Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Naik Kereta Keisei Electric Railway dari Terminal 1 Bandara Narita

Kompas.com - 15/Oct/2018, 10:10 WIB
Bandara Narita
Bandara Narita

OhayoJepang - Saat tiba di Bandara Narita, Anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju hotel tempat Anda menginap atau tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Jika Anda mencari transportasi yang nyaman dan murah, kereta bisa menjadi pilihan Anda.

Jadi mari kita naik Keisei Electric Railway, yang menyediakan layanan rute langsung ke dan dari Bandara Narita. Jika Anda ingin pergi ke Ueno, Asakusa, Ginza, Shinagawa, atau Bandara Haneda, maka Keisei Electric Railway adalah pilihan yang tepat.

Ada tiga terminal di Bandara Narita. Setiap terminal melayani maskapai penerbangan yang berbeda-beda. Panduan resmi denah bandara: https://www.narita-airport.jp/jp/access

Bandara Narita memiliki tiga terminal. Antara Terminal 1 dengan Terminal 2 berjarak cukup jauh. Bahkan, saking jauhnya jarak di antara kedua terminal ini, Keisei Electric Railway memiliki dua stasiun yang terpisah. Satu stasiun berlokasi di Terminal 1 dan satu lagi di Terminal 2.

Untuk bisa naik kereta, Anda perlu membeli tiketnya terlebih dahulu. Mari kita pelajari di mana dan bagaimana caranya Anda membeli tiket kereta. Saat masuk ke area Imigrasi di Sayap Selatan bangunan Terminal 1 Bandara Narita, ini adalah Gerbang Imigrasi (lihat foto).

Bandara Narita
Bandara Narita

Ini adalah loket penjualan tiket kereta dan bus. Lokasinya tepat di depan Anda setelah Anda keluar melalui gerbang imigrasi. Loket dengan tanda biru yang ada di tengah foto ini adalah loket penjualan tiket Keisei Electric Railway.

Bandara Narita
Bandara Narita

Stasiun kereta berlokasi di level B1, jadi Anda harus turun ke lantai B1. Ada tangga berjalan di bawah papan bertuliskan “Railways”.

Bandara Narita
Bandara Narita

Setelah Anda mencapai ujung bawah tangga berjalan, Anda belok ke kanan sekitar 90 derajat dan turun lagi melalui tangga.

Bandara Narita
Bandara Narita

Di ujung bawah tangga kedua adalah lantai bawah tanah (level basement) tempat gerbang tiket stasiun kereta berada.

Bandara Narita
Bandara Narita

Jalan menuju loket tiket Keisei Electric Railway.

Bandara Narita
Bandara Narita

Di sini Anda bisa membeli tiket untuk semua kereta Keisei Electric Railway yang berangkat dari Bandara Narita, termasuk rute koneksi menuju kereta jalur lainnya. Ada juga mesin penjualan tiket otomatis di sisi kedua ujung loket. Anda bisa membeli tiket untuk hampir semua jurusan kereta menggunakan mesin ini. Hanya saja, penggunaan mesin ini lumayan sulit. Jadi sebaiknya beli tiket di loket sehingga Anda bisa berbicara langsung dengan petugas loket. Jika Anda mengatakan daerah tujuan Anda, petugas dapat memberikan beberapa rekomendasi rute dan jenis tiket yang bisa dipilih.

Bandara Narita
Bandara Narita

Ini adalah mesin penjualan tiket otomatis yang berada di sebelah loket penjualan tiket. Peta rute di atasnya tertulis dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris.

Bandara Narita
Bandara Narita

Ada daftar nama stasiun dalam Bahasa Jepang di sebelah kanan. Pengguna bisa mencari destinasi yang ingin dituju dalam daftar nama stasiun ini. Jika Anda lihat lebih dekat, Anda bisa melihat harga tiket untuk setiap destinasi. Harga tertulis di sebelah kanan dari nama stasiun Anda bisa menggunakan mesin ini untuk membeli tiket apapun dari Keisei Electric Railway kecuali tiket Skyliner. Untuk tiket Skyliner, Anda harus membelinya di loket penjualan tiket. .

Ada tiga layanan berbeda dari Keisei Electric Railway yang bisa Anda gunakan dari Bandara Narita: Keisei Skyliner, Access Express, dan Keisei Main Line. “Keisei Skyliner” menggunakan jalur kereta khusus yang melewati banyak area urban antara Bandara Narita dan pusat kota Tokyo. Anda wajib melakukan reservasi kursi, sebab Anda harus membayar biaya tambahan (untuk layanan kereta cepat) selain tarif dasar. Hal ini membuat tarifnya sedikit mahal dibanding layanan kereta reguler. Namun Anda dipastikan tidak berdiri selama perjalanan dari Bandara Narita ke Ueno yang menempuh waktu satu jam. Selain itu, naik kereta Keisiei Electric Railway merupakan cara tercepat untuk menuju pusat kota Tokyo.

Kereta “Access Express” berjalan di jalur kereta yang sama dengan Skyliner. Beberapa kereta Access Express menuju Ueno, sedangkan kereta lainnya berangkat ke Bandara Haneda melalui Asakusa dan Ginza. Tidak seperti Keisei Skyliner, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan jika menggunakan dengan Access Express. Namun Access Express berhenti di lebih banyak stasiun dibanding Skyliner. Jadi waktu tempuh lebih dari satu jam untuk sampai di Ginza. Hanya saja jika Anda perlu pergi ke Shinbasi atau tempat lain di area tersebut, ini adalah pilihan ternyaman.

Keisei Main Line merupakan layanan kereta regular, bukan layanan kereta cepat. Rute ini menuju pusat kota Tokyo lebih berputar-putar, jadi bukan rute langsung. Namun tarifnya lebih murah dibanding Access Express. Karena kereta Keisei Main Line berhenti di beberapa stasiun, perlu waktu 70 menit untuk mencapai Stasiun Ueno di pusat kota Tokyo. Sedangkan dengan Access Express, beberapa kereta langsung menuju Ueno, kereta lainnya langsung menuju Bandara Haneda. Keuntungan lainnya dari Keisei Main Line adalah frekuensi kereta yang lumayan sering, jadi Anda tidak perlu menunggu lama.

Bandara Narita
Bandara Narita

Selain loket tiket yang utama tadi, sebenarnya ada tempat yang lebih nyaman untuk membeli tiket kereta. Berjalanlah kembali ke arah Anda tadi datang, balik ke titik tempat loket tiket yang Anda lihat sejauh seperti yang tampak di foto atas. Sekarang lihat di belakang Anda dan belok ke kiri.

Bandara Narita
Bandara Narita

Ini adalah Pusat Informasi Skyliner & Keisei (lihat foto).  Lihat pada foto, tempat di sebelah kanan dengan papan tanda biru. Tempat ini juga menjual berbagai tiket kereta sama seperti loket tiket yang telah disebut sebelumnya.  

Bandara Narita
Bandara Narita

Selain menjual tiket kereta, Pusat Informasi juga menyediakan layanan penukaran mata uang asing, asuransi perjalanan, dan sebagainya. Pada dasarnya jika Anda langsung datang ke tempat ini setelah keluar dari Gerbang Imigrasi, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan perjalanan Anda, meskipun Anda tidak ada persiapan sebelumnya sekalipun. Petugas di sini berbicara dalam berbagai bahasa asing. Bisa dibilang ini adalah kantor tiket multifungsi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan wisatawan asing yang datang ke Jepang.

Bandara Narita
Bandara Narita

Setelah Anda keluar dari Pusat Informasi, Anda akan langsung melihat gerbang tiket Keisei Electric Railway stasiun Bandara Narita. Anda tinggal berjalan terus dengan mengikuti papan tanda.

Perlu diingat, jika Anda akan melakukan perjalanan pada jalur Keisei Main Line, setelah Anda masuk melalui gerbang tiket utama, akan ada gerbang tiket lainnya yang perlu Anda lewati. Dengan kata lain, Anda harus melewati dua gerbang tiket otomatis dengan satu tiket yang sama. Ini memang pengaturan yang tidak lazim. Jadi harap diingat jika tiket Anda untuk jalur Keisei Main Line, Anda perlu melewati gerbang tiket dua kali.

Bandara Narita
Bandara Narita

Berikutnya, mari asumsikan Anda tiba di bagian Gedung Utama dari Terminal 1. Foto atas menampilkan bagian atas ekskalator dengan tanda panah menunjukan Sayap Selatan yang terhubung ke Gedung Utama. Lokasi ekskalator berada di bagian paling barat dari Sayap Selatan. Turunlah melalui ekskalator.

Bandara Narita
Bandara Narita

Anda akan tiba di sini. Anda dapat melihat kata “Railways” pada papan tanda di depan Anda, juga tanda panah ke kanan. Ikuti petunjuk ini, lalu berjalan beberapa meter dan belok ke kanan.

Bandara Narita
Bandara Narita

Perhatikan papan tanda di atas kepala Anda. Tetaplah berjalan lurus. Anda akan melihat minimarket Lawson di sebelah kiri. Toko ini menjual berbagai kebutuhan harian, juga menyediakan kartu SIM untuk ponsel. Jika Anda membutuhkan kartu SIM lokal, Anda bisa mampir ke toko ini. 

Bandara Narita
Bandara Narita

Walaupun papan tanda menunjukan arah ke kiri, Anda bisa mengabaikannya. Tetaplah jalan lurus ke depan. Setelah itu Anda perlu turun melalui beberapa anak tangga dan keluar dekat dengan Pusat Informasi Skyliner & Keisei.

Bandara Narita
Bandara Narita

Ada pintu masuk lainnya ke lantai bawah tanah (level basement), masuklah melalui pintu tersebut.

Bandara Narita
Bandara Narita

Selanjutnya mari coba turun ke lantai bawah tanah yang menjadi lokasi stasiun kereta, tetapi kali ini dari Sayap Utara Terminal 1. Foto ini menampilkan Gerbang Imigrasi Sayap Utara. Jika Anda belok ke kiri dari pintu keluar Bea Cukai, ini yang akan Anda lihat (seperti tampak pada foto).

Bandara Narita
Bandara Narita

Lihat pada foto di atas, loket di tengah adalah loket tiket bus bandara. Sementara itu, loket lebih kecil di sebelah kanan adalah loket tiket kereta.

Bandara Narita
Bandara Narita

Sementara itu, jika di Sayap Utara, Anda tinggal jalan lurus menuju tangga dan turunlah untuk menuju ke lantai bawah tanah (level basement).

Bandara Narita
Bandara Narita

Sayap Selatan dan Sayap Utara di Terminal 1 Bandara Narita yang mengapit Gedung Utama sebenarnya berbentuk hampir sama. Pada kedua bangunan sayap, ada landasan seperti ini (lihat foto) di tangga menuju lantai bawah tanah tempat gerbang tiket kereta berada. Karena kedua bangunan Sayap didesain secara simetris, belok kanan dari landasan tersebut jika Anda berada di bangunan Sayap Selatan. Sementara itu, jika Anda di Sayap Utara, maka belok kiri.  

Bandara Narita
Bandara Narita

Lalu jalanlah lurus ke landasan yang kecil dan turun tangga (bisa juga turun melalui ekskalator).

Bandara Narita
Bandara Narita

Loket tiket pada foto terhalang sebuah pilar, sehingga Anda mungkin susah melihatnya. Namun sebenarnya Anda sudah tiba di lokasi loket tiket Keisei Electric Railway yang tersembunyi di belakang pilar (di sisi kiri foto) dan Pusat Informasi tersembunyi di kanan belakang foto.  

Bandara Narita
Bandara Narita

Mari coba berjalan lebih jauh. Sekarang jika Anda melihat ke belakang, maka ini pemandangan yang akan Anda lihat seperti yang tampak di foto. Di sisi kiri belakang, adalah tangga menuju Sayap Utara. Loket tiket ada di sisi kanan. Sementara itu, Pusat Informasi tepat di belakang Anda.  

Provided by Travel Photo Guide™ and Japan Walker™ (13 Februari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR