Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Industri Pertanian di Jepang

Kompas.com - 31/Dec/2019, 22:10 WIB
Petani Jepang dan hasil pertanian seperti daun bawang.
Petani Jepang dan hasil pertanian seperti daun bawang.

OhayoJepang - Dibandingkan negara Asia lainnya, pertanian Jepang adalah yang paling maju. Hal ini terlihat tidak hanya pada teknologi yang digunakan pada bidang pertaniannya saja, melainkan pada kualitas produk pertanian yang tinggi. 

Saking tingginya kepedulian orang Jepang dengan kualitas produk pertanian, sampai ada brand tertentu pada masing-masing hasil produk pertanian, seperti buah, beras bahkan sayuran.

Brand tersebut memiliki tingkatan dan ketenaran yang berbeda sesuai dengan rasa dan tekstur yang khas. 

Jumlah produksi pertanian Jepang yang tinggi berbanding terbalik dengan jumlah pekerja di bidang ini yang terus berkurang, menjadikan bidang ini menjadi salah satu sektor yang masuk ke dalam 14 bidang industri jenis visa Pekerja Berketerampilan Khusus. Visa jenis baru yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang pada April 2019 kemarin.

Jenis Pekerjaan di bidang Agricultural

Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja bidang Agrikultural dengan visa Pemagang terbagi lagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu Agrikultural pertanian yang mencakup jenis pekerjaan seperti hortikultural rumahan, pertanian ladang/ sayuran, dan pertanian buah-buahan, serta agrikultural peternakan yang mencakup peternakan unggas, sapi perah dan babi. 

Semua jenis pekerjaan praktis dan pemrosesan seperti panen, penanaman, pemberian pakan, packing, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan agrikultural pada masing-masing kelompok dapat dikerjakan oleh pekerja dengan visa tersebut.

Petani dan daun bawang di Jepang.
Petani dan daun bawang di Jepang.

Cakupan jenis pekerjaan ini semakin meluas bagi Pekerja Berketerampilan Spesifik di bidang ini. Berbeda dengan pemagang yang terfokus pada pekerjaan praktis dan pemrosesan, pekerja berketerampilan khusus bisa melakukan pekerjaan berupa pendistribusian dan penjualan hasil agrikultur juga.     

Baca: Kerja di Jepang, Ini Perbedaan Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik dan Visa Pelatihan Magang Teknis

Lingkungan kerja

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.