Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tinggal di Jepang? Kenali Budaya Mengirim Kartu Pos Akhir Tahun

Kompas.com - 14/Dec/2019, 10:09 WIB
kebiasaan berupa saling mengucapkan salam melalui kartu pos di Jepang yang disebut dengan “Nenga-jyo
kebiasaan berupa saling mengucapkan salam melalui kartu pos di Jepang yang disebut dengan “Nenga-jyo

OhayoJepang - Di Jepang pergantian tahun masehi juga merupakan salah satu event penting. Hal ini ditandai dengan berbagai kebiasaan berupa bersih-bersih rumah besar-besaran, makan makanan khas awal tahun (Osechi) dan banyak lagi.

Di antara serangkaian kebiasaan tersebut terdapat juga kebiasaan berupa saling mengucapkan salam melalui kartu pos yang disebut dengan “Nenga-jyo”.

Bila sedang di Jepang, kamu akan sadar di kantor pos atau toko-toko penjualan ATK (Alat Tulis dan Kantor) akan ada pojok khusus yang menampilkan dan menjual berbagai macam desain kartu pos akhir tahun ini dari bulan November.

Berikut hal-hal umum mengenai Nengajyo yang perlu kamu ketahui.

Desain Nengajyo

Kebanyakan desain kartu pos akhir tahun ini berupa karakter dari tahun shio di tahun berikutnya.

Jadi, untuk desain kartu pos tahun 2020 kebanyakan desain dibuat dengan gambar tikus. Beberapa orang biasanya membeli kartu pos kosong sendiri dan menggambar sendiri karakter shio di kartu pos.

Belakang, desain kartu pos yang dicetak sendiri menggunakan printer di rumah sedang marak di Jepang. Kartu pos yang dicetak sendiri ini biasanya dihiasi dengan gambar foto keluarga, atau foto anak di keluarga tersebut. 

Isi Nengajyo

Sesuai dengan namanya, pesan di Nengajyo berupa ucapan sapaan awal tahun, seperti “Akemashite Omedetou Gozaimasu” atau “Kinga Shinnen” yang berarti selamat tahun baru.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.