Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Dasar-dasar Menulis Email Bisnis di Jepang  

Kompas.com - 18/Nov/2019, 18:59 WIB
Ilustrasi email atau surat elektronik
Ilustrasi email atau surat elektronik

OhayoJepang - Mengirim email dalam bahasa Jepang adalah salah satu hal yang paling sulit bagi pelajar Jepang karena tugas ini mengharuskan mereka untuk memahami tulisan tingkat tinggi dan tata bahasa dalam bisnis.

Dalam artikel ini akan diberikan beberapa template email bisnis untuk digunakan bagi rekan kerja dan klien.

Pertama, berikut beberapa hal yang harus diketahui:

1) Bahasa Jepang lisan dan tulisan sangat berbeda satu sama lain. Cobalah untuk tidak menggunakan bahasa informal dan selalu memilih cara sopan atau hormat yang dalam bahasa Jepang dikenal sebagai keigo.

2) Kamu harus memiliki pemahaman yang tepat tentang hubungan antara kamu dan klien. Mengetahui hal ini membuat ekspresi keigo Anda sempurna.

3) Selalu berusaha untuk menjaga email kamu tetap sederhana dan ringkas. Cobalah untuk tidak membuat kalimatnya rumit atau terlalu panjang. Semakin panjang kamu menulis, semakin banyak kesalahan yang dapat dibuat.

4) Pertanyaan? Permintaan? Melaporkan? atau hanya salam? Cobalah untuk tidak keluar dari topik. Fokus pada tujuan utama email.

5) Setelah menulis, cobalah meminta rekan kerja Jepang untuk memeriksanya sebelum mengirim email. Proses tidak hanya jaminan kebenaran untuk surat kamu, tetapi ini juga memberi jalan bagi rekan kerja kamu untuk menambahkan ekspresi baru dan lebih canggih.

3 Langkah Membuat Template Untuk Klien dan Rekan Kerja

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Jepang dengan Visa Tinggal Panjang

Email untuk Klien

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.