Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Furusato Telework, Inovasi Gaya Kerja Baru di Jepang

Kompas.com - 14/Nov/2019, 12:02 WIB
Ilustrasi bekerja.
Ilustrasi bekerja.

OhayoJepang - Pada artikel sebelumnya, kami memperkenalkan istilah TELEWORKDAYS yang dipromosikan oleh pemerintah Jepang. Istilah ini mengacu pada gaya kerja dimana waktu dan tempat kerja menajdi lebih fleksibel.

Pekerja cukup menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk bekerja tanpa dibatasi oleh lingkup tempat seperti kantor.

Baca: https://ohayojepang.kompas.com/read/1278/mengapa-jepang-himbau-karyawan-untuk-bekerja-di-rumah-saat-olimpiade-tokyo-2020

Melanjutkan program TELEWORKDAYS, pemerintah Jepang selanjutnya mempromosikan jenis gaya kerja lainnya, bernama furusato telework yang berarti "telework pedesaan".

Namun, gaya kerja ini mencakup semua pedesaan di Jepang dan tidak terbatas hanya pada kampung halaman orang Jepang yang menggunakan sistem ini. Lebih jelasnya, ada empat jenis gaya kerja di furusato telework.

  1. Furusato Office

Pekerja dipindahkan dari kantor pusat di kota ke cabang regional.

  1. Furusato Working

Pekerja mengubah tempat kerja dari kantor pusat di kota besar ke daerah pedesaan, tetapi melanjutkan pekerjaan yang sama.

  1. Furusato Entrepreneurship

Pekerja memiliki usaha kecil atau wirausahawan sendiri, dan menerima pesanan dari perusahaan di kota besar sambil terus melanjutkan bisnisnya di daerah pedesaan.

  1. Furusato Recruiting

Perusahaan-perusahaan di kota-kota merekrut orang-orang di lokal pedesaan sejak awal.

Pemerintah daerah Jepang juga mendukung gerakan ini, hal ini dapat dilihat dari jumlah kota yang berpartisipasi meningkat dari 15 kota di tahun 2015 menjadi 48 di tahun 2017.

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.