Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Lengkap Menggunakan Sumpit di Jepang

Kompas.com - 21/Jul/2019, 10:22 WIB
Cara Mengggunakan Sumpit dengan Benar
Cara Mengggunakan Sumpit dengan Benar

OhayoJepang - Saat berkunjung ke suatu negara, ada baiknya kita mengetahui dan melakukan tata krama sesuai tradisi negara tersebut. Di Jepang, sumpit digunakan untuk makan sehari-hari. Namun ada aturan dan makna tertentu dari pengguaan sumpit.

Banyak orang Jepang yang tidak tahu cara menggunakan sumpit dengan benar. Walau begitu, sebaiknya kamu mengetahui cara memegang dan menggunakan sumpit. Selain menghormati adat setempat, kamu juga tidak akan merasa malu. Karena, cara-cara tertentu saat menggunakan sumpit yang tidak tepat, dapat membuat orang di sekitar kamu menjadi tidak nyaman.

Cara Memegang Sumpit

Pertama, angkat sumpit dengan tangan kanan Anda. Sekarang taruh tangan kiri Anda di bawah sumpit, tanpa menyentuh ujung sumpit. Lalu pegang sumpit dengan tangan kanan Anda. Untuk selengkapnya cara memegang dan menggunakan sumpit, simak artikel: "Cara Mengggunakan Sumpit dengan Benar".

Perilaku Buruk Saat Menggunakan Sumpit

Di Jepang ada istilah “Kiraibashi” atau perilaku terlarang saat menggunakan sumpit. Hindari melakukan Kiraibashi agar pengetahuan kuliner Anda semakin kaya. Di sini, kami akan memberikan contoh-contoh salah yang kerap dilakukan orang, bahkan termasuk orang Jepang sendiri. Selengkapnya di artikel: "Perilaku Buruk Saat Menggunakan Sumpit"

Cara Memakai Sumpit Sekali Pakai

Kita sering melihat sumpit sekali pakai di restoran-restoran yang berada di Jepang. Berikut adalah instruksi cara menggunakan “waribashi” atau sumpit sekali pakai. Sumpit jenis ini sering dipakai di banyak restoran di Jepang. Berikut cara menggunakannya: "Bagaimana Cara Menggunakan Sumpit Sekali Pakai?"

Jika Tak Bisa Memakai Sumpit

Jika tidak percaya diri dengan keahlian Anda menggunakan sumpit, Anda bisa minta sendok dan garpu pada pelayan. Hampir semua restoran di Jepang akan dengan senang hati memberikan Anda sendok dan garpu. Bagaimana cara memintanya? Simak artikel: "Susah Menggunakan Sumpit? Ini yang Harus Anda Lakukan Saat di Jepang"

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR