Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

10 Menu Don Terbaik di Stasiun Tokyo

Kompas.com - 27/Dec/2017, 14:47 WIB
Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan.
Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi Don di Stasiun Tokyo, Jepang adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen. Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan.

KOMPAS.com - Don merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terdiri dari semangkuk nasi panas dengan berbagai lauk di atasnya.

Seperti ten-don dengan beragam tempura dan saus, gyu-don dengan irisan daging sapi, katsu-don dengan irisan daging babi, oyako-don dengan telur dan daging ayam, dan lain sebagainya. Menu-menu ini sangat dicintai oleh masyarakat Jepang dari berbagai umur dan kalangan.

Beberapa waktu yang lalu, Stasiun Tokyo mengadakan kompetisi don untuk menentukan 10 don terbaik dari 74 menu don (70 di antaranya merupakan menu dengan edisi terbatas) yang dijual di zona penjualan makanan stasiun ini.

Baca juga : Pegunungan Alpen ala Jepang

Hasil kompetisi yang diadakan untuk kedua kalinya ini telah diumumkan pada hari "Iidon no hi" yang jatuh pada 10 November 2017.

Menu don dinilai dari empat aspek yaitu visual, kelezatan, cost performance, dan originalitas. Dengan 5 poin sebagai nilai tertinggi untuk setiap aspek dan 20 poin sebagai nilai tertinggi secara keseluruhan.

Berikut adalah 10 menu don yang menempati 10 peringkat teratas.

Peringkat 1

Menu yang mendapat peringkat pertama pada kompetisi ini adalah Kisetsu no Tendon (Akishigure no Uta) dari kedai Tempura Keyaki yang dijual dengan harga 1.800 Yen.

Baca juga : Kafe Unik di Tokyo, Berada di Dalam Kontainer

Hidangan ini menggunakan bahan-bahan khas musim gugur yang diambil dari laut, gunung, dan perkampungan. Tidak seperti ten-don pada umumnya yang menggunakan saus khusus don, menu ini menggunakan lemon untuk ikan sanma atau telur ikan ikura di atas ikan salmon.

Menu ini meraih 19.05 point secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 4.93 point pada aspek visual dan kelezatan.

"Kami sangat gembira bisa meraih peringkat pertama pada kompetisi kali ini. Ke depannya kami akan tetap berusaha agar bisa membuat menu yang dapat membuat tamu senang," ujar kepala restoran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.