Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Yuk, Kenalan dengan 4 Kota di Jepang yang Jadi Tuan Rumah Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 12/Jul/2019, 21:04 WIB
Kota Yokote, Prefektur Akita
Kota Yokote, Prefektur Akita

OhayoJepang - Ada banyak kisah menarik dari persiapan ajang olahraga internasional, Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade. Salah satunya sebuah program spesial yang disebut “Host Town Initiative” atau Inisiatif Tuan Rumah. Tujuan program ini adalah menghubungkan penduduk lokal warga Jepang dengan negara asing yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA: Keren, Orang Jepang Bakal Ikut Bersorak Semangati Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Setiap kota yang menjadi tuan rumah bertanggung jawab dalam mendukung tim nasional negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020. Warga lokal juga didorong untuk melakukan beragam aktivitas termasuk pertukaran budaya, ekonomi, maupun kemanusiaan. Hal ini diharapkan dapat membentuk hubungan jangka panjang.

Misalnya penduduk lokal kota yang menjadi tuan rumah akan mencoba makan kuliner khas negara tersebut dengan menjadikannya menu makan siang di sekolah. Penduduk lokal juga akan mempelajari tarian tradisional dari negara tersebut.

Sebaliknya, penduduk lokal akan membuat pentas budaya Jepang ketika atlet dan pejabat pemerintahan dari negara tersebut bertandang ke kota tuan rumah dan tentu saja mengadakan pesta penyambutan dan pelepasan tim nasional negara tersebut.

Khusus untuk tim Indonesia, akan ada 4 daerah atau kota yang terdaftar menjadi tuan rumah. Mereka akan menyoraki penuh semangat untuk tim dan atlet dari Indonesia yang tampil di pertandingan Olimpiade Tokyo 2020. Mari berkenalan dengan keempat kota tersebut.

Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

Hubungan persahabatan antara Kesennuma dengan Indonesia terbentuk setelah gempa bumi yang terjadi di Jepang timur pada tahun 2011. Presiden Indonesia pada era tersebut yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi kota Kesennuma dan menyumbangkan donasi sebesar 2 juta dollar AS sebagai dana rekonstruksi.

Apa menariknya kota ini? Simak artikel berikut: "Berkenalan dengan Kota Kesennuma, Salah Satu Kota Tuan Rumah untuk Indonesia Saat Olimpiade 2020"

Kota Yokote, Prefektur Akita

Kota Yokote telah melakukan pertukaran budaya dengan Indonesia, mempromosikan kamakura. Dalam bidang olahraga, seorang pelatih Indonesia memimpin tim badminton dari Hokuto Bank. Ia juga berperan besar dalam mengundang tim Indonesia yang akan masuk dalam pusat pelatihan pra-pertandingan Olimpiade di Yokote.

Ada festival salju yang menarik di Yokote, seperti apakah? Simak artikel berikut: "Berkenalan dengan Kota Yokote di Jepang, Kota yang Jadi Tuan Rumah Atlet Indonesia Saat Olimpiade Tokyo"

Kota Machida, Tokyo

Pada tahun 2017 dan 2018, atlet Paralimpiade dari Indonesia melakukan pelatihan pra pertandingan di kota Machida. Mereka berinteraksi dengan murid sekolah dasar dan sekolah menengah. Rencananya tepat sebelum Olimpiade Tokyo, para atlet Olimpiade cabang badminton, karate, dan atlet badminton untuk Paralimpiade, akan masuk pusat pelatihan di kota Machida.

Kota Machida terkenal dengan berbagai kuliner yang lezat, seperti apakah? Simak artikel "Uniknya Kota di Tokyo yang Dikelilingi Perkebunan, Tuan Rumah untuk Atlet Indonesia di Olimpiade 2020"

Kota Kumamoto, Prefektur Kumamoto

Indonesia dan kota Kumamoto sudah saling menyelenggarakan pertandingan dan saling mengirim atlet serta pelatih. Pada tahun 2018, ditandatangani persetujuan dengan adanya pusat pelatihan pra pertandingan untuk Olimpiade Tokyo yang akan diisi atlet Indonesia. Kota Kumamoto pun bersiap-siap menyambut tim nasional Indonesia, salah satunya dengan memasuk dan menyajikan makanan ramah Muslim.

Ada istana indah Kumamoto wajib dikunjungi, seperti apakah? Simak artikel: "Makan Daging Kuda di Kumamoto, Ini Uniknya Kota Tuan Rumah untuk Atlet Indonesia Saat Olimpiade 2020"

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR