Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Mencari Kartu SIM di Bandara Narita-Terminal 1

Kompas.com - 25/Jul/2018, 11:40 WIB
mesin penjual otomatis (vending machine) yang menyediakan kartu SIM
mesin penjual otomatis (vending machine) yang menyediakan kartu SIM

OhayoJepang - Ketika tiba di Jepang, hal pertama yang Anda butuhkan adalah kartu SIM yang cocok untuk ponsel pintar Anda. Hal ini penting agar Anda dapat memanfaatkan layanan jaringan nirkabel di Jepang. Tentu saja, Anda jadi lebih mudah mengakses informasi yang Anda butuhkan selama di Jepang.

Cara termudah agar tetap terkoneksi adalah dengan menggunakan kartu SIM yang bisa Anda beli atau sewa di Bandara Narita. Jadi, di sebelah mana Bandara Narita,  Anda bisa dapatkan kartu SIM ini? Berikut adalah panduan tempat-tempat di dalam Bandara Narita yang menjual atau menyewakan kartu SIM. Mari mulai dengan Terminal 1.

kami anggap Anda masuk melalui bagian utara dari gedung (North Wing). Jadi, setelah Anda melewati urusan  bea cukai (Custom), Anda akan berada di lantai pertama dari area North Wing. Sekeliling Anda akan tampak seperti ini. Area keluar dari Custom ada di sebelah kanan.
kami anggap Anda masuk melalui bagian utara dari gedung (North Wing). Jadi, setelah Anda melewati urusan bea cukai (Custom), Anda akan berada di lantai pertama dari area North Wing. Sekeliling Anda akan tampak seperti ini. Area keluar dari Custom ada di sebelah kanan.

Bandara Narita sendiri terdiri dari tiga terminal. Tiap-tiap terminal terpisah oleh jarak yang lumayan jauh. Perlu sekitar 30 menit berjalan kaki untuk mencapai suatu terminal dari terminal lainnya. Mari lihat masing-masing gedung terminal, dimulai dari Terminal 1.

Agar lebih mudah, kami anggap Anda masuk melalui bagian utara dari gedung (North Wing). Jadi, setelah Anda melewati urusan  bea cukai (Custom), Anda akan berada di lantai pertama dari area North Wing. Sekeliling Anda akan tampak seperti ini. Area keluar dari Custom ada di sebelah kanan.

https://www.narita-airport.jp/files/official_guide_t1_02.pdf

Mari mulai dengan berjalan menuju Central Building (pusat gedung)
Mari mulai dengan berjalan menuju Central Building (pusat gedung)

Gedung Terminal 1 dari Bandara Narita dibangun menyerupai huruf "V" jika dilihat dari atas. Mari mulai dengan berjalan menuju Central Building (pusat gedung) yang berlokasi di area tempat dua bagian gedung, North Wing (bagian utara) dan South Wing (bagian selatan), bertemu.

Setelah Anda melewati gerbang imigrasi, lihatlah di sebelah kanan Anda, dan ini yang akan Anda lihat. Anda bisa dengan mudah menuju Central Building karena akses keluarnya hanya berjarak sekitar 100 meter. Berjalanlah menuju Central Building.

Di sini Anda perlu belok ke kiri.
Di sini Anda perlu belok ke kiri.

Bagian pojok yang melengkung adalah bagian dari gedung Terminal yang menghubungkan area wing (North Wing dan South Wing) dengan Central Building. Gedung Terminal terbagi menjadi North Wing, Central Building, dan South Wing, sesuai dengan bagaimana gedung tersebut dibangun.

Namun sejatinya semua bagian tersebut berada di dalam gedung yang sama. Oleh karena  itu, apa yang sering disebut sebagai "connecting passageway" (lorong penghubung) sebenarnya hanyalah karidor yang cenderung melengkung. Di sini Anda perlu belok ke kiri.

toko TelecomSquare
toko TelecomSquare

Kita sampai di toko TelecomSquare, lengkap dengan papan nama berwarna biru yang menyolok. Toko ini menawarkan beragam layanan mobile yang lengkap. Jika Anda ingin membeli atau menyewa kartu SIM, cukup berbicara pada penjual yang ada di kasir. Mereka akan menyarankan beberapa produk dan paket yang bisa Anda pilih.

Brosur mengenai produk
Brosur mengenai produk

Brosur mengenai produk juga tersedia di kasir dan dalam Bahasa Jepang maupun Inggris (ada pula versi Bahasa China dan Korea). Staf yang melayani di kasir biasanya hanya bisa berbahasa Jepang dan Inggris.

Namun, informasi penting dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kerap diajukan bisa dibaca di brosur. Jadi, tidak akan menjadi masalah bagi orang yang tidak bisa berbahasa Jepang maupun Inggris secara lancar. Brosur yang tersedia dalam beragam bahasa dan diletakkan di lokasi yang mudah terlihat, sangatlah membantu para wisatawan.  

toko JWiFi & Mobile
toko JWiFi & Mobile

Tepat di sebelah TelecomSquare adalah toko JWiFi & Mobile. Toko ini juga menyediakan rental dan penjualan peralatan mobile. Cukup katakan apa yang Anda butuhkan pada staf di balik kasir. Anda bisa mulai dengan mengatakan, "I need a SIM card" (saya membutuhkan kartu SIM). Di beberapa toko, termasuk toko ini, reservasi tidak diperlukan untuk penyewaan maupun pembelian.

JWifi & Mobile juga menyediakan brosur berbahasa Inggris
JWifi & Mobile juga menyediakan brosur berbahasa Inggris

JWifi & Mobile juga menyediakan brosur berbahasa Inggris. Baik JWiFi & Mobile dan Telecom Square menawarkan prepaid plan (paket prabayar) yang popular dan mudah digunakan.

Berjalanlah ke pojokan yang melengkung
Berjalanlah ke pojokan yang melengkung

Sekarang mari kita berjalan kembali di jalan yang sudah dilalui dan balik ke titik yang menghubungkan North Wing dan Central Building. Berjalanlah ke pojokan yang melengkung, tempat Anda bisa menemukan pagar pengaman dan pekerjaan kontruksi yang tengah berlangsung sejak September 2017. Di balik pagar, tepat di depan JWiFi & Mobile ada eskalator. Di baliknya terdapat...

mesin penjual otomatis (vending machine) yang menyediakan kartu SIM
mesin penjual otomatis (vending machine) yang menyediakan kartu SIM

Anda akan melihat dua mesin penjual otomatis (vending machine) yang menyediakan kartu SIM. Seperti yang Anda lihat, instruksi tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa China. Ikuti petunjuk yang muncul di layar mesin. Anda bisa merasakan bahwa setiap petunjuk begitu mudah untuk diikuti dan Anda pun bisa langsung membeli kartu SIM.

pemandangan South Wing dari dekat depan toko JWiFi & Mobile
pemandangan South Wing dari dekat depan toko JWiFi & Mobile

Sekarang mari kembali ke koridor utama dan jalan lagi menuju South Wing. Ini adalah pemandangan South Wing dari dekat depan toko JWiFi & Mobile. Bagian dekat ujung koridor terhubung ke South Wing.

tepat di bawah tanda Arrival (Kedatangan). Teruslah berjalan lurus
tepat di bawah tanda Arrival (Kedatangan). Teruslah berjalan lurus

South Wing lebih panjang daripada North Wing. Jadi biasanya ada lebih banyak orang di South Wing. Panorama yang diperlihatkan berikut ini adalah dari depan gerbang imigrasi South Wing. Anda bisa melihat pintu gerbang di sebelah kanan. Lihatlah lebih saksama, Anda bisa melihat toko penukaran mata uang asing di belakangnya, tepat di bawah tanda "Arrival" (Kedatangan). Teruslah berjalan lurus dan...

papan tanda dengan tiga warna yang cerah di sebelah kiri
papan tanda dengan tiga warna yang cerah di sebelah kiri

Anda akan melihat papan tanda dengan tiga warna yang cerah di sebelah kiri. Papan tanda ini milik minimarket Ministop. Selain aneka produk yang biasa Anda temukan di minimarket, toko ini juga menjual kartu SIM. Toko ini tergolong kecil tetapi memiliki produk yang lengkap.

Ministop
Ministop

Ministop cabang ini khusus menjual aneka produk untuk kebutuhan perjalanan, terutama untuk pelancong dari luar negeri. Jadi produk yang dijual sedikit berbeda dengan toko Ministop cabang lainnya.

Di tengah-tengah toko, ada rak yang berisi contoh produk kartu SIM yang dijual.
Di tengah-tengah toko, ada rak yang berisi contoh produk kartu SIM yang dijual.

Di tengah-tengah toko, ada rak yang berisi contoh produk kartu SIM yang dijual. Ini bukan kartu SIM sungguhan. Jika Anda ingin membeli kartu SIM, ambil contoh kartu SIM yang ada di rak lalu bawa ke meja kasir. Staf akan mengambilkan kartu SIM yang asli dari tempat penyimpanan.

Para staf juga bisa menjawab pertanyaan seputar apa yang perlu Anda lakukan pertama-tama untuk mengaktifkan kartu SIM, cara memasang kartu ke ponsel, dan cara menggunakan ponsel setelah kartu SIM terpasang.

perhatikan papan nama berwarna merah.
perhatikan papan nama berwarna merah.

Setelah kita menjelajahi Ministop, mari berlanjut lebih dalam ke South Wing. Ministop sendiri berlokasi dekat ekskalator. Ujung koridor yang bisa Anda lihat di sini merupakan akhir dari South Wing. Lihatlah lebih saksama dan Anda perhatikan papan nama berwarna merah.

toko JAL ABC
toko JAL ABC

Kita sampai di toko JAL ABC. Toko ini merupakan penghuni tetap di Bandara Narita selama bertahun-tahun. Lokasinya berada di paling ujung South Wing. Jadi perjalanan menuju toko ini agak jauh. Namun mereka dapat melayani segala kebutuhan Anda mulai dari pengiriman bagasi dan jasa penyimpanan hingga tugas-tugas lainnya yang memerlukan bantuan mereka selama di bandara.

turun ke basement menggunakan ekskalator
turun ke basement menggunakan ekskalator

Ada pula toko yang menyediakan kartu SIM di lantai bawah tanah (basement level) dan sepanjang lorong penghubung menuju stasiun kereta. Untuk mengunjungi toko-toko ini, berjalanlah kembali di jalan yang telah Anda lalui dan turun ke basement menggunakan ekskalator yang berlokasi dengan area penghubung antara Central Building dan South Wing.

berjalanlah ke kanan menuju ke stasiun kereta
berjalanlah ke kanan menuju ke stasiun kereta

Setelah turun dari ekskalator, berjalanlah ke kanan menuju ke stasiun kereta. Terus berjalan lurus dan Anda akan menemukan minimarket Lawson.

minimarket Lawson
minimarket Lawson

Jika Anda ingin membeli kartu SIM, pergi menuju kasir dan tanya pada penjual. Anda bisa membeli kartu SIM dengan harga terkini.

Jika Anda ingin membeli kartu SIM di Terminal 2 Bandara Narita, baca panduan berikut "Panduan Membeli Kartu SIM di Terminal 2 Bandara Narita".

Provided by Travel Photo Guide™ and Japan Walker™ (13 Februari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR