Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berkenalan dengan Kota Kesennuma, Salah Satu Kota Tuan Rumah untuk Indonesia Saat Olimpiade 2020

Kompas.com - 4/Jul/2019, 08:15 WIB
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

 

OhayoJepang - Di antara begitu banyak kisah di belakang layar dari Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade, kami akan mengulas inisiatif program Host Town atau kota tuan rumah. Host Town ini bertujuan menghubungkan penduduk lokal kota Jepang dengan negara yang berpartisipasi pada Tokyo Games.

(Baca: Keren, Orang Jepang Bakal Ikut Bersorak Semangati Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020)

Dalam artikel sebelumnya, kami memperkenalkan empat kota kecil: kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, kota Yokote di Prefektur Akita, kota Machida di Tokyo, dan kota Kumamoto di Prefektur Kumamoto.

Dalam artikel ini, mari kita jelajahi kota Kesennuma yang memiliki hubungan kuat dengan Indonesia sejak Gempa Bumi Besar Jepang Timur.

Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

Lokasi

Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi
Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi

Kota kecil ini berada di bagian utara dari Prefektur Miyagi, berada di perbatasan dengan Prefektur Iwate dan menghadap Samudra Pasifik di sisi timurnya. Kota Kesennuma berada di area Tohoku. Perlu waktu empat jam dengan Tohoku Shinkansen (turun di Stasiun Ichinoseki) dan bus ekspres.

Jika naik bus dari stasiun Ikebukuro station di Tokyo dilanjutkan bermalam dalam bus tol Kesen Liner, maka waktu tempuh sekitar tujuh jam. 

Hubungan dengan Indonesia

Hubungan persahabatan antara Kesennuma dengan Indonesia terbentuk setelah gempa bumi yang terjadi di Jepang timur pada tahun 2011. Presiden Indonesia pada era tersebut yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi kota Kesennuma dan menyumbangkan donasi sebesar 2 juta dollar AS sebagai dana rekonstruksi. 

Sebagian dari dana tersebut dipakai untuk membangun Perpustakaan Kesennuma. Untuk menghargai kebaikan pemerintah Indonesia tersebut, area buku anak-anak di perpustakaan ini diberi nama sesuai presiden Indonesia pada masa itu. 

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.