Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Fakta Seputar Visa dan Magang Kerja Berketerampilan Spesifik di Jepang

Kompas.com - 3/Sep/2019, 22:50 WIB
Ilustrasi pelayan restoran di Jepang.
Ilustrasi pelayan restoran di Jepang.

OhayoJepang - Jenis visa Technical Intern Training atau dikenal dengan Gino Jisshu dalam bahasa Jepang, merupakan visa yang dibuat oleh pemerintah Jepang dengan tujuan untuk mempromosikan kerja sama internasional yang dilakukan dengan transfer keahlian, teknik, dan pengetahuan untuk mengembangkan suatu daerah.

Pada 2018, terdapat 285.776 orang asing yang mendapatkan visa jenis ini. Pemilik visa ini dikenal dengan pemagang (trainee/gino jisshusei). 

Pemagang masuk ke Jepang dengan status tinggal sebagai Technical Intern Training (i) pada tahun pertama. Setelah masa berlaku visa ini selesai, pemagang bisa mengajukan untuk mengubah visanya menjadi Technical Intern Training (ii) dengan melewati tes keahlian (skill). Bila lulus, pemagang akan mendapatkan perpanjangan masa tinggal sebanyak dua tahun.  

Pemagang yang telah  menyelesaikan visa Technical Intern Training (ii) bisa mengajukan visa Technical Intern Training (iii) melalui tes yang telah ditentukan. Pemagang yang lulus akan mendapatkan perpanjangan masa tinggal sebanyak dua tahun.

Pada tahap penggantian visa ini, pemagang diharuskan pulang ke negara asal selama lebih dari satu bulan. Perlu diketahui bahwa bisa tidaknya mengubah status visa dari Technical Intern Training (ii) ke (iii) tergantung pada masing-masing industri dan organisasi terkait.  

Dengan menggunakan visa Technical Intern Training, jika ditotal maka pemagang dapat menjadi ahli di bidang yang digelutinya selama lima tahun. Kemudian, pada April 2019 lalu, pemerintah Jepang pun mengeluarkan visa jenis baru yang disebut dengan visa Pekerja Berketerampilan Spesifik.

Visa ini bisa didapat dengan mengikuti tes bahasa Jepang dan tes kemampuan pada 14 sektor Industri yang ditawarkan. Dengan masa tinggal selama lima tahun untuk pemegang jenis pertama, dan masa tinggal tak terbatas untuk pemegang jenis visa kedua. 

Pemagang yang telah menyelesaikan Technical Intern Training (ii) dengan baik, bisa mengambil visa Pekerja Berketerampilan Spesifik di atas tanpa melalui tes bila sektor industri yang dikerjakan sama. Dengan mengambil visa ini, pemagang bisa lanjut tinggal di Jepang tanpa harus pulang ke negara asal terlebih dahulu. 

(Baca: Kerja di Jepang, 14 Sektor Pekerjaan yang Membuka Lowongan untuk Visa Pekerja Berketerampilan Spesifik)

Dengan kata lain, pemagang yang telah menyelesaikan Technical Intern Training (ii) jadi memiliki dua pilihan visa untuk melanjutkan tinggal di Jepang. Melanjutkan ke visa Technical Intern Training (iii) atau visa Pekerja Berketerampilan Spesifik.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.