Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berkenalan dengan Kota Kesennuma, Salah Satu Kota Tuan Rumah untuk Indonesia Saat Olimpiade 2020

Kompas.com - 4/Jul/2019, 08:15 WIB
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

 

OhayoJepang - Di antara begitu banyak kisah di belakang layar dari Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade, kami akan mengulas inisiatif program Host Town atau kota tuan rumah. Host Town ini bertujuan menghubungkan penduduk lokal kota Jepang dengan negara yang berpartisipasi pada Tokyo Games.

(Baca: Keren, Orang Jepang Bakal Ikut Bersorak Semangati Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020)

Dalam artikel sebelumnya, kami memperkenalkan empat kota kecil: kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, kota Yokote di Prefektur Akita, kota Machida di Tokyo, dan kota Kumamoto di Prefektur Kumamoto.

Dalam artikel ini, mari kita jelajahi kota Kesennuma yang memiliki hubungan kuat dengan Indonesia sejak Gempa Bumi Besar Jepang Timur.

Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

Lokasi

Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

Kota kecil ini berada di bagian utara dari Prefektur Miyagi, berada di perbatasan dengan Prefektur Iwate dan menghadap Samudra Pasifik di sisi timurnya. Kota Kesennuma berada di area Tohoku. Perlu waktu empat jam dengan Tohoku Shinkansen (turun di Stasiun Ichinoseki) dan bus ekspres.

Jika naik bus dari stasiun Ikebukuro station di Tokyo dilanjutkan bermalam dalam bus tol Kesen Liner, maka waktu tempuh sekitar tujuh jam. 

Hubungan dengan Indonesia

Hubungan persahabatan antara Kesennuma dengan Indonesia terbentuk setelah gempa bumi yang terjadi di Jepang timur pada tahun 2011. Presiden Indonesia pada era tersebut yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi kota Kesennuma dan menyumbangkan donasi sebesar 2 juta dollar AS sebagai dana rekonstruksi. 

Sebagian dari dana tersebut dipakai untuk membangun Perpustakaan Kesennuma. Untuk menghargai kebaikan pemerintah Indonesia tersebut, area buku anak-anak di perpustakaan ini diberi nama sesuai presiden Indonesia pada masa itu. 

Kota Kesennuma pun mengundang anak-anak Indonesia untuk mengobservasi reruntuhan maupun situasi terkini dari kota tersebut. Ada beberapa orang Indonesia yang memang menetap di kota ini dan Kesennuma mengundang duta besar Indonesia di Jepang serta anak-anak untuk berpartisipasi dalam festival lokal. Bahkan, ada beberapa orang Indonesia yaitu pemagang teknis yang bekerja di kota tersebut. 

Dalam bidang pariwisata, kota Kesennuma berharap semakin banyak turis Indonesia yang datang ke kota tersebut. Agar harapan ini tercapai, Kesennuma kerap mengundang biro perjalanan wisata asal Indonesia untuk mengikuti familiarization trips.

Selama Olimpiade Tokyo, anak-anak yang merupakan warga lokal akan menyemangati tim Indonesia. Setelah Olimpiade Tokyo, tim nasional Indonesia akan berinteraksi dengan warga lokal kota Kesennuma. 

Panorama yang belum terlalu dikenal

Gunung Tokusenjosan disebut-sebut memiliki panorama hamparan bunga azalea terbaik di Jepang. 

Kuliner lokal nan lezat

Tiram
Tiram

Karena Kesennuma merupakan kota pelabuhan, kamu bisa menikmati seafood segar. Tiram dan sirip hiu merupakan boga laut paling populer dari Kesennuma. 

Hidangan khas Kesennuma
Hidangan khas Kesennuma

Jika berencana liburan ke Jepang, coba pertimbangkan Kesennuma dimasukan dalam itinerary perjalanan kamu. 

Provided by Karaksa Media Partner (31 Mei 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR