Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Museum di Fukuoka yang Wajib Dikunjungi Penggila Sejarah dan Sains

Kompas.com - 3/Oct/2018, 17:28 WIB
Museum sains ini dibuka sebagai “tempat manusia tumbuh berkembang, kemudian mendesain masa depan”.
Museum sains ini dibuka sebagai “tempat manusia tumbuh berkembang, kemudian mendesain masa depan”.

OhayoJepang - Pecinta sejarah dan sains tidak boleh melewatkan lima museum yang ada di Fukuoka ini! Mulai dome theatre terbesar yang menjadi kebanggan Kyushu, hingga museum dinosaurus dengan koleksi spesimen dahsyatnya. Semuanya bisa membuat anak-anak hingga orang dewasa merasa antusias dan terus dipenuhi rasa penasaran dari awal hingga akhir kunjungan.

1. Fukuoka City Science Museum

Fukuoka City Science Museum dibuka pada 2017. Mengusung konsep “Science & Creative Fukuoka”, museum ini sering mengadakan berbagai macam eksibisi yang berhubungan dengan sains.

Tidak hanya itu, Dome Theatre (planetarium) terbesar kebanggaan Kyushu ini juga menjadi salah satu fasilitas yang tersedia. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa saling bersentuhan dengan sains dengan menyenangkan.

Di dalam dome theatre, para pengunjung dapat menikmati teknologi terbaru proyektor optik serta proyektor digital beresolusi tinggi (setara 8K) yang mampu menciptakan pemandangan langit berbintang nan indah bak aslinya.

Dengan 220 kursi serta pengharum ruangan pada dinding-dinding ruangan, para pengunjung dapat merasa lebih nyaman saat berada di sini.

Zero Trainer, cobalah pengalaman tanpa gravitasi dengan mesin ini!
Zero Trainer, cobalah pengalaman tanpa gravitasi dengan mesin ini!

Di lantai lima museum ini, jangan lewatkan pameran yang mengajak para pengunjung untuk berpartisipasi dalam lima kegiatan yang berhubungan dengan “luar angkasa”, “lingkungan”,  “kegiatan sehari-hari”, “kehidupan”, dan “masa depan”. Selain itu, disuguhkan juga pertunjukan yang mengangkat tema sains.

Dengan berpartisipasi secara langsung, setiap pengunjung pasti dapat merasakan sendiri temuan-temuan baru sambil bertanya “bagaimana?” dan “mengapa?”. Kegiatan ini pastinya akan melahirkan ilmuwan dan astronot baru dari Fukuoka.

Informasi tempat:
Fukuoka City Science Museum
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuo-ku, Ropponmatsu 4-2-1
Akses : 4 menit jalan kaki dari stasiun Ropponmatsu
Jam buka : 09.30-21.30, Ruang Eksibisi Dasar  09.00-18.00 (masuk terakhir 17.30), Dome Theatre 09.30-18.30 (Jumat & Sabtu, dan pada musim tertentu diperpanjang hingga pukul  21.30)
Hari libur : Selasa (Rabu jika Selasa libur nasional), Libur akhir dan awal tahun (libur musim semi, Golden Week, libur musim panas, libur musim dingin tetap)

2. Kyushu National Museum

Kyushu National Museum
Kyushu National Museum

Kyushu National Museum adalah museum sejarah nasional keempat di Jepang yang dibuka pada 2005 setelah museum di Tokyo, Nara, dan Kyoto. Bersebelahan dengan Dazaifu Tenmangu, museum ini memiliki desain luar gedung yang berlekuk yang lembut sehingga menyatu dengan jejeran gunung yang berada di sekitarnya.

Berdasarkan konsep “memahami pembentukan budaya Jepang dari sudut pandang sejarah Asia”, museum ini mengadakan berbagai macam pameran, penyimpanan barang bersejarah yang berharga, penelitian, dan lain sebagainya.

Pada pameran khusus yang diadakan tiga hingga empat kali dalam setahun ini ada berbagai tema yang diusung dengan menampilkan harta karun pilihan yang terkenal baik dari dalam maupun luar negeri.

Setiap kali mengadakannya, pameran khusus ini selalu menjadi bahan pembicaraan dan populer. Segala persiapan dan eksekusi dilakukan sedemikian rupa sehingga menunjukkan betapa spesialnya pameran-pameran tersebut. Untuk jadwal pameran dapat selengkapnya dilihat dari situs resmi mereka.

Coba kunjungi Ajippa yang terletak di lantai satu. Di sini para pengunjung bisa bermain dan melihat langsung kebudayaan dari negara-negara Asia dan Eropa yang tidak hanya cocok untuk anak-anak tapi juga orang dewasa.

Selain itu,  di lantai yang sama ada juga open cafe, museum shop, dan lainnya. Jika Anda datang pada hari Minggu, Anda bisa mencoba Backyard Tour yang populer dengan mendaftar sebelumnya di loket relawan yang terletak di depan Ajippa (gratis). Pendaftaran bisa dilakukan pada hari Minggu mulai siang hari.

Informasi Tempat:
Kyushu National Museum
Alamat : Fukuoka-ken, Dazaifu-shi, Ishizaka 4-7-2
Akses : 13 menit jalan kaki dari stasiun Dazaifu-eki
Jam operasional: 09.30-17.00 (masuk terakhir 16.30), Jumat-Sabtu 09.30-20.00 (masuk terakhir 19.30), Open Cafe 10.30-17.00, Jumat-Sabtu 10.30-20.00, Restoran 11.00-16.00 (LO 15.00), *saat pengadaan ekshibisi spesial 11.00-17.00 (LO 16.00)
Hari libur : Senin (Selasa jika Senin libur nasional), libur awal tahun dan akhir tahun

3. Kitakyushu Museum of Natural History and Human History

Kerangka Tyrannosaurus, representatif dari dinosaurus reptil pemakan daging.
Kerangka Tyrannosaurus, representatif dari dinosaurus reptil pemakan daging.

Kitakyushu Museum of Natural History and Human History adalah museum sejarah alam dan manusia terbesar di wilayah barat Jepang. Museum ini menyediakan perjalanan evolusi kehidupan dan sejarah manusia dengan menampilkan kerangka nan spektakuler sebagai sorotannya.

Di zona sejarah alam, museum menampilkan model-model kerangka dinosaurus seperti Tyrannosaurus dan Triceratops. Selain itu, museum ini juga menampilkan fosil asli lainnya yang berharga, robot dinosaurus yang dapat bergerak layaknya dinosaurus hidup, dan yang lainnya.

Di zona sejarah, 1.500 barang-barang peninggalan kehidupan orang-orang di wilayah Kitakyushu (Kyushu Utara) yang berpindah-pindah dipamerkan.

Banyaknya jenis benda yang dipamerkan dengan tingkat hiburan yang tinggi membuat anak-anak antusias, serta orang dewasa pun terasa kembali ke masa kanak-kanak yang polos ketika kaget dengan penemuan barunya.

Hal lain yang juga menjadi pusat perhatian adalah pameran dengan berbagai tema yang diadakan pada waktu-waktu tertentu.

Di zona History of the Earth and Life, dipamerkan perjalanan evolusi kehidupan sesuai dengan sumbu waktu dan eranya yaitu Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum.

Koleksi yang menjadi sorotan adalah bagian Paleolitikum yang ditampilkan secara spektakuler. Mulai dari Tyrannosaurus, Triceratops, sampai Stegosaurus yang populer. Pengunjung juga dapat melihat model tengkorak berukuran besar dinosaurus terbesar di dunia seperti jenis reptil Quetzalcoatlus, dan Seismosaurus sepanjang 35 meter, dan yang lainnya.

Informasi Tempat:
Kitakyushu Museum of Natural History & Human History
Alamat : Fukuoka-ken, Kita Kyushu-shi, Yagata Highashi-ku, Higashida 2-4-1
Akses : 7 menit jalan kaki dari stasiun Space World
Jam operasional: 09.00-17.00 (masuk terakhir 16.30)
Hari libur : akhir bulan Juni, libur awal dan akhir tahun

4. Fukuoka City Museum

Fukuoka City Museum adalah salah satu simbol dari kota Fukuoka yang terletak di pinggiran laut. Museum ini dibuka tahun 1990 sebagai museum sejarah yang menampilkan dan meneliti kehidupan orang-orang yang tinggal pada masa lalu dan sejarah Fukuoka yang berkembang lewat interaksinya dengan Asia.

Museum memamerkan barang-barang peninggalan yang merupakan harta nasional seperti segel emas dari dinasti Han, barang peninggalan keluarga Kuroda yang menjadi pemimpin feodal di wilayah Fukuoka, mobil buatan Jepang tertua, dan lain sebagainya. Koleksi-koleksi ini sangat penting dan merupakan aset budaya berharga bagi Fukuoka.

Kemudian pada ruang pameran khusus diadakan sekitar 5-6 kali dalam setahun pameran sejarah dan budaya dari setiap daerah di Jepang dan di dunia. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai tema menarik di museum ini.

Di ruang Touch and Experience Room yang ada di lantai 1, memiliki tema “bermain”, “mengenakan”, “menampilkan”, “memainkan instrumen”, dan “mengetahui”. Pengunjung bisa mencoba berbagai mainan, mengenakan pakaian khas daerah, memainkan alat musik, serta bersentuhan dengan peralatan kehidupan sehari-hari dari negara-negara di Asia dan Kyushu.

Dengan melihat, menyentuh, mendengar, dan meniup, dapat membangkitkan rasa keingintahuan.

Setelah puas berkeliling, Anda bisa bersantai di kafe yang ada di lantai dua gedung ini sambil bersantai menikmati pemandangan taman yang terletak di depan museum.

Kafe ini tidak hanya menyediakan hidangan makan siang yang berganti setiap hari, tetapi juga hidangan yang khusus disiapkan ketika sedang ada pameran.

Informasi Tempat:
Fukuoka City Museum
Alamat : Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Sawara-ku, Momochihama 3-1-1
Akses : 11 menit jalan kaki dari stasiun Momochi-eki (Marizon-eki)
Jam operasional: 09.30-17.30 (masuk terakhir 17.00), Kafe 09.30-17.30 (LO 17.00), (ada perpanjangan waktu buka untuk musim panas)
Hari libur : Senin (Selasa jika Senin libur nasional), libur awal dan akhir tahun

5. Fukuoka Science Museum

Fukuoka Science Museum menunjukkan sisi menarik dari sains dengan mewujudkan kembali 10 juta bintang dan 170 barang pameran. Pengunjung bisa berinteraksi langsung. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah eksperimen pelepasan listrik yang hanya ada di empat lokasi di seluruh Jepang.

Di sini secara berkala diselenggarakan event khusus yaitu para pengunjung dapat bersentuhan langsung dengan sains dengan membuat karya ilmiah, mempelajari bintang, dan lainnya.

Informasi tempat:
Fukuoka Science Museum
Alamat : Fukuoka-ken, Kurume-shi, Higashi Kushiharamachi 1713
(di dalam taman publik Chuo-kouen)
Akses : 15 menit jalan kaki dari stasiun Nishitetsu Kurume
Jam operasional: 09.30-16.30
Sabtu, Minggu, Libur Nasional 09.30-17.00
Hari libur : Senin (Selasa jika Senin libur nasional) 
*Juli-Agustus terus buka

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (26 Juli 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR