Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan ke Kyoto, Cicipi 3 Kue Kacang Merah Buatan Toko Kue Khas Jepang

Kompas.com - 19/Jun/2019, 08:06 WIB
“Dorayaki Inome”
“Dorayaki Inome”

OhayoJepang - Saat berpelesiran di Kyoto, tentunya kamu akan mencari tempat untuk beristirahat sejenak. Berikut beberapa toko yang menjual kue manis khas Jepang berbahan pasta kacang merah di Kyoto. Toko-toko ini cocok untuk istirahat sejenak setelah berjalan-jalan. Kamu bisa menikmati kue dalam suasana toko yang tenang dan nyaman.    

“Dorayaki Inome”, Toko Khusus Dorayaki yang Menyediakan Kue Dorayaki yang Baru Dipanggang

Pemilik toko “Dorayaki Inome” ini pernah belajar membuat dorayaki di toko kue khas Jepang tua “Nakamuraken” di Katsura. Keistimewaan dari dorayaki ini terletak pada rasa dan tekstur butiran besar pasta kacang merahnya dengan rasa yang tidak terlalu manis dan cocok untuk dinikmati bersama secangkir kopi. Kamu bisa menikmati kekenyalan dan aroma harum yang hanya bisa didapatkan dari kue dorayaki yang baru saja selesai dipanggang bila makan di toko.

Pengunjung bisa memilih satu dari lima jenis topping seperti mentega asin dan sebagainya jika membeli set menu dorayaki (710 yen). Menu ini hanya bisa dinikmati di dalam toko.

 

“Dorayaki Inome”
“Dorayaki Inome”

Pengunjung bisa memilih satu dari lima jenis topping seperti mentega asin dan sebagainya jika membeli set menu dorayaki (710 yen). Menu ini hanya bisa dinikmati di dalam toko.

Terdapat lima jenis pilihan minuman yang termasuk dalam set menu dorayaki
Terdapat lima jenis pilihan minuman yang termasuk dalam set menu dorayaki

Terdapat lima jenis pilihan minuman yang termasuk dalam set menu dorayaki antara lain kopi, teh hitam organik, teh hijau organic, dan sebagainya.    

Dorayaki Inome
Dorayaki Inome

Terletak di pinggir jalan arah ke utara dari Jalan Degawa. Pintunya yang berwarna oranye dan jendela khusus melayani pesanan untuk dibawa pulang menjadi tanda untuk mengenali toko ini.

Dorayaki Inome
Dorayaki Inome

Di dalam toko hanya terdapat tempat duduk model bar dengan suasana yang cerah. Pengunjung bisa menyaksikan pembuatan dorayaki langsung di depan mata.

Terdapat enam jenis pilihan dorayaki yang dapat dibeli untuk dibawa pulang di “Dorayaki Inome”. Selain rasa kacang merah dengan dua pilihan ukuran yaitu ukuran besar (260 yen) dan ukuran biasa yang kecil (170 yen), terdapat pula rasa kenari dan matcha (masing-masing 190 yen), gula hitam (230 yen), serta rasa khusus musiman yang dijual dalam periode terbatas.

Beragam jenis pilihan dorayaki yang ditawarkan menjadi keistimewaan toko khusus dorayaki ini. Selain dapat dinikmati sebagai camilan, banyak juga pengunjung yang membelinya sebagai oleh-oleh.

Kue ini terkadang terjual habis dengan cepat pada saat perayaan “Tenjin-san no Hi” di Kuil Kitano Tenmangu yang jatuh pada tanggal 25 setiap bulannya dan juga pada akhir pekan. Datanglah ke toko ini pada pagi hari saat pilihannya masih lengkap!

Dorayaki rasa khusus musiman yang terbatas dan dapat dibeli untuk dibawa pulang ini dijual dalam jumlah terbatas, sehingga tak heran jika terjual habis dengan cepat. Kami berharap agar pelanggan dapat mencoba dorayaki ini karena merupakan produk kebanggaan kami,” ujar Mukku, salah satu staf toko.

Informasi Tempat
Dorayaki Inome
Alamat:1038-226 Kamiyagawa-cho, Kamigyo-ku, Kyoto-shi
Jam buka:10:00-17:00, Kafe 12:00-15:30(LO) Hari libur:Rabu, Kamis (tanggal 25 buka), tanggal 26
Akses:4 menit berjalan kaki dari Stasiun Kitano hakubaicho line Randen    

Kue Tradisional Jepang yang Cantik Seperti Kue Barat di “Umezono Sabo”

“Umezono Sabo” adalah toko kue yang dibuka sebagai sister branch dari toko “Amatochaya Umezono” yang terkenal dengan kue Mitarashi Dango, karena toko ini didirikan oleh generasi ketiga toko tersebut.

Berawal dari ide “ingin menyampaikan pesona kue tradisional Jepang dan pasta kacang merah kepada banyak orang”, lahirlah karya kue yang diberi nama kazari atsumono. Kue yang populer ini terbuat dari pasta kacang yang dilapisi dan dipadatkan dengan agar-agar dan tepung warabi (pakis) sehingga menghasilkan kue dengan sensasi yang baru.

Kazari atsumono (dari 320 yen).
Kazari atsumono (dari 320 yen).

Kazari atsumono (dari 320 yen). Terdapat rasa lemon segar yang terbuat dari air perasan lemon yang ditambahkan ke dalam isian kacang merah (kanan, 320 yen), dan rasa karamel yang pas untuk lidah orang dewasa (kiri, 370 yen), juga rasa lainnya.

Umezono Sabo
Umezono Sabo

Lantai dua yang bentuknya mirip dengan loteng digunakan sebagai ruang kafe. Suasana di tempat ini seakan membawa kita berada di tempat tersembunyi.

Informasi Tempat
Umezono Sabo
Alamat:11-1 Murasaki no Higashifuji no Mori-cho, Kita-ku, Kyoto
Jam buka:11:00-18:30(LO18:00)
Hari libur:Tidak tentu
Akses:4 menit naik bus kota 205 jurusan Kujo Shako-mae dari Stasiun bawah tanah Kita Oji, 5 menit berjalan kaki dari Daitokuji-mae    

Cermati Menu Khusus di “tubara café”!    

“tubara café” adalah salah satu kafe bergaya di Kyoto, tempat kamu bisa menikmati kue khas Kyoto dari toko tua yang menjual kue tradisional Jepang “Tsuruya Yoshinobu”. Pengunjung juga bisa menikmati “tsubara-tsubara” yang merupakan kue andalan kafe ini yang dijual secara terbatas. Berbeda dengan penampilan luar kafe yang bergaya kyo-machiya (rumah kuno khas Kyoto), penampilan di dalam kafe bergaya modern dan bernuansa santai.

Tsubara-tsubara, kue yang dijual terbatas di kafe ini (1.080 yen termasuk minuman)
Tsubara-tsubara, kue yang dijual terbatas di kafe ini (1.080 yen termasuk minuman)

Tsubara-tsubara, kue yang dijual terbatas di kafe ini (1.080 yen termasuk minuman) terdiri dari beberapa pilihan rasa, yaitu campuran pasta keju mascarpone dengan rum kismis, matcha, dan jeruk yuzu. Pengunjung dapat memilih dua jenis rasa bila memesan set ini.

tubara cafe
tubara cafe

Pengunjung bisa menikmati pemandangan naka-niwa (kebun di tengah rumah) dari dalam kafe yang terang yang interiornya didominasi oleh warna putih.

Informasi Tempat
tubara cafe
Alamat:340-5 Nishi Funabashi-cho, Kamigyo-ku, Kyoto
Jam buka:10:30-17:30(LO17:00)
Hari libur:Rabu
Akses:10 menit berjalan kaki dari stasiun subway Imadegawa 

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (16 Mei 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR