Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Rasakan Lezatnya Paduan "Nyuumen" Shimabara

Kompas.com - 26/Sep/2018, 10:28 WIB
“Ebi Nyuumen” dengan harga 900 yen
Lihat Foto
“Ebi Nyuumen” dengan harga 900 yen

OhayoJepang - “Udon Izakaya Tsuru” terletak di Fukuoka-shi, Hakata-ku, Nakasu, Jepang, yang didirikan di pinggiran sungai Hakata-gawa. Tempat ini merupakan sister shop dari washoku-izakaya (restoran masakan Jepang dan minuman beralkohol) “Grulla” yang berada di Hirao.

Di sini disajikan hidangan yang menggunakan dashi (kaldu dari ikan dan rumput laut) yang dibuat dengan penuh kehati-hatian. Hidangan ini juga populer di restoran Grulla yang menyambut tahun kelima pada bulan Juli 2018.

“Meskipun ada banyak jenis bahan mentah yang digunakan seperti kombu (rumput laut), pemilik restoran memilih bahan yang akan digunakan satu per satu. Karena sudah ada banyak restoran yang menyajikan masakan dengan rasa yang kuat, saya ingin menyajikan makanan yang bahkan bisa dirasakan kelezatannya dari dashi-nya”, kata kepala restoran Tamae Kaiji-san.

Mi tipis dan bisa diseruput lancar

Hal yang mengikat kelezatan bahan mentah yang digunakan di sini seperti tuna Makurazaki, konbu  Rishiri, jamur shiitake kering, ikan terbang adalah udon Shimabara dan nyuumen Shimabara.

“Karena kota ini adalah kota bar, saya pikir bukankah mi tipis yang bisa diseruput lancar yang seperti membuat orang ingin memakannya meskipun setelah minum alkohol itu adalah hal bagus, ” kata Tamae-san.

Untuk “Ebi Nyuumen” (mi putih dan bahan lainnya direbus di kaldu) dimasukkan tahu goreng tipis, konbu ubi parut, dan tenshi no ebi (Angel Shrimp) yang dibiakkan di Kaledonia Baru dengan air laut yang aman tanpa menggunakan zat aditif. Hidangan ini dijual dengan harga 900 yen. Larutkan miso dari udangnya lalu makan, maka akan muncul rasa yang berbeda lagi.

“Kare Udon” dengan harga 1000 yen yang menggabungkan dashi dan kare yang proses pembuatannya memakan waktu selama 5 hari
“Kare Udon” dengan harga 1000 yen yang menggabungkan dashi dan kare yang proses pembuatannya memakan waktu selama 5 hari

Selain itu, mulai musim ini direkomendasikan udon dengan kelezatan dashi yang lebih mendalam, seperti “Kare Udon” seharga 1.000 yen dan hiyashi-somen (mi putih dingin) atau udon seharga 500 yen yang direndam ke mentsuyu (bumbu dapur dari dashi, kecap asin, sake manis, gula) yang hanya ada pada musim panas saja.

Menggunakan mi udon Shimabara atau nyuumen dengan ciri khas tipis dan kenyal
Menggunakan mi udon Shimabara atau nyuumen dengan ciri khas tipis dan kenyal

Masakan yang dibuat dengan rinci

Tidak hanya dashi, hampir semua masakan dibuat dengan rinci dan berhati-hati dari awal sampai mencapai tahap dressing atau pemberian ponzu (campuran kecap asin dan sari jeruk).

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.