Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mendaki Gunung Fuji Saat Musim Panas, Apa Bakal Menyenangkan?

Kompas.com - 4/Oct/2019, 19:27 WIB
Ilustrasi mendaki
Ilustrasi mendaki

OhayoJepang - Selama musim panas di Jepang, Gunung Fuji atau Fujisan dipenuhi oleh pendaki yang ingin melihat pemandangan matahari terbit dari gunung yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. 

Jika tertarik, kamu memiliki kesempatan untuk mendaki selama awal Juli hingga awal September. Namun ingat, untuk mendaki gunung dengan ketinggian 3.776 meter ini, kamu harus melakukan persiapan yang baik jika tidak mau kedinginan sebelum mencapai puncak atau kaki kamu sakit saat turun gunung.

Salah satu dari tim kami telah melakukan pendakian gunung Fuji sebagai rutinitas tahunannya. Kami memintanya untuk berbagi pengalamannya mendaki gunung Fuji yang memakan waktu dua hari dan satu malam serta apa yang membuatnya melakukannya setiap tahun.

Persiapan

Persiapan adalah hal terpenting dalam mendaki. Kamu harus menyiapkan uang, peralatan pendakian, dan pakaian mendaki.

Mendaki Gunung Fuji.
Mendaki Gunung Fuji.

Kali ini, dia membawa 20 keping koin 100 yen untuk digunakan untuk membayar toilet (biasanya dikenakan 200~300 yen), uang darurat, dua bungkus buah-buahan kering untuk makanan ringan, dan tiga botol minuman isotonik 500 ml. 

Ia juga membawa satu handuk muka untuk dibersihkan keringat, tisu basah untuk membersihkan tangan karena air sangat langka di sana, dan dua pakaian ganti saat basah karena hujan atau keringat. 

Yang terbaik adalah memikirkan dengan bijak hal-hal apa yang akan dibawa karena kamu akan membawanya bersama selama mendaki. Untuk pakaian, sepatu, dan jas hujan, ia biasanya menyewanya. 

Dia merekomendasikan agar kamu mengenakan pakaian dan sepatu yang tepat untuk hiking, terutama sepatu karena membantu membuat pendakian lebih mudah dan mencegah masuknya pasir atau batu ke dalam sepatu (yang akan terjadi jika menggunakan sepatu olahraga biasa).

Untuk pakaian tambahan, ia juga membawa jaket fleece tebal karena semakin ke atas suhu akan semakin dingin, jas hujan untuk berjaga-jaga saat hujan atau untuk menghindari angin. Dia meletakkan segala sesuatu di tas ransel yang ringan dan mudah dibawa.

Barang-barang seperti headlamp untuk berjalan di malam hari, sarung tangan untuk memanjat batu atau saat kedinginan, dan topi untuk menghindari sinar matahari dapat dipinjam di toko penyewaan di area stasiun Fuji-Subaru Line 5.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.