Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Pelesir ke Nagoya, Cicipi 6 Kuliner Khas Nagoya nan “Kekinian”

Kompas.com - 23/Jan/2019, 14:42 WIB
“Unagi-mabushi norimaki” seharga 1.900 yen.
“Unagi-mabushi norimaki” seharga 1.900 yen.

OhayoJepang - Liburan ke Nagoya, Jepang, tak lengkap tanpa menikmati kuliner khasnya. Salah satunya adalah misokatsu (masakan daging babi tepung dengan saus miso) dan hitsumabushi (masakan belut bakar Jepang). Keduanya merupakan makanan khas dari Nagoya yang telah familiar di seluruh Jepang.

Nagoya-meshi (masakan khas Nagoya) ini pun berkembang seiring perkembangan zaman dan semakin mendapatkan perhatian dengan perkembangan kreasi cara memasaknya. Kali ini, kami akan memperkenalkan “Nagoya-meshi yang berevolusi” dari banyak ide. Apakah kelezatannya akan mengalahkan rasa orisinalnya?

Menu pengembangan hatcho miso

“Okazaki Kakukyu Hatchomura” yang terletak di Prefektur Aichi, kota Okazaki, merupakan food court yang dijalankan oleh Kakukyu, toko hatcho miso. Hatcho miso adalah sejenis tauco yang diproses dalam masa fermentasi panjang, produksi kota Hatcho di Prefektur Aichi. Toko Kakukyu memiliki sejarah panjang dari zaman Edo (1603-1868). Terdapat tiga kedai di food court ini yang menyediakan berbagai menu hatcho-miso, yaitu “Shokuji-dokoro Kyuuuemon”, “Q to CAFE”, dan “Ganzo teppan yaki kare by Sandai”.

Kekayaan rasa yang dihasilkan oleh hatcho miso dari hidangan “Hatcho miso kaoru Okazaki ouhan egg curry doria” seharga 980 yen.
Kekayaan rasa yang dihasilkan oleh hatcho miso dari hidangan “Hatcho miso kaoru Okazaki ouhan egg curry doria” seharga 980 yen.

“Hatcho miso kaoru Okazaki ouhan egg curry doria” seharga 980 yen dari “Ganzo teppan yaki kare by Sandai” ini merupakan menu terbatas musim dingin yang mulai dijual bulan Oktober. Rasa yang kaya diciptakan dari penambahan hatcho miso ke dalam kari spesial yang dibuat dengan menggunakan gajih sapi produksi Jepang.

Hidangan “Miso ice Ogura burger” dengan rasa gurih dan manis ini dijual dengan harga 600 yen.
Hidangan “Miso ice Ogura burger” dengan rasa gurih dan manis ini dijual dengan harga 600 yen.

“Miso ice Ogura burger” seharga 600 yen dari “Q to CAFE” adalah sajian berupa Ogura-an (sejenis pasta kacang merah) yang diberi es krim miso dan whip cream di atasnya, lalu ditambahkan taburan bubuk hatcho miso. Rasanya yang seperti salted caramel akan membuat kita ingin makan terus.

Informasi Tempat
Okazaki Kakukyuu Hatchomura
Alamat: Aichi-ken, Okazaki-shi, Hatcho-cho, Okandori 69
Akses : Jalan kaki empat menit dari stasiun Nakaoka-zaki, Aichi Loop Railway
Jam buka: Berbeda di setiap toko
Libur: Libur tahun baru, “Ganzo teppan yaki kare by Sandai” libur hari Senin (hari Selasa jika Senin bertepatan dengan libur nasional)

Ogura toast dengan sensasi rasa dingin dan panas

“Kissa Kobe-kan” yang ada di kota Nagoya, distrik Naka, merupakan kafe retro yang menjual minuman kopi menggunakan biji kopi yang dipanggang langsung oleh kafe ini. Hidangan rekomendasi dari kafe ini adalah “Teppan Ogura toast” seharga 650 yen. Pembuatan resepnya memakan waktu lima bulan. Jika ditambahkan sirup homemade yang menggunakan rebusan biji kopi yang dipanggang dengan baik, rasa manis dari pasta kacang merah dan rasa pahit kopi akan berpadu menciptakan rasa yang cocok untuk orang dewasa. 

“Teppan Ogura toast” seharga 650 yen. Desserts  dengan sensasi “panas dan dingin” ini dimakan dengan pisau dan garpu.
“Teppan Ogura toast” seharga 650 yen. Desserts dengan sensasi “panas dan dingin” ini dimakan dengan pisau dan garpu.

Informasi Tempat
Cafe Kobe-ten
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Naka-ku, Nishiki 1-13-36
Akses: Jalan kaki tujuh menit dari stasiun subway Fushimi, Nagoya City Line
Jam buka: 7.00-15.00, hari Sabtu 7.00-14.00
Libur: Hari Minggu dan libur nasional

Ankake spaghetti yang berubah menjadi lebih lembut

“Onion” yang terletak di kota Nagoya, distrik Meito merupakan restoran Italia yang telah memiliki sejarah sekitar 30 tahun setelah dibuka. Restoran ini memiliki banyak menu pasta yang merakyat dengan ukuran yang memuaskan. Salah satunya adalah hidangan “Carbonara” seharga 1.150 yen yang diakui kenikmatannya oleh penggemar ankake spaghetti (hidangan spageti dengan saus kental). Saus krimnya yang kental dan bumbu pedas berpadu saat dimakan, mari mencoba kejutan rasa segar.

“Carbonara” seharga 1.150 yen. Banyak pelanggan yang menyukai pasta ini setelah rasa manisnya menjadi sedikit pedas.
“Carbonara” seharga 1.150 yen. Banyak pelanggan yang menyukai pasta ini setelah rasa manisnya menjadi sedikit pedas.

Informasi Tempat
Onion
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Meito-ku, Makinosato 1-507
Akses:sekitar 45 menit dari stasiun Nagoya dengan bus tujuan Aichi-gakuindai
Jam buka: 11:30-14:30, 17:30-21:30
Libur: Senin malam dan Selasa

Hitsumabushi yang menjadi norimaki

“Atsuta Horaiken” cabang Matsuzakaya chika yang terletak di kota Nagoya, distrik Naka ini merupakan restoran khusus take-out yang dijalankan oleh restoran masakan tradisional Jepang yang berdiri pada tahun 1873. Hidangan “Unagi-mabushi Norimaki” (seharga 1.900 yen) merupakan menu yang dikembangkan dari hidangan “Hitsumabushi” (seharga 3.570 yen) yang sangat terkenal dari toko ini.

Bahan yang digunakan pada norimaki (sushi roll) sama dengan bahan yang digunakan untuk hitsumabushi (makanan khas Nagoya berupa belut panggang). Dengan norimaki ini, nikmati hidangan berkualitas yang dibuat oleh koki handal dengan bahan belut pilihan dan saus khusus dengan lebih ekonomis.  

“Unagi-mabushi norimaki” seharga 1.900 yen.
“Unagi-mabushi norimaki” seharga 1.900 yen.

 

Informasi Tempat
Atsuta Horaiken cabang Matsuzakaya Chika
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Naka-ku, Sakae 3-16-1 Matsuzakaya Nagoyaten Honkan B1 di dalam Gochisou Paradise
Akses: jalan kaki 8 menit dari stasiun Sakae, Higashiyama Line Nagoya City Subway
Jam buka: 10:00-20:00
Libur: Mengikuti libur Matsuzakaya Nagoyaten

Kishimen dengan gaya teppan napolitan

“Asahiya” yang terletak di kota Nagoya, distrik Nakamura merupakan restoran udon yang berusia 80 tahun dan dicintai karena harganya yang terjangkau dan porsinya yang besar. Restoran ini, setiap tahunnya mengeluarkan menu baru yang dikembangkan dari menu lama yang dibuat kembali, sambil melakukan survei pada customer.

Di antara semua menu  yang populer adalah “Yaki Futo-kishimen” seharga 720 yen yang dibuat dari mie kishimen dengan lebar 1,5 centimeter yang ditambahkan saus yakiniku asli buatan restoran ini. Tidak hanya telur yang ada di bawah mi, sakura-ebi (udang kering) dan daging babi yang dicampur ke dalamnya pun menambah kelezatan hidangan ini.

“Yaki Futo-kishimen” seharga 720 yen. Tekstur orisinal yang berbeda dari udon goreng dan pasta.
“Yaki Futo-kishimen” seharga 720 yen. Tekstur orisinal yang berbeda dari udon goreng dan pasta.

Informasi Tempat
Asahiya
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Nakamura-ku, Noritake 1-18-16
Akses: Jalan kaki 7 menit dari stasiun Nagoya
Jam buka: 11:00~15:00, 17:00~20:30※dapat berubah sewaktu-waktu
Libur: Hari Minggu

Ogura toast dan pasta

Restoran spesialis Fresh Pasta “Supakin” yang ada di kota Nagoya, distrik Naka, membuat fresh-pasta (pasta segar) sendiri setiap harinya. Fresh-pasta tersebut dibuat dengan menggunakan campuran tepung khas toko ini dan mesin pembuat pastanya sendiri.

Di sini pelanggan dapat menikmati berbagai rasa pasta mulai dari meet-sauce (saus berdaging) pasta yang umum, sampai dengan 20 jenis pilihan rasa pasta lainnya. Terlebih lagi, pelanggan dapat memilih topping dan jumlah pastanya sendiri. Menu “Nagoya no Dera Shiroi Meat Sauce” merupakan hidangan yang terpilih sebagai runner-up pada acara nominasi makanan “Shin Nagoya-meshi Sousenkyo 2017”. Menu ini disantap dengan cara mencampur topping white-cream rahasia dengan rasa yang tidak manis dan tidak dingin dengan meat sauce.

“Nagoya no dera shira miito sauce“ seharga 972 yen. Ketika memakannya Anda akan memahami alasan makanan ini mendapatkan penghargaan.
“Nagoya no dera shira miito sauce“ seharga 972 yen. Ketika memakannya Anda akan memahami alasan makanan ini mendapatkan penghargaan.

Informasi Tempat:
Restoran Spesialis Fresh Pasta Supakin
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Naka-ku, Sakae 3-4-15 Kagami Sakae Building B1
Akses: Jalan kaki 5 menit dari stasiun Sakae, Higashiyama Line Nagoya City Subway
Jam buka: 11:00-22:00 (Last Order 21:30)
Libur: Tidak ada

Provided by Japan Walker™, Tokai Walker™ (28 November 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR