Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengintip Menu Makan Utama ala Orang Jepang, Apa Saja?

Kompas.com - 19/Sep/2023, 18:44 WIB
Ilustrasi. Menu makan utama ala Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi. Menu makan utama ala Jepang.

OhayoJepang - Menu makan malam utama ala orang Jepang tak jauh berbeda dengan negara-negara lain di Asia. Beberapa sajian utama di antaranya nasi, sup, acar, salad, sayuran, dan hidangan berprotein.

Selain makanan, minuman seperti teh, bir, dan sake juga disajikan bersama, ditambahkan dengan hidangan penutup.

Rata-rata makanan rumahan Jepang terdiri dari satu hidangan utama dengan beberapa tambahan sajian, lalu ditambah dengan hidangan penutup sesuai selera.

Mari cari tahu menu makan ala orang Jepang seperti mengutip dari The Spruce Eats.

Baca juga: Ikigai, Filosofi ala Jepang untuk Hidup Bahagia dan Panjang Umur

1. Nasi

Hampir setiap makanan Jepang mengandung nasi. Hidangan ini bisa berupa berbagai macam nasi, seperti nasi putih kukus (hakumai), terkadang dicampur dengan jelai (mugi), atau nasi merah (genmai).

Takikomi gohan, seperti mangkuk nasi dengan potongan daging babi katsudon, adalah hidangan nasi berbumbu yang mengukus nasi dengan sayuran, makanan laut, atau protein lainnya.

2. Nori, Furikake, atau Tsukudani

Nasi biasa sering dinikmati di rumah dengan bumbu rumput laut (nori) atau bumbu nasi (furikake), campuran sayuran kering, telur, rumput laut, serpihan bonito, atau biji wijen.

Baca juga: Tak Hanya Matcha, Ini 7 Jenis Teh Hijau Jepang yang Paling Populer

Tsukudani juga termasuk salah satu topping yang populer di Jepang. Bumbu basah ini sering kali terbuat dari rumput laut dan bisa dicampur dengan ikan kering atau makanan laut lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.