Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Keseruan Petualangan Antartika di Museum Apung Nankyoku Kansokusen Fuji

Kompas.com - 29/Nov/2018, 11:25 WIB
Museum sejarah dengan tema “mencari jasa Fuji dan pesona Antartika”
Museum sejarah dengan tema “mencari jasa Fuji dan pesona Antartika”

OhayoJepang - Nagoya adalah kota yang memiliki banyak museum. Jumlah museum sejarah dan museum seni di dalam kota Nagoya ada lebih dari 40 buah.

Museum sejarah yang akan dibahas kali ini terletak di lokasi yang khas, yaitu di area pelabuhan Nagoya. Museum yang bernama “Nankyoku Kansokusen (Kapal Jelajah Antartika) Fuji“ adalah museum yang mengapung di atas laut.

Sulitnya penjelajahan Antartika dan kerasnya kehidupan di kapal bisa dilihat sekilas di museum apung ini. Oleh karena itu, silakan coba pengalaman perjalanan singkat yang menyentuh sebagai salah satu tempat wisata rekomendasi di Nagoya, Jepang.

Menuju area pelabuhan Nagoya

Kapal “Nankyoku Kansokusen Fuji” dipamerkan di area pelabuhan Nagoya. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan dagang sehingga berbagai macam kapal melintasi area ini, tetapi pelabuhan ini juga dikenal memiliki banyak fasilitas pariwisata seperti akuarium pelabuhan Nagoya dan lainnya.

Tempat ini dapat dinikmati untuk berlibur seharian bersama pasangan ataupun keluarga. Berbeda dengan suasana di pusat kota, di sini kita bisa bersantai sambil menikmati angin laut.

Lihat kapal besar yang menjulang tinggi

Jika kita menyusuri jalan lurus ke arah laut setelah keluar dari stasiun kereta, akan terlihat kapal besar berwarna jingga yang bernama “Nankyoku Kansokusen Fuji”. Kapal dengan panjang 100 meter ini merupakan kapal pemecah es pertama di Jepang. Kapan ini beroperasi selama 18 tahun di Antartika dari 1965. Kemudian, pada 1985 kapal ini dilabuhkan secara permanen di dermaga Nagoya Port Garden.

Kapal dengan panjang 100 meter berukuran besar dan berwarna oranye ini menarik perhatian.
Kapal dengan panjang 100 meter berukuran besar dan berwarna oranye ini menarik perhatian.

Kapal ini memiliki kecepatan laju 12.000 hp ditambah dengan daya pemecah es sepanjang 80-120 cm. Selain itu, kapal ini juga memiliki dek untuk helikopter. Kapal Fuji ini adalah kapal terbaru pada masanya.

Mempelajari kehidupan Antartika di pameran dalam kapal

Waktu yang diperlukan untuk satu kali berlayar sekitar lima sampai enam bulan. Saat harus menampung banyak orang, kapal Fuji dapat mengangkut 240 orang terdiri dari kru kapal dan anggota observasi yang akan hidup berkelompok.

Penampakan kondisi dapur. Boneka sebagai alat peraga
Penampakan kondisi dapur. Boneka sebagai alat peraga

Di dalam kapal berjejer barang pameran yang menampilkan kehidupan pada waktu itu. Kita dapat mempelajari pengetahuan mengenai bagaimana melewati kehidupan keras di Antartika dengan lingkungan yang tidak bagus secara geografis dan kesulitan hidup di atas kapal dalam masa yang panjang. Pameran di dalam ruangan berisi boneka-boneka yang ditata untuk menggambarkan kembali kondisi waktu itu secara lebih nyata.

Kamar para kru kapal. Ranjang yang dijejerkan di ruang kosong beratap pipa-pipa kapal.
Kamar para kru kapal. Ranjang yang dijejerkan di ruang kosong beratap pipa-pipa kapal.

Di dalam kapal yang sempit, tidak hanya ruang tidur kru kapal, ada juga fasilitas yang diperlukan untuk hidup sehari-hari seperti kantin, tempat mandi yang besar, dan tempat potong rambut. Fasilitas tersebut merupakan alat untuk beradaptasi dengan kehidupan di Antartika. Pameran yang menampilkan cara hidup ini membuat kita paham akan cara hidup di tempat lain. Pameran yang dapat dinikmati orang dewasa maupun anak-anak.

Penampakan kondisi kantin. Meja ditempelkan di lantai agar tahan terhadap guncangan keras, sedangkan di atas meja dilapisi kain basah untuk mencegah jatuhnya alat makan.
Penampakan kondisi kantin. Meja ditempelkan di lantai agar tahan terhadap guncangan keras, sedangkan di atas meja dilapisi kain basah untuk mencegah jatuhnya alat makan.

Pada Maret 2017, ruang pameran di bagian dalam kapal ini diperbarui. Jangan lewatkan “Kyokukan (Super) Dramatic Theater”. Kita bisa melihat gambar atau video menakjubkan dengan layar super besar yang ada di empat sisi yaitu depan, samping kanan dan kiri, dan lantai.

“Kyokukan Dramatic Theater” yang debut pada Maret 2017
“Kyokukan Dramatic Theater” yang debut pada Maret 2017

Kru kapal yang hidup di kapal yang bergoyang, selalu terkena badai laut di Antartika. Mereka bekerja sambil menghadapi kerasnya alam. Di sini kita bisa merasakan sendiri roman petualangan para kru kapal ini. Ayo coba naik kapal “Nankyoku Kansokusen Fuji” yang penuh dengan banyak kejutan yang tidak bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Gunakan tiket masuk kombo

Semua fasilitas yang disebutkan di atas, bisa dinikmati dengan biaya masuk 300 yen untuk orang dewasa dan murid SMA, serta 200 yen untuk murid SD dan SMP. Harganya terbilang sangat ekonomis.

Namun, bagi yang ingin menikmati seluruh fasilitas yang ada di area ini, direkomendasikan untuk membeli tiket masuk kombo empat fasilitas dengan harga 2.400 yen (dewasa dan SMA) dan 1.200 yen (SD dan SMP). Dengan tiket ini, kita bisa pergi ke fasilitas-fasilitas lainnya di dekat museum kapal Fuji. Jadi, nikmati juga Nagoya Port Aquarium, Nagoya Maritime Museum, dan Nagoya Port Observation Building.

Tiket kombo empat fasilitas.
Tiket kombo empat fasilitas.

Informasi Tempat:
Nankyoku Kansokusen Fuji
Alamat: Nagoya-shi, Minato-ku, Minato-chou 1-9
Akses: Jalan kaki 5 menit dari stasiun Nagoya-kou, Meikou Line, pintu keluar No. 3
Jam operasional: 9.30-17.00
Hari libur pameran: Senin (Selasa jika Senin libur nasional. Senin tetap buka jika jatuh pada hari libur musim semi, panas, atau dingin)
Biaya masuk: Dewasa/SMA 300 yen, SD/SMP 200 yen

Provided by Japan Walker™, Tokai Walker™ (6 July 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR