

OhayoJepang - Berdasarkan data Organisasi Pariwisata Nasional Jepang, turis yang datang ke Negeri Sakura sejak Januari-Maret 2024 telah mencapai 8,56 juta orang.

Jika angkanya konsisten, maka kemungkinan Jepang bisa mencapai rekor pengunjung pra pandemi yakni, 32 juta turis pada tahun 2025. 

“Jika kita melanjutkan dengan kecepatan ini, kita dapat memperkirakan jumlah pengunjung yang masuk dan jumlah pengeluaran akan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2024, melampaui target yang telah kita tetapkan untuk tahun 2025,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida dalam pertemuan tingkat menteri.

Wisatawan asing juga menghabiskan ¥1,8 triliun selama periode Januari-Maret, yang berarti sekitar ¥210,000 per orang per kunjungan. 

Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi karena semakin banyak orang yang tinggal lebih lama di Jepang akibat melemahnya yen.

Baca juga : Turis Berlebihan, Pemerintah Jepang akan Tutup Pemandangan Gunung Fuji di Spot Ini

Jepang juga memecahkan rekor jumlah pengunjung asing sebesar 3,08 juta orang pada bulan Maret, melampaui rekor tertinggi sebelumnya sebesar 2,99 juta orang pada bulan Juli 2019, kata JNTO seperti dikulip dari The Japan Times.

Lonjakan jumlah tersebut disebabkan oleh libur Paskah pada bulan Maret, yang menarik banyak wisatawan dari negara-negara Barat seperti Australia dan Amerika Serikat.

Ditambah lagi daya tarik musim bunga sakura yang memesona.

Pada tahun 2023, sekitar 25 juta pengunjung datang ke Jepang, menghabiskan biaya sebesar ¥5,3 triliun, dengan rata-rata satu wisatawan menghabiskan sekitar ¥210,000 per kunjungan.

Angka tersebut telah melampaui target – yang ditetapkan sebesar total ¥5 triliun dan rata-rata ¥200,000 – yang telah ditetapkan untuk tahun 2025 dalam strategi dan tujuan pariwisata pemerintah, yang dirancang pada tahun 2023.

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.