Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Patung Buddha Perunggu Tertinggi Dunia di Jepang Dibersihkan, Ritual Setahun Sekali

Kompas.com - 9/Sep/2024, 19:25 WIB
Ushiku Daibutsu, patung Buddha perunggu tertinggi dunia di Kota Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang. (AFP/PHILIP FONG)
Lihat Foto
Ushiku Daibutsu, patung Buddha perunggu tertinggi dunia di Kota Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang. (AFP/PHILIP FONG)

Patung Buddha perunggu tertinggi dunia di Kota Ushiku, Prefektur Ibaraki, Jepang; dibersihkan setahun sekali oleh dua pembersih profesional.

Kota Ushiku merupakan tempat penting bagi agama Buddha di Jepang karena menjadi tempat pendeta terhormat abad ke-13 Shinran Shonin diyakini telah mendirikan aliran Jodo Shinshu yang populer.

Secara tradisional, ritual pembersihan itu dikenal sebagai susuharai atau pembersihan jelaga yaitu acara tahunan di kuil-kuil di Jepang.

Para biksu dan pemuja membersihkan debu dari altar dan membersihkan bangunan kuil.

Ritual itu bermakna bagi mereka untuk merenungkan tahun ini dan memulai tahun baru dengan pola pikir yang segar.

Baca juga: 5 Kuil Buddha di Kamakura Kanagawa, Tujuan Wisata Budaya Jepang

Ushiku Daibutsu, patung Buddha itu, mempunyai tinggi 120 meter atau sekitar tiga kali tinggi Patung Liberty tanpa alasnya.

Pembersihan Ushiku Daibutsu dilakukan pada Senin (9/9/2024) oleh dua petugas kebersihan veteran Kazuyoshi Taguchi (54) dan Kazumi Minowa (51).

Mereka yang telah dipercaya membersihkan patung Buddha selama seperempat abad itu menaiki tangga ke puncak sembari membawa tali dan ember berisi air.

Mereka pun menggunakan pistol air bertekanan tinggi untuk menyemprot debu dan kotoran burung dari patung Buddha itu agar bersih berkilau.

Taguchi dan Minowa turun melewati 480 gulungan rambut keriting dengan lebar masing-masing satu meter untuk membersihkannya.

Halaman:
Editor : YUHARRANI AISYAH

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads