Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

8 “Spot” Musim Gugur Cantik di Tengah Tokyo

Kompas.com - 9/Oct/2018, 09:25 WIB
Meiji-jingu Gaiei-mae
Meiji-jingu Gaiei-mae

OhayoJepang - Meskipun Tokyo terkenal sebagai kota yang dipenuhi dengan banyak gedung, ternyata kita bisa menikmati keindahan alam musim gugur di beberapa tempat di tengah kota Tokyo. Kali ini, kami akan membahas delapan tempat rekomendasi untuk menikmati musim gugur yang terletak di area pusat 23-distrik Tokyo.

1. Meiji-jingu Gaieimae

 Meiji-jingu Gaieimae merupakan spot terkenal untuk menikmati terowongan pohon ginko biloba berwarna kuning yang indah di tengah kota Tokyo. Tumpukan daun ichou yang berjatuhan di trotoar, membentuk karpet berwarna kuning. Pemandangan ini dapat dinikmati dari akhir November sampai pertengahan Desember.

Di sekitar sini terdapat banyak fasilitas seperti lapangan baseball Meiji-jingu dan batting dome, sehingga banyak orang yang datang ke tempat ini. Terowongan ini merupaka tempat terkenal untuk menikmati dedaunan kuning yang disebut sebagai “Yellow Road”. Terowongan dengan panjang sekitar 300 meter ini terbentuk dari 146 pohon ginko biloba yang berjajar.

Selain itu, pohon ginko biloba ini ditaman berurutan berdasarkan tingginya mulai dari pepohonan yang tinggi di pintu masuk jalan Aoyama-doori sampai ke pepohonan rendah yang mengarah Meiji Memorial Picture Gallery. Urutan pepohonan ini sengaja dirancang untuk menimbulkan kesan luar biasa pada Meiji Memorial Picture Gallery.

Informasi Tempat
Meiji-jingu Gaiei-mae
Alamat : Tokyo, Minato-ku, Kita Aoyama 1-2, Shinjuku-ku, Kasumigaoka-machi
Jam buka : Tidak ada
Hari libur : Tidak ada
Biaya Masuk : Gratis

2. Taman Hama-rikyu 

Hama-rikyu Garden
Hama-rikyu Garden

Nikmati pemandangan dedaunan musim gugur dengan santai di tempat makan “Nakajima no Ochaya” yang ada di dalam Taman Hama-rikyu (Hama-rikyu Garden), sambil minum matcha dan ocha-uke (makanan manis yang disajikan bersama matcha).

Hama-rikyu Garden merupakan taman daimyo yang mewakili zaman Edo (1603-1868) dengan shioiri-no-ike (kolam yang airnya menggunakan air laut) dan dua kamo-ba (tempat berburu bebek). Konon, bentuk taman ini masih sangat mirip dengan bentuknya pada masa pemeritahan Shogun ke-11.

Pemandangan daun musim gugur dari berbagai pohon seperti tou-kaede (acer buergerianum), hazenoki (Toxicodendron succedaneum), sakura, dan maple bisa dinikmati dari pertengahan bulan November sampai awal Desember.

Kita juga bisa menikmati berbagai pemandangan seperti dedaunan merah yang berkolaborasi dengan gedung karena taman ini ada di tengah kota, seperti panorama dedaunan berwarna-warni yang terpantul di kolam dan banyak panorama lainnya.  (Panorama lainnya adalah pemandangan dedaunan warna-warni yang terpantul di banyak kolam yang ada di taman ini.)

Informasi Tempat
Taman Hama-rikyu 
Alamat : Tokyo, Chuo-ku , Hama-rikyu Garden 1-1
Jam buka : 9.00-17.00 (jam masuk terakhir 16.30)
Hari libur : Tidak ada
Biaya masuk: 300 yen (dewasa), 150 yen (Lansia 65 tahun ke atas)
Gratis untuk siswa SD ke bawah atau  siswa SMP yang tinggal atau bersekolah di Tokyo

 3. Taman Hibiya 

Taman Hama-rikyu
Taman Hama-rikyu

Kubikake ichou (pohon ginko biloba bernama Kubikake) di Taman Hibiya (Hibiya Garden) ini memperlihatkan pemandangan dedaunan kuning yang indah. Pohon ini memiliki lebar batang sekitar 6.5 meter dengan tinggi 20 meter. Usianya sendiri mencapai sekitar 400 tahun. Kita dapat menikmati pemandangan ini dari akhir November sampai awal Desember.

Spot terkenal yang sering masuk ke media seperti televisi adalah air mancur besar, lapangan di sekitar air mancur, dan taman bunga dua tingkat yang ada di dekatnya. Di jalan taman berbentuk huruf “S” yang dibangun pada saat pembukaan taman tahun 1903, terdapat jajaran pohon ginko biloba yang menciptakan pemandangan kuning yang cantik.

Pohon kubikake ichou yang ada di dekat restoran Matsumotoro ini merupakan pohon ginko biloba terbesar di taman ini. Professor Honda Seiroku yang membangun Hibiya Garden, memindahkan pohon kubikake ichou ke taman ini pada 1901 saat pohon ini hampir ditebang untuk perluasan jalan.

Informasi Tempat
Taman Hibiya 
Alamat: Tokyo, Chiyoda-ku, Hibiya Garden 1-6
Jam buka: Tidak ada
Hari libur: Tidak ada
Biaya masuk: Gratis

4. Taman Koishikawa Korakuen

Taman Koishikawa Korakuen
Taman Koishikawa Korakuen

Spot musim gugur yang sangat direkomendasikan di dalam taman Koishikawa Korakuen adalah area sekitar Oikawa. Nikmati dedaunan musim gugur yang berubah warna dengan cantiknya di tempat ini. Puncak musim untuk menikmati pemandangan ini adalah akhir November sampai awal Desember.

Taman Koishikawa Korakuen yang terpilih sebagai situs bersejarah negara Jepang dan spot pemandangan ini bagaikan oasis yang ada di tengah kota. Awal mulanya taman ini dibangun di dalam Edo Nakayashiki (kemudian menjadi Kamiyashiki) keluarga Mito Tokugawa, salah satu cabang keluarga shogun Tokugawa yang berkuasa di masa awal zaman Edo sekitar tahun 1600-an. Tata taman ini menggabungkan konsep taman Jepang-China dengan sangat baik, di dalamnya kita bisa melihat berbagai pemandangan seperti danau, sungai, gunung dan ladang.

Pada musim gugur kita bisa menikmati pohon maple iroha, haze (toxicodendron succedaneum) dan pohon lainnya yang daunnya berubah menjadi kemerahan. Pohon maple iroha yang ada di taman daimyo ini merupakan pohon dengan jumlah terbanyak dibandingkan dengan taman lain di dalam kota.

Informasi Tempat
Taman Koishikawa Korakuen 
Alamat: Tokyo, Bunkyo-ku, Koraku 1-6-6
Jam buka : 09.00-17.00 (jam tutup loket 16.30)
Hari libur : 29 Desember sampai 1 Januari
Biaya masuk: 300 yen

5. Taman Kyu-Furukawa

Taman Kyu-Furukawa
Taman Kyu-Furukawa
 

Di Taman Kyu-Furukawa ini kita bisa menikmati pemandangan sekitar 220 batang pohon maple yang membentang luas di taman ala Jepang kontras dengan pepohonan hijau lainnya. Puncak musim untuk menikmati pemandangan musim gugur di sini adalah pertengahan sampai akhir November.

Di Taman Kyu-Furukawa yang terkenal dengan taman mawarnya ini kita bisa menikmati perpaduan pemandangan mawar, pepohonan hijau yang rindang dan dedaunan merah di musim gugur. Kadang diadakan konser bertema “wa” (berarti: ala Jepang) bila sedang berlangsung acara. Pemandangan dengan suasana yang sangat musim gugur ini berpadu dengan kebudayaan tradisional Jepang menciptakan daya tarik sendiri.

Informasi Tempat
Taman Kyu-Furukawa 
Alamat: Tokyo, Kita-ku, Nishigahara 1-27-39
Jam buka: 9.00-17.00 (jam tutup loket 16.30)
Hari libur: Tidak ada
Biaya masuk: Umum 150 yen, Lansia 65 tahun ke atas 70 yen
Gratis untuk siswa SD ke bawah atau siswa SMP yang bersekolah & tinggal di Tokyo

6. Kuil Yasukuni

Kuil Yasukuni
Kuil Yasukuni

Jajaran pohon di jalan menuju kuil Yasukini yang berubah menjadi warna kuning. Jajaran lentera batu dan pohon ginko biloba yang dipersembahkan untuk kuil pada tahun 1879 ini memiliki kesan yang mendalam.

Jajaran pohon ginko biloba setinggi 25 meter yang memanjang dari gerbang torii besar di bagian depan kuil ke gerbang tori kedua ini menenangkan hari orang-orang yang berkunjung ke kuil. Di dekat taman Shinchi dan ocha-shitsu (ruang untuk upacara teh) yang ada di belakang bangunan utama kuil kita juga bisa menikmati pemandangan pohon maple yang memerah. Pemandangan ini dapat dinikmati pada akhir November sampai awal Desember.

Informasi Tempat
Kuil Yasukuni
Alamat: Tokyo, Chiyoda-ku, Kudankita 3-1-1
Jam buka: Taman di dalam kuil 6.00-18.00 (Februari sampai November 6.00-17.00). Taman di area luar kuil bisa dinikmati kapan saja
Hari libur: Tidak ada

7. Taman Shiba 

Shiba Park
Shiba Park

Nikmati pemandangan pohon ginko biloba yang terhampar luas di depan mata di Taman Shiba (Shiba Park) dengan Tokyo Tower (Menara Tokyo) dari kejauhan. Pemandangan ini dapat dinikmati pada akhir November sampai awal Desember.

Taman ini merupakan salah satu taman yang memiliki sejarah terpanjang di antara semua taman di Jepang. Di taman ini tumbuh berbagai pohon seperti pohon kamper, pohon keyaki (Japanese zelvoka), dan ginko biloba. Tempat yang direkomendasikan untuk melihat Tokyo Tower dan pemandangan pohon ginko biloba di musim gugur adalah yon-go-chi puromunaado.

Informasi Tempat
Taman Shiba 
Alamat: Tokyo, Minato-ku, Shiba Park 4-10-17
Jam buka: Tidak ada
Hari libur: Tidak ada
Biaya masuk: Gratis

8. Taman Yoyogi 

Taman Yoyogi 
Taman Yoyogi 

Di dalam Taman Yoyogi (Yoyogi Park) terdapat air mancur dan lapangan yang bisa dinikmati bersamaan dengan dedaunan yang menguning. Pemandangan ini dapat dinikmati dari akhir Oktober sampai pertengahan November.

Pemandangan rekomendasi di Yoyogi Park ini adalah pohon ginko biloba yang ditanam saat proyek pembangunan jalan pada Tokyo Olimpic 1964. Di dalam taman ini terdapat banyak kursi taman, sehingga kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan dedaunan musim gugur yang berubah warna.

Informasi Tempat
Taman Yoyogi 
Alamat: Tokyo, Shibuya-ku, Yoyogi Kamizono-cho 2-1
Jam buka: Tidak ada
Hari libur: Libur awal dan akhir tahun
Biaya masuk: Gratis

Puaskan diri Anda dengan pemandangan musim gugur di tengah kota Tokyo bila Anda berkunjung ke Jepang musim gugur tahun ini.

Japan Walker™, Tokyo Walker™ (28 Agustus 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR