Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menggunakan Wi-Fi Gratis di Minimarket

Kompas.com - 5/Aug/2018, 22:53 WIB
Seven-Eleven
Seven-Eleven

OhayoJepang - Pada masa kini, sudah semakin banyak tempat yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis di Jepang. Anda pun bisa menikmati akses jaringan nirkabel berkecepatan tinggi hanya dengan beberapa langkah proses registrasi. Mari kita lihat minimarket mana saja yang menyediakan layanan internet gratis.

Seven-Eleven

Seven-Eleven merupakan salah satu jaringan minimarket terbesar di Jepang. Mereka memiliki 20.000 toko di Jepang (cabang domestik per September 2017). Sebanyak 6.000 toko tersebar di Tokyo Metropolis dan tiga prefektur dekat dengan Tokyo. Sementara di dunia ada 43.000 toko tersebar di berbagai negara (cabang di dunia per November 2017).

Jaringan wifi Seven-Eleven
Jaringan wifi Seven-Eleven

Jaringan minimarket ini menyediakan layanan internet gratis di sekitar 6.000 toko di Tokyo dan tiga perfektur dekat Tokyo. Anda bisa mengidentifikasikannya dengan simbol yang menunjukan bahwa toko tersebut memiliki layanan internet. Biasanya simbol tersebut berupa stiker yang ditempel di depan toko. Untuk menggunakan layanan ini, pertama-tama Anda harus meregistrasi alamat email, jenis kelamin, tanggal lahir, dan password.

Jaringan free wifi Seven-Eleven
Jaringan free wifi Seven-Eleven

Mari lihat gambar di atas. Agar dapat menikmati layanan ini secara gratis, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisa terkoneksi ke internet. Pertama, saat tiba di toko, pilih jaringan bernama “7SPOT” dari daftar jaringan Wi-Fi di gadget Anda.

Lalu, buka browser dan lakukan refresh untuk melakukan registrasi di halaman situs 7SPOT. Setelah registrasi, sebuah surat berisi URL akan dikirim ke email Anda. Klik link URL tersebut dan Anda akan otomatis terkoneksi dengan jaringan “7SPOT”.

Seven-Eleven
Seven-Eleven

Biasanya Anda bisa menemukan stiker dengan simbol yang menunjukan adanya layanan internet gratis di depan toko (seperti tampak pada bagian yang dilingkari pada foto di atas). Di sisi lain, ada beberapa toko yang menaruh simbol tersebut bergantungan di atas.

Dennys
Dennys
Anda bisa menemukan banyak tempat di Jepang dengan jaringan “7SPOT”. Jadi, walau Anda meregistrasi jaringan ini menggunakan layanan wi-fi Seven-Eleven hanya sekali saja, Anda tetap bisa terkoneksi dengan jaringan “7SPOT” di tempat-tempat lain seperti jaringan restoran Denny’s, toserba Ito-Yokado, dan toserba Seibu. Anda bisa menggunakan jaringan ini selama 60 menit setiap pemakaian, maksimal tiga kali pemakaian per hari.

Informasi tempat:
Seven-Eleven Japan Co.,Ltd.
Alamat : 2-8-8, Chiyoda ward,Tokyo
Nomor Telepon: 03-6238-3711

Family Mart

Family Mart
Family Mart

Selanjutnya mari kita lilhat minimarket Family Mart (FamiMa). Mereka memiliki 15.000 toko di Jepang. Sebanyak 4.500 di antaranya berlokasi di Tokyo Metropilis dan tiga prefektur dekat Tokyo. Di Asia sendiri, Family Mart memiliki 6.800 toko. Foto di atas menunjukkan cabang Yasukuni Dori.  Ini jumlah cabang per November 2017, tidak termasuk cabang berseri.

Wifi Family Mart
Wifi Family Mart

Anda bisa terhubung ke internet gratis di 96 persen dari seluruh cabang toko di area Tokyo dan tiga prefektur dekat Tokyo. Untuk memulai berselancar di dunia maya dengan jaringan ini, Anda perlu menginformasikan alamat email, password, dan jenis kelamin Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email yang berisi sebuah link untuk diklik. Klik link tersebut untuk memulai koneksi ke jaringan Famima-Wi-Fi.

Tanda simbol wifi Family Mart
Tanda simbol wifi Family Mart

Tanda simbol adanya layanan wi-fi biasanya berada dekat pintu masuk. Pada foto di atas, Anda bisa menemukan daftar layanan yang disediakan toko. Mari kita lihat lebih dekat.

Simbol wifi Family Mart
Simbol wifi Family Mart

Ini adalah simbol layanan w-fi. Anda bisa menggunakan jaringan ini selama 60 menit setiap pemakaian. Maksimal pemakaian adalah tiga kali per hari. Proses pengaturan tidak sulit, cukup nyalakan wi-fi di gadget Anda. Lalu pilih jaringan bernama “Famima_Wi-Fi”. Buka browser dan refresh agar bisa terkoneksi ke situs web Family Mart untuk memulai berselancar.

Family Mart
Family Mart

Kelebihan dari Family Mart adalah tempat ini menyediakan area makan untuk pelanggan yang ingin menikmati makanan ringan dan rehat kopi sejenak. Penting untuk diingat bahwa area ini untuk pelanggan Family Mart. Jadi, beli makanan terlebih dahulu sebelum Anda ingin menggunakan layanan internet.

Informasi Tempat:
Family Mart Co., Ltd.
Alamat : 17F, Sunshine60, 3-1-1, Higashi-Ikebukuro, Toshima ward, Tokyo
Nomor telepon: 03-3989-6600

Informasi Tempat:
Family Mart Shinjuku cabang Jalan Yasukuni
Alamat : 1F, Oriental Wave Building, 5-17-13, Shinjuku, Shinjuku ward, Tokyo
Hari libur : buka 7 hari dalam seminggu
Waktu buka : 24 jam

Lawson

Lawson
Lawson

Terakhir, kami perkenalkan jaringan minimarket bernama Lawson. Mereka memiliki lebih dari 13.000 toko di Jepang. Sebanyak 3.600 toko berlokasi di Tokyo dan tiga prefektur dekat Tokyo. Jumlah cabang per Februari 2017. Pada foto di atas adalah cabang TOC Osaki, di gedung depan stasiun Osaki.

Di area Tokyo dan sekitarnya, Lawson mempunyai 3.000 toko yang menyediakan layanan wi-fi gratis. Anda bisa menggunakan layanan ini selama 60 menit setiap pemakaian, maksimal pemakaian adalah lima kali per hari.

Layanan wifi di Lawson
Layanan wifi di Lawson

Pertama-tama, cek terlebih dahulu pada daftar layanan yang disediakan toko tersebut, apakah termasuk layanan wi-fi gratis tatau tidak. Jika Anda menemukan simbol ini (lihat pada foto) pada daftar layanan, pilih SSID:LAWSON_Free_Wi_Fi, buka browser, dan ikuti prosedur yang tertera pada halaman situs web.

Simbol layanan wifi Lawson
Simbol layanan wifi Lawson

Pastikan ada simbol ini untuk menunjukan bahwa toko tersebut memang memiliki layanan wi-fi gratis.

registrasi
registrasi

Registrasi ini berlaku selama setahun, hanya dengan memberikan alamat email Anda serta persetujuan terhadap syarat dan ketentuan keanggotaan.  Prosedurnya cukup sederhana.

Jadi pastikan Anda mencoba gunakan layanan internet gratis saat Anda sedang mampir ke minimarket.

Informasi Tempat:
LAWSON, Inc
Alamat : 3F, Gate City Ozaki East Tower, 1-11-2, Ozaki, Shinaga ward, Tokyo
Nomor telepon: 03-6635-3963

Informasi Tempat:
LAWSON Cabang TOC Osaki
Alamat : 1-6-1, Ozaki, Shinaga ward, Tokyo
Nomor telepon: 03-5719-2654
Hari libur : buka 7 hari dalam seminggu
Waktu buka : 24 jam

 Provided by Travel Photo Guide™ , Japan Walker™ (14 Februari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR