Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Ini Panduan Mencoba Sauna di Jepang

Kompas.com - 15/Oct/2019, 21:56 WIB
Ilustrasi sauna di Jepang.
Ilustrasi sauna di Jepang.

OhayoJepang - Musim panas di Jepang bisa sangat panas dan gerah. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi rasa panas ini.

Bagi beberapa pria, mereka akan mengunjungi sauna sebagai cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran mereka. Kegiatan ini tidak hanya membantu melawan panas musim panas, tetapi juga menjaga tubuh dalam kondisi terbaik.

Ingin tahu apa yang membuat sauna begitu istimewa? Aoyama, yang akan menjadi model di artikel ini, akan berbagi pengalamannya tinggal di "oasis orang yang bekerja" atau sauna.

Ilustrasi mengunjungi sauna di Jepang.
Ilustrasi mengunjungi sauna di Jepang.

Akasaka adalah salah satu kawasan bisnis paling terkemuka di Tokyo. Banyak pebisnis yang, datang dan pergi ke daerah ini. Sauna Resort Oriental terletak di lantai dua Centurion Hotel Grand Akasaka.

Ilustrasi mengunjungi sauna di Jepang.
Ilustrasi mengunjungi sauna di Jepang.

Tempat ini berjarak dua menit berjalan kaki dari Stasiun Akasaka-mitsuke dan tiga menit berjalan kaki dari Stasiun Akasaka.

Sesuai dengan namanya, fasilitas ini dirancang untuk memiliki nuansa bergaya Jepang. "Mengunjungi resort yang ada di tengah kota saja sudah memberikan efek penyembuhan pada saya," kata Aoyama. "Saya senang mencoba sauna juga!" lanjutnya. Manajer Mr. Matsumoto menjelaskan kepadanya dasar-dasar penggunaan sauna.

Sebelum sauna, disarankan untuk minum.
Sebelum sauna, disarankan untuk minum.

“Pertama, hidrasi itu penting. Saat memasuki sauna, tergantung orangnya, seseorang dapat berkeringat sekitar 200-400cc dalam 10 menit. Karena itu, hidrasi sangat penting sebelum masuk. Sebelum memasuki sauna, harus mandi terlebih dahulu. Berapa lama kamu bisa diam di dalam sauna itu tergantung pada kondisi fisik kamu. Konsultasikan terlebih dahulu bila diperlukan. Namun, pedoman umumnya adalah 10 menit. Setelah keluar dari sauna, basuh keringat kamu sebelum memasuki area mandi. Membasuh keringat kamu terlebih dahulu adalah etiket yang baik, kata Mr. Matsumoto.

“Pedoman penggunaan kamar mandi disebutkan hanya dua menit. Ketika kamu keluar dari kamar mandi, duduk di kursi dan istirahatkan pikiran dan tubuh kamu. Waktu standar untuk istirahat adalah lima menit. Bagi sebagian orang, melakukan tiga set siklus sauna-mandi-istirahat dapat mereset kondisi tubuh kamu. ”lanjut Mr. Matsumoto.

Sekarang kita semua sudah siap, mari kita coba sauna.

Ilustrasi mencoba sauna di Jepang.
Ilustrasi mencoba sauna di Jepang.

Sama seperti setiap orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sauna juga memiliki ciri khas nya sendiri. Suhu, kelembaban, dan suhu mandi berbeda di setiap tempat. Sangat penting bahwa orang mencari sauna yang cocok dengan mereka.

Di Sauna Resort Oriental, mereka menyediakan sauna dengan suhu tinggi yang memiliki suhu rata-rata 105 derajat celsius hingga 110 derajat celsius dan mandi air dingin sekitar 15 derajat celsius.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.