Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Restoran "Seafood" Populer di Wilayah Tenjin Fukuoka

Kompas.com - 30/May/2018, 14:16 WIB
Napoleon Set
Napoleon Set

KOMPAS.com - Saat liburan ke Fukuoka, Jepang, wisatawan biasanya akan menjelajahi Tenjin sebagai pusat kota. Selain itu, Tenjin terkenal sebagai tempat wisata belanja bagi wisatawan karena ada banyak pusat perbelanjaan dengan busana-busana terkini. Namun, sempatkan diri menikmati hidangan laut di Tenjin. Sebagai daerah pesisir, Fukuoka memiliki hidangan seafood yang khas. Berikut lima tempat makan seafood yang bisa Anda coba di Tenjin.

Maguroya Napoleon

Restoran ini menawarkan mulai dari aksi potong ikan hingga hidangan Instagenik yang hangat diperbincangkan. Maguroya Napoleon adalah sebuah kedai sake di pinggiran jalan Taisho Dori, Fukuoka.

Tempat ini selalu dipenuhi oleh kerumunan pelanggan setiap harinya, sebab kedai ini menjajakan masakan seafood khas Fukuoka yang selalu dicari-cari. Selain maguro atau ikan tuna, ada banyak hidangan ikan segar lain yang lezat.

Napoleon Set seharga 1.940 yen merupakan makanan andalan nan Instajenik. Hidangan ini terdiri dari chutoro (bagian perut ikan tuna yang berwarna pudar), uni (landak laut), ikura (telur ikan salmon), dan lain-lain.

Maguro no Nakaochi
Maguro no Nakaochi

Hidangan dengan porsi besar juga tersedia lengkap. Selain yang bersifat reguler seperti nigiri (sushi kepal dengan ikan di atasnya) dan sashimi, ada juga menu Maguro Shusse-mori yang didalamnya terdapat empat sampai lima jenis sashimi (untuk dua hingga tiga orang seharga 1.940 yen).

Ada pula Maguro no Nakaochi, yang menyajikan ikan tuna dengan tulangnya (untuk tiga hingga empat orang, harganya mulai dari 2.700 yen). Aksi pemotongan tuna juga dapat dinikmati langsung tapi mengikuti jadwal tertentu. Saksikan juga aksi memanggang di depan restoran yang menambah kesan tersendiri.

Informasi tempat:
Alamat : Fukuoka-shi Ch??-ku Akasaka 1-6-23
Buka : 11:00-23:00 (LO 22: 00)
Tutup : Tidak menentu

Uosuke Shokudo

Tempat ini menawarkan hidangan seafood Sega Mega Mori Don nan Instagenik. Uosuke Shokudo terletak di lantai dua bawah tanah gedung baru Fukuoka Parco yang berlokasi di distrik Chuo, Fukuoka.

Sejak dibuka kembali pada Maret 2017, menu Mega Prime Buffet dengan ikan segarnya yang diambil langsung dari pasar ikan segar Nagahama selalu menjadi topik pembicaraan hangat.

Kaisendon
Kaisendon

Menu Kaisendon adalah hidangan yang terdiri dari nasi pada bagian bawah mangkuk dengan banyaknya bisa ditentukan sendiri. Pilihannya adalah ukuran Small sebanyak 250 gram seharga 1.058 yen, Medium 300 gram seharga 1.382 yen, atau Large 500 gram seharga 1.598 yen.

Setelah itu para pengunjung dapat memilih empat jenis ikan segar sebagai topping yang terdiri dari ikan tuna, buri, red snapper, katsuo, atau lainnya yang berubah setiap harinya. Pembeliannya dibatasi satu kali saja dalam satu hari per orang.

Selain nama shoyu (kecap asin khas Jepang) yang ada di atas meja, saus seperti gomadare (terbuat dari wijen), saus gochujang (pasta cabai khas Korea), chogochujang (semacam cuka) ditempatkan di pojok buffet
Selain nama shoyu (kecap asin khas Jepang) yang ada di atas meja, saus seperti gomadare (terbuat dari wijen), saus gochujang (pasta cabai khas Korea), chogochujang (semacam cuka) ditempatkan di pojok buffet

Selain nama shoyu (kecap asin khas Jepang) yang ada di atas meja, saus seperti gomadare (terbuat dari wijen), saus gochujang (pasta cabai khas Korea), chogochujang (semacam cuka) ditempatkan di pojok buffet sehingga para pengunjung dapat membubuhkannya sesuai selera.

Selain itu, disediakan juga sup miso dan yakumi (bumbu tambahan) yang dapat dinikmati sepuasnya. Sebagai tambahan, salad makaroni, nasi gratin, dan lauk pauk lainnya sebanyak tujuh hingga delapan macam bisa diambil sepuasnya dapat diambil sebanyak satu kali saja.

Informasi tempat:
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku 2-11-1 Tenjin 
Fukuoka Parco Shin-biru lantai B2 
Buka : 11: 00-23: 00 (LO 22: 00)
Tutup : Tidak menentu

Hakata Gyoka Isogai Tenjin

Tempat ini menawarkan seafood pilihan lezat nan elegan. Hakata Gyoka Isogai Tenjin terletak tidak jauh dari stasiun Nishitetsu Fukuoka (Tenjin). Tempat makan ini termasuk dalam satu grup dengan restoran yang telah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. Tempat ini merupakan kedai-kedai seafood popular bereputasi tinggi yang terkenal sebagai penyedia ikan segar khas Fukuoka dengan harga murah.

Sashimi Rokutenmori ala Isogai
Sashimi Rokutenmori ala Isogai

Coba pesan Sashimi Rokutenmori ala Isogai yang menyajikan enam pilihan ikan yang berganti setiap harinya mulai dari ikan tuna, isaki, red snapper, udang, dan ikan musiman lainnya disajikan dengan potongan tebal. Tekstur dagingnya terasa meleleh di lidah dan rasa manisnya begitu lezat (untuk dua porsi, harga mulai 2.916 yen).

Tsubodaimisoyaki
Tsubodaimisoyaki

Cobalah Tsubodaimisoyaki, seharga 1.058 yen dengan kulitnya yang renyah dan lezat dengan cita rasa saikyo miso (pasta kedelai fermentasi khas Jepang bagian Barat), serta 50 menu ikan lainnya yang selalu tersedia di sini yang dimasak dengan teknik nitsuke (direbus dan dibumbui), atau sakamushi (ditumis dengan sake).

Informasi tempat:
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku Imaizumi 1-12-23 
Nishitetsu Imaizumi building 1F
Buka : 17:30-1:00 (LO 00:30)
Libur : Tidak ada

Narumi Osamu Yakuin

Restoran seafood Narumi Osamu Yakuin yang terletak di Fukuoka ini dikelola oleh restoran tua yang telah ada selama tiga generasi, “Maruyoshi Suisan”, di wilayah Oita. Di antara tiga cabang yang mereka miliki di wilayah Kasuga, Ginza, dan Yakuin, ternyata cabang Yakuin yang telah berusia sepuluh tahun ini ramai dikunjungi oleh konsumen setiap harinya. Alasannya tentu saja, Anda dapat menikmati hidangan ikan hidup dengan harga terjangkau di ruangan mewah dengan tampilan taman bergaya Jepang asli.

Itachou Omakase Moriawase
Itachou Omakase Moriawase

Menu Itachou Omakase Moriawase yang terdiri dari enam hingga tujuh jenis ikan yang berganti setiap harinya (1.406 yen). Ikan-ikan yang disediakan adalah ikan yang dikirim langsung dari perairan Selat Bungo yang dikenal sebagai tempat membudidayakan ikan berkualitas tinggi. Ikan-ikan ini kemudian dibiarkan berenang di dalam kolam yang disediakan dalam restoran. Karena disajikan sesaat setelah ada pesanan, maka tingkat kesegarannya bisa dibilang paling tinggi.

Hidangan di Narumi Osamu Yakuin
Hidangan di Narumi Osamu Yakuin

Selain itu, ada juga Tai no Aradaki (931 yen), Funabori (mulai 10.000 yen), Itachou Omakase Moriawase (1.406 yen, berubah setiap harinya), Sushi (maguro, kanpachi, dan lainnya dengan harga mulai dari 206 yen/buah), Burikama Shioyaki (907 yen), Sazae no Tsuboyaki (646 yen), dan lainnya.

Informasi tempat:
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku Yakuin 1 - 6 – 20
Buka : 11: 30-14: 30 (LO 14: 00), 17: 30 - 24: 00 (LO makanan 23: 00, minuman 23:30) 
Tutup : Minggu (jika Senin adalah tanggal merah, maka hari Minggu buka, 
dan Senin tutup)

Hakata Furusato Kappo Gyoson

Restoran yang dikelola oleh koki piawai masakan Jepang ini dulunya bernama Gyoson yang sangat populer di kawasan Daimyo, Fukuoka. Namun, sejak pindah ke kawasan Akasaka pada 2016, restoran ini berganti nama menjadi Hakata Furusato Kappo Gyoson. Bagian depan dihiasi dengan jalan setapak yang terbuat dari batu, sehingga menambahkan kesan menenangkan sebelum memasuki restoran. Restoran yang berada di satu sisi gedung ini merupakan tempat para pecinta kuliner berkumpul di malam hari.

Menu yang disediakan dibuat dari ikan yang dikirim langsung oleh nelayan dari Oronoshima dan pasar ikan Nagahama yang pembelian bahannya dilakukan setiap pagi. Selain itu, ada juga ikan yang disuplai dari kota Karatsu prefektur Saga serta sayuran dari kota Itoshima. Air yang mereka gunakan juga diambil dari mata air di Kota Mitsuse, Prefektur Saga.

Mai Course
Mai Course

Salah satu menu yang direkomendasikan adalah Mai Course seharga 2.700 yen yang terdiri dari tiga jenis hidangan berupa sashimi yang dagingnya tebal dan lembut, ikan bakar atau ikan rebus, serta ikan goreng. Ada pula tambahan ikan yang lezat yang merupakan hasil tangkapan pada musim tersebut.

Pada foto, sashimi disajikan berbeda setiap hari dengan kombinasi tiga hingga empat jenis, Selain itu, coba juga menu ala carte seperti Seafood Gratin (nasi yang dipanggang) seharga 1.058 yen, dan Motsu Nabe 1.296 yen menggunakan wagyu (daging sapi Jepang) yang juga populer.

ikan bakar ikan isaki merah
ikan bakar ikan isaki merah

Ada juga ikan bakar berupa ikan isaki merah yang dipanggang dengan hati-hati, hingga dagingnya terasa lembut!

Informasi tempat:
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku, Akasaka 1-1-18, Liberty Akasaka 2F 
Buka : 17: 00-24: 00 (LO 23: 30)
Libur : Hari Minggu libur.

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (9 April 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR