Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Tips Beradaptasi dengan Budaya Kerja di Jepang

Kompas.com - 10/Sep/2019, 11:35 WIB
Ilustrasi kerja
Ilustrasi kerja

OhayoJepang - Sebagai orang asing yang bekerja di perusahaan Jepang, kamu tak hanya akan menghadapi masalah kendala bahasa, melainkan juga perbedaan budaya dalam cara orang Jepang bekerja. 

Kadang hal tersebut membuat kamu sulit beradaptasi dengan cara kerja mereka. Pada akhirnya, hal ini bisa membuat kamu merasa tidak diterima atau malah jadi rindu ingin pulang ke tanah air. 

Dalam artikel ini, salah satu tim OhayoJepang yang merupakan orang berkewarganegaraan Jepang dan memiliki pengalaman bekerja bersama orang asing, akan berbagi beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu untuk berbaur dan bekerja dengan baik di perusahaan Jepang.

  1. Memahami budaya di perusahaan

Jika kamu direkrut sebagai pegawai tetap (seishain) di Jepang, hal itu berarti kamu terpilih karena mereka percaya bahwa kamu dapat beradaptasi dengan budaya di perusahaan itu. 

Budaya perusahaan mengacu kepada kebijakan manajemen perusahaan, tujuan spesifik departemen, proses harian, serta aturan dan cara bekerja dalam tim. Tanpa memahami aturan-aturan ini, kita tidak dapat memainkan peran aktif dalam perusahaan.

Inilah alasan mengapa perusahaan ingin pegawainya memahami hal tersebut. Kamu diharapkan juga bisa menggunakan keahlianmu sejalan dengan budaya perusahaan. 

Langkah tercepat agar menjadi aktif di perusahaan adalah dengan mengambil inisiatif dan mengajukan pertanyaan. 

Jika semua berjalan lancar, kamu akan diberikan lebih banyak tugas dan dapat meningkatkan kemampuan, serta dapat mengungkapkan lebih banyak pendapat. Akhirnya, kamu akan dievaluasi dan juga mendapat promosi.

Terkadang ada perusahaan yang hanya melihat pegawainya sebagai pesuruh, tetapi tidak semuanya seperti itu. Banyak perusahaan mempekerjakan pegawainya dengan harapan akan menjadi lebih baik dan tumbuh dibanding orang-orang di sekitarnya, serta dapat dipercaya oleh mereka.

  1. Biasakan untuk lapor, konfirmasi, dan diskusi dengan rekan kerja

Setelah telah diperintahkan untuk mengerjakan tugas di perusahaan, ada baiknya mengetahui alasan dari tugas yang diberikan dan secara rutin mengkonfirmasi langkah pengerjaan yang tepat. Kamu dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja secara signifikan setelah jika melakukan hal ini.

Halaman:
Editor : administrator

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.